Review Pantai Samudra Indah Bengkayang, Singkawang Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Pantai Samudra Indah adalah Pantai pasir putih, salah satu tujuan wisata para pelancong dari berbagai Kabupaten di Kalimantan Barat. Lokasinya strategis, berdekatan dengan Kahyangan Resort menjadikan Kawasan Pantai ini sering dikunjungi masyarakat dari luar Pulau Kalimantan bahkan sering dikunjungi turis asing.

Berada di Kabupaten Bengkayang namun banyak masyarakat lebih mengenal Pantai Samudra Indah ini di Singkawang, karena memang Kawasan pantai ini merupakan batas wilayah Kabupaten Bengkayang dengan Kota Singkawang dan sangat dekat dengan wisata yang terkenal yaitu Pantai Pasir Panjang di Singkawang, Kalimantan Barat.

Pantai Samudra Indah Bengkayang, Singkawang Kalimantan Barat
Pantai Samudra Indah Bengkayang, Singkawang Kalimantan Barat Foto (akyong djiu)

Keunikan dari Pantai Samudra Indah adalah selain pantainya yang memiliki pasir putih dengan air laut yang jernih, serta ombak yang tenang,  juga terdapat danau kecil yang membelah pantai, diatas danau yang sekarang telah dibangun dua jembatn yang indah, memberikan kesan tersendiri dan menambah pesona kecantikan pantai.

Keunikan lainnya adalah bebatuan disekitar pinggir Pantai Samudra Indah yang didominasi bebatuan granit yang mirip dengan pantai pantai di Pulau Bangka Belitung yang pastinya sangat indah untuk objek swafoto.

Alamat Pantai Samudra Indah

Pantai Samudra Indah beralamatkan di Jalan Pantai Samudra Indah, Dusun Tanjung Gundul, Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalimantan Barat

Kodepost Pantai Samudra Indah: 79271

No telpon Pantai Samudra Indah: 089612548182 (Desa Wisata Dewi Karimunting)

Email : dewikarimunting@gmail.com

No telpon/wa Homestay Pantai Samudra Indah :

  • 081318037671
  • 085750350210
  • 081339228681

Google Map Pantai Samudra Indah

Jalur Transportasi menuju Pantai Samudra Indah

Geser gambar untuk melihat Gapura simpang dari jalan raya tanjung gundul menuju Pantai Samudra Indah Bengkayang dan ke Kahyangan Resort
Geser gambar untuk melihat simpang, belok kiri ke Pantai Samudra Indah Bengkayang, dan jika lurus ke Kahyangan Resort.

Dari Gapura simpang Jl. Raya Tanjung Gundul menuju Pantai Samudra Indah sekitar 1 Km atau sekitar 3 menit berkendara menggunakan kendaraan roda dua dan empat dan tidak jauh atau berdampingan dengan  Kahyangan Resort. Sedangkan dari Wisata Pantai Pasir Panjang Singkawang sekitar 4.5 Km atau sekitar 11 menit berkendara.

Dari Kota Singkawang atau Grand Mall Singkawang menuju Pantai Samudra Indah hanya berjarak sekitar 17.6 Km atau sekitar 30 menit. Sedangkan dari Singkawang Airport hanya sekitar 28.4 Km atau sekitar 45 Menit berkendara.

Sedangkan dari Kota Bengkayang atau dari Taman Kota Bumi Sebalo menuju Pantai Samudra Indah hanya berjarak sekitar 89.5 Km atau sekitar 2 jam 27 menit berkendara menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat melalui Kota Singkawang.

Sedangkan dari Bandara Internasional Supadio, Kota Pontianak Tugu Digulis melalui Jalur Pantai yaitu sungai pinyuh mempawah menuju Jalur Pelabuhan Internasional Kijing menuju Pantai Samudra Indah dengan jarak sekitar 148.2 Km atau sekitar 3 jam 32 menit berkendara.

Apa yang menarik di Pantai Samudra Indah

1. Keindahan Pantai

Pantai Samudra Indah Bengkayang
Pantai Samudra Indah Bengkayang Foto (akyong djiu)
Pantai Samudra Indah terkenal dengan pantai pasir putih yang bersih dengan rata rata ombak yang stabil. Namun demikian, anda untuk berhati hati ketika berenang di area Pantai Samudra Indah. Jikalau ombak sedang besar jangan sekali kali berenang di area ini, karena sisi pingir masih banyak area spot yang sangat indah sambil bermain pasir.

Sungai kecil di Pantai Samudra Indah Bengkayang
Sungai kecil di Pantai Samudra Indah Bengkayang
Terdapat aliran sungai kecil di Pantai Samudra Indah seakan akan mirip dengan danau. Dibangun juga 2 jembatan yang instagramable. Pengunjung bisa berjalan diats jembatan gantung dan berselfie ria di area ini.

Sungguh pemandangan yang indah di atas jembatan ini, anda bisa mengeksplore keidahan pantai dari atas jembatan ini, atau bisa untuk berjalan jalan disekitar jembatan yang terbuat dari kayu.

