Kemegahan Pelabuhan Internasional Kijing, Terbesar Di Kalimantan

 Pancurajipost.com - Pelabuhan Internasional Kijing adalah Pelabuhan yang dibangun sebagai pengganti dari Pelabuhan Dwikora di Pontianak yang fungsinya kurang maksimal diakibatkan pendangkalan serta karena lokasinya di tengah kota Pontianak.

Pelabuhan Internasional Kijing
Kemegahan Trestle Pelabuhan Internasional Kijing, Terbesar Di Kalimantan

Alasan lainya adalah Pelabuhan Dwikora dengan kapasitas 257.000 TEUs atau 86 persen dari kapasitas pelabuhan yang tidak memiliki lahan untuk expansi, belum lagi laju sedimentasi di hulu pada Sungai Kapuas serta menyempitya alur dari 60 meter menjadi 40 meter dalam lima tahun terakhir yang berdampak pada tingginya beban biaya operasional pengerukan.

Trestle Pelabuhan Internasional Kijing

Wisata Pantai Kijing Menjadi Pelabuhan Internasional

Tempat di bangunnya Pelabuhan Internasional Kijing ini awalnya adalah Objek Wisata Pantai Kijing yang merupakan salah satu Objek Wisata Unggulan Kabupaten mempawah. 

Dahulunya, Pantai Kijing memiliki potensi pasir yang putih dan bersih, namun perusakan lahan diakibatkan dari penambangan liar yang membawa lumpur ke laut, membuat pantai ini tidak cantik seperti yang dulu, disamping itu juga bahaya abrasi yang selalu membayangi area pinggir pantai.

Pada tahun 2016, Wisata Pantai Kijing resmi ditutup dengan dimulainya PSN (Proyek Strategis Nasional) Pembangunan Pelabuhan Internasional Kijing yang digarap oleh PT. Pelindo.

Peresmian Pelabuhan Internasional Kijing

Pada tanggal 9 Agustus 2022, Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo meresmikan Pelabuhan Internasional Kijing yang menghabiskan anggaran sekitar 2.9 Triliun dengan kapasitas 500.000 TEUs serta 8 (Delapan) Juta non peti kemas, untuk mengangkut hasil Cruide Palm Oil (CPO), alumina, bauksit dan sebagainya, Sungguh Luar biasa besar.

"Pelabuhan Internasional Kijing mempunyai kapasitas 500 ribu TEUs dan 8 juta non peti kemas, sehingga sebagai pelabuhan terbesar di Kalimantan. Investasi yang menghabiskan Rp. 2,9 T  jangan sampai tidak bisa memperkuat daya saing dan tidak bisa memperbaiki konektivitas antar-pelabuhan, pulau, dan negara," Tegas Presiden Jiko Widodo (9 Agustus 2022). 

Polemik Nama Pelabuhan

Perubahn nama Pelabuhan Internasional Kijing menjadi Pelabuhan Tanjungpura mendapat penolakan keras dari masyarakat Mempawah, seperti halnya Jembatan Kapuas Tayan di Kabupaten Sanggau yang dirubah menjadi Jembatan Pak Kasih, yang mendapat protes keras dari Masyarakat Tayan

Polemik ini sering terjadi dan masyarakat luas sebenarnya yang menentukan. Walau diganti dengan nama apapun, jika masyarakat luas sudah terlanjur mengenal satu nama yang populer, walau digantipun tetap menyebutnya nama yang populer.

Disini perlunya para Pemimpin terjun ke masyarakat mendengar sendiri, melihat, duduk bareng, bincang bincang, makan bareng tanpa sekat.

Dimana Pelabuhan Internasional Kijing?

Pelabuhan Internasional Kijing berlamatkan di Jalan Raya Sungai Kunyit, Desa Sungai Kunyit Laut, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Alamat Kantor PT. Pelindo di Jl. Pak Kasim No. 11 Pontianak, Kalimantan Barat 78113

Kodepost Pelabuhan Internasional Kijing : 78371

No telepon Pelabuhan Internasional Kijing : (0561) 732181 Email : pontianak@pelindo.co.id

Google Map Pelabuhan Internasional Kijing

Jalur Transportasi menuju Pelabuhan Internasional Kijing

Geser gambar untuk melihat pintu masuk Proyek Pelabuhan Internasional Kijing

Telah terbangun jalan alternatif ke Pelabuhan Internasional Kijing, Jalur pertama melalui jalur yang biasa dilakukan masyarakat yang ingin ke Wisata Pantai Kijing pada masanya melewati pemukiman warga.

Untuk Jalur Kedua, Pada pembangunan proyek Pelabuhan Internasional Kijing , Jalan dirubah khusus lalu lintas kendaraan proyek yang lebih aman dan dijaga security.