Disekitar jembatan dan sungai disekitar Pantai Samudra Indah terdapat gazebo-gazebo yang tertata rapi. Pengujung bisa menghabiskan waktu di area gazebo ini yang langsung menghadap ke perairan dan pantai.

2. Gazebo

Gazebo di Pantai Samudra Indah
Gazebo di Pantai Samudra Indah Foto (Didit Sky)
Di pinggir pinggir pantai terdapat gazebo dilengkapi dengan tempat duduk yang terbuat dari ban bekas yang disulap dan di cat kembali menjadi menarik.

Selain itu dipinggir pinggir dekat bukit dan danau juga terdapat deretan gazebo dengan tempat duduk ala lesehan. Anda bisa baring baring di area ini sambil melepas lelah selama perjalanan atau menikmati makanan yang anda pesan.

2. Bebatuan Granit

Batuan Granit di antai Samudra Indah
Batuan Granit di antai Samudra Indah Foto (ANAK EPIK)
Keunikan lain dari Pantai Samudra Indah adalah adanya deretan bebatuan besar granit yang mirip dengan bebatuan di kepulaun Bangka Belitung.

Area ini biasa digunakan untuk berfoto foto karena saking besar dan keras bebatuan ini menjadikan salah satu lokasi yang favorit untuk dijadikan momen foto dan juga menjadi area untuk duduk duduk santai.

3. Pepohonan

Pepohonan di bukit Kawasan Pantai Samudra Indah
Pepohonan di bukit Kawasan Pantai Samudra Indah Foto (ANAK EPIK)
Pantai Samudra Indah memiliki bukit kecil yang ditumbuhi pepohonan rindang. Area ini dilengkapi dengan tempat tempat duduk di bawah pohon, yang biasa dipergunakan para pengunjung untuk bersantai dan juga menggelar tikar yang mereka bawa dan makan bersama-sama keluarga dan rombongan.

Selain itu, area ini juga kerap dijadikan sebagai area camping para pengunjung yang ingin menginap di kawasan Pantai Samudra Indah.

4. Camping

Camping di Pantai Samudra Indah
Camping di Pantai Samudra Indah Foto (Ari Satiasa)
Berlibur dan tidur di alam bebas adalah tantangan tersendiri apalagi tidur di kawasan pantai. waww sungguh luar biasa. 

Pantai Samudra Indah menjadi salah satu area tujuan para pengunjung yang cinta alam,dengan menginap, hammock dan camping  dipinggiran pantai atau dibwah pepohonan dekat pantai.

Selain murah meriah juga memang untuk menyalurkan kecintaan terhadap alam semesta dan menyatu dengan alam.

5. Olahraga

Olahraga di Pantai Samudra Indah
Olahraga di Pantai Samudra Indah Foto (akbar teknik)
Wisata sambil olahraga, waw ..gua banget...Pantai Samudra Indah menyediakan area untuk olahraga seperti voli pantai yang bisa anda nikmati bersam rekan rekan anda.

Ada juga olahraga extreme meluncur dari atas bukit ke kawasan pantai yang dinamakan zipline. Biasa buka ketika sabtu dan minggu saja atau ketika ramai pengunjung.

Selain itu terdapat olahraga air yaitu mendayung dengan sampan/perahu kecil dengan trak danau di pinggir pantai. Keseruan akan anda dapatkan ketika bisa mendayung dengan keseimbangan menahan beban tubuh anda di atas perahu sampan. waww.. patut dicoba. 

6. Homestay

Homestay di Pantai Samudra Indah
Homestay di Pantai Samudra Indah Foto (Ade Setiawan (Alek))
Pantai Samudra Indah menyediakan deretan homestay atau villa yang bisa anda pesan langsung atau secara online dengan menghubungi nomor yang tertera diatas sekaligus menanyakan setersediaan dan harga permalamnya.

Karena untuk sewa homestay/villa permalamnya tergantung dari hari libur dan akhir pekan hari raya. Jika hari hari biasa akan lebih murah. Untuk tarif nya sendiri mulai dari Rp. 100.000 - Rp. 800.000

Pertanyan yang sering ditanyakan di Pantai Samudra Indah

Berapa tarif masuk ke Pantai Samudra Indah?

Harga Tiket Masuk ke Pantai Samudra Indah Rp. 20.000

Apakah tersedia MCK di Pantai Samudra Indah?

Ya, Pantai Samudra Indah menyediakan banyak tempat ganti, wc, serta dibangun juga Mushalla.

Apakah ada penginapan di kawasan Pantai Samudra Indah?

Ya, tersedia homestay dengan harga mulai Rp. 100.000 di Pantai Samudra Indah. Dan jika anda memiliki uang berlebih bisa menyewa villa di Kahyangan Resort dengan harga mulai dari Rp. 700.000 an.

Kapan buka dan tutup Pantai Samudra Indah?

Pantai Samudra Indah buka 24 jam siap menerima para pengunjung yang datang, atu yang ingin berkemah.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Pantai Samudra Indah Bengkayang, Singkawang Kalimantan Barat"