Dari Kota Mempawah/Tugu Patung Pak Tani  ke Mempawah Mangrove Park hanya berjarak sekitar 19 Km atau sekitar 26 menit berkendara menggunakan kendaraan roda dua dan empat melalui jalan Kaden Kusno ke jalan Ahmad Yani melewati Wisata Mempawah Mangrove Park.

Apa Kehebatan Pelabuhan Internasional Kijing?

1. Kawasan Pelabuhan

kawasan Pelabuhan Internasional Kijing
kawasan Pelabuhan Internasional Kijing
Luas kawasan Pelabuhan Internasional Kijing sekitar 200 hektar yang terdiri dari area terminal dan back up area pelabuhan.

2. Trestle

Trestle di Pelabuhan Internasional Kijing
Trestle di Pelabuhan Internasional Kijing
Trestle adalah Jalan atau jalur yang menghubungkan sisi darat dengan dermaga di Pelabuhan Internasional Kijing yang memiliki sepanjang 3,45 km dengan lebar 19,8 meter menuju Dermaga.

Trestle ini berbentuk melengkung seperti huruf L dengan pangkal pelabuhan berbentuk huruf T membelah lautan.
Trestle Pelabuhan Internasional Kijing
Trestle Pelabuhan Internasional Kijing


3. Dermaga

Dermaga di Pelabuhan Internasional Kijing
Dermaga di Pelabuhan Internasional Kijing
Dermaga di Pelabuhan Internasional Kijing mempunyai dimensi 1.000 meter dengan lebar 100 meter yang bisa menampung ratusan Kapal Kapal besar dari berbagai Negara di Dunia untuk keperluan export dengan Port Management Area memiliki luas 200 x 100 meter yang memiliki fungsi sebagai terminal petikemas dan terminal multipurpose (Terminal Serba Guna).

Terminal di Pelabuhan Internasional Kijing ini mempunyai empat area diantaranya:

  1. Petikemas berkapasitas tahap awal 500 ribu TEUs dan kapasitas tahap akhir 1,95 juta TEUs per tahun.
  2. Area curah kering berkapasitas tahap awal 7 juta ton dan kapasitas tahap akhir 15 juta ton. 
  3. Area curah cair berkapasitas tahap awal 5 juta ton dan kapasitas tahap akhir (12,18 juta ton)
  4. Area multipurpose berkapasitas tahap awal 500 ribu ton dan kapasitas tahap akhir 1 juta ton. 

Pertanyaan yang sering diajukan di Pelabuhan Internasional Kijing

Apakah Pelabuhan Internasional Kijing Tempat Wisata?

Pelabuhan Internasional Kijing adalah tempat bongkar muat barang dari indonesia dan dari Luar Negeri, jadi bukan Tempat Wisata.

Apakah masih bisa berkunjung ke Pantai kijing walau tidak memasuki Pelabuhan Internasional Kijing?

Anda masih bisa masuk ke Pantai Kijing melewati jalur biasa yang dulu dilewati untuk wisata, namun lokasi wisata-nya terbatas dan kurang menarik karena sebagian besar beralih fungsi menjadi Pelabuhan Internasional Kijing. Sehingga tidak direkomendasikan sebagai tempat wisata lagi.

Apa manfaat dibangunnya Pelabuhan Internasional Kijing?

Pelabuhan Internasional Kijing memberikan dampak kepada Masyarakat secara tidak langsung, Untuk awal awal mungkin tidak terlalu sigifikan dampaknya, Namun jika Pelabuhan ini sudah 100 persen sarana dan prasarananya telah terbangun, maka Masyarakat sekeliling akan terdampak manfaat yang besar, Dari segi Ekonomi pada kuliner, penginapan, jasa dan lain lain, Hal ini membutuhkan waktu lama namun pasti.

Apa yang membuat kita bangga di Kalimantan, Khususnya di Kalimantan barat dengan adanya Pelabuhan Internasional Kijing?

Kalimantan Barat merupakan Provinsi yang bertahun tahun terisolir dari Kalimantan lainnya yang telah terintegrasi dengan infrastruktur jalan tol. 

Dengan adanya Pelabuhan Internasional Kijing ini, Pemerintah Pusat sedang memberi jalan kepada Provinsi KALBAR untuk bisa bersaing dengan Kalimantan lainnya yang telah lebih maju, 

Inilah Kesempatan Emas kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat untuk bisa memanfaatkan peluang emas ini, membuka jalan Kepada Para pengusaha Muda Kalbar bisa mengekspor Hasil Produk Selain dari CPO bauksit dan lain lain diantaranya Ikan, Hasil Kerajinan serta produk lain.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Kemegahan Pelabuhan Internasional Kijing, Terbesar Di Kalimantan"