Review Pantai Kura-kura, Bengkayang, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Pantai Kura-kura adalah sebuah pantai pasir putih di Kabupaten Bengkayang yang berdekatan langsung dengan Pantai Pasir Panjang Singkawang. Dinamakan Pantai Kura-kura karena menurut masyarakat, dulunya pantai ini sering ada kura kura yang menaiki permukaan pinggir pantai.

Seiring waktu, kura kura tersebut hilang, tidak menampakkan keberadaannya lagi, Namun nama pantai kura kura masih tetap menjadi julukan masyarakat setempat sampai sekarang yang telah menjadi Objek Wisata Favorit para pengunjung disetiap akhir pekan dan liburan hari raya dari berbagai Kabupaten dan Luar Kabupaten di Indonesia.

Pantai Kura-kura, Bengkayang, Kalimantan Barat
Pantai Kura-kura, Bengkayang, Kalimantan Barat Foto (Ahmad)

Selain duluya ada kura kura, ada beberapa jenis binatang seperti ubur ubur yang pada musim tertentu gerombolan ubur ubur ini menaiki permukaan pantai yang telah menjadi daya tarik tersendiri di Pantai Kura-kura ini.

Gelombang air pantai yang tenang, pasir putih yang bersih, serta suara ombak yang mendayu dayu menjadi alasan utama pantai ini sering dikunjungi masyarakat sekitar yang ingin menghabiskan waktu, bermain, mandi di Pantai Kura-kura.

Alamat Pantai Kura-kura

Pantai Kura-kura beralamatkan di Dusun Tanjung Gundul, Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Kodepost Pantai Kura-kura : 79271

No telpon Pantai Kura-kura : 085787663883

089612548182 (Desa Wisata Dewi Karimunting)

Email : dewikarimunting@gmail.com

Google Map Pantai Kura-kura

Jalur Transportasi menuju Pantai Kura-kura

Geser gambar untuk melihat sekeliling simpang Jl. Tanjung Gundul menuju Pantai Kura-kura

Dari Jalan raya Jl. Tanjung Gundul Pintu masuk menuju lokasi wisata Pantai Kura-kura sekitar 1.3 Km atau sekitar 5 menit berkendara menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

Dari Kota Singkawang atau Grand Mall Singkawang menuju Pantai Kura-kura hanya berjarak sekitar 17.8 Km atau sekitar 31 menit. Sedangkan dari Singkawang Airport hanya sekitar 28.4 Km atau sekitar 45 Menit berkendara.

Sedangkan dari Kota Bengkayang atau dari Taman Kota Bumi Sebalo menuju Pantai Kura-kura hanya berjarak sekitar 89.6 Km atau sekitar 2 jam 28 menit berkendara menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat melalui Kota Singkawang.

Sedangkan dari Bandara Internasional Supadio, Kota Pontianak Tugu Digulis melalui Jalur Pantai yaitu sungai pinyuh mempawah menuju Jalur Pelabuhan Internasional Kijing menuju Pantai Kura-kura dengan jarak sekitar 148 Km atau sekitar 3 jam 30 menit berkendara.

Apa yang menarik di Pantai Kura-kura

1. Wisata Pantai

Bermain di Pantai Kura Kura
Bermain di Pantai Kura Kura Foto (lkp dharma komputer)
Pantai Kura-kura Terkenal dengan ombaknya yang tenang serta pasir putih bersih. Pengunjung leluasa dipinggir pantai bermain pasir, bercanda, berenang, duduk santai sambil menunggu ombak yang sesekali menghampiri para pengunjung yang duduk duduk di atas pasir.

Pantai Kura-kura jua merupakan Pantai yang masih terjaga keasliannya, Hal ini dibuktikan dengan adanya pepohonan pinus serta keberadaan sebuah bukit yang ada di pantai.

Para wisatawan bisa melihat keindahan Pantai Kura-kura dari sudut yang berbeda di atas bukit, sehingga terasa sangat indah dengan spot foto pantai dari bukit dekat Pantai Kura-kura.

Geser gambar untuk melihat sekeliling Pantai Kura-kura
Jikalau keadaan alam dan cuara yang bersahabat, Wisatawan dapat melihat sebuah pulau yang ada di seberang pantai serta ketika sore hari, wisatawan bisa menikmati keindahan sunset.

Pada sisi tempat khusus dibawah bukit, beberapa meter dari pantai, anda akan menyaksikan hamparan pasir dengan warna khas kuning emas yang bersih serta bibir pantai yang landai dan tenang dengan air laut biru semakin menambah suasana pantai indah. 

Jika anda beruntung, dilokasi ini kerap kali ada Kura Kura yang merayap naik ke darat untuk bertelur. Sehingga lengkap sudah Pantai ini dijuluki Pantai Kura-kura.

2. Wahana Permainan

Selain keindahan dan kesejukan pantai,  Pantai Kura-kura memiliki beberapa permainan yang bisa anda serta keluarga anda coba untuk menghabiskan waktu liburan di Pantai Kura-kura diantaranya banana boad, permaian kano, telusuri pantai, serta camping.

3. Camping

Camping di Pantai Kura-kura
Camping di Pantai Kura-kura Foto (Natali Wen)
Anda para pecinta alam terbuka bisa camping di area Pantai Kura-kura yang telah disediakan. Momen yang tak terlupakan camping pinggir pantai dengan ditemani suara suara ombak yang mendayu dayu,serta angin laut yang dingin. Waw tak terbayangkan bisa camping di pinggir pantai.

Untuk keperluan makan ketika camping anda tinggal order ke pemilik waring sekitar, atau mandi banyak WC dengan harga Rp. 5000/orang untuk mandi.

4. Spot Foto / Prewedding

Bebatuan di Pantai Kura kura
Bebatuan di Pantai Kura kura Foto (Joko Irpriyanto)
Di Pantai Kura-kura selain pantainya yang indah bisa dijadikan sebagai spot foto untuk para potografer juga biasa digunakan untuk mengabadikan momen manis untuk prawedding dengan konsep pantai dan alam.

Geser gambar untuk melihat bebatuan di Pantai Kura-kura

Pada pinggir pantai sebelah kiri terdapat bebatuan yang menonjol dan dikeliingi pasir. Area ini sangat indah, Pengunjung bisa menikmati pantai sambil duduk duduk di bebatuan dan menatap pantai serta berfoto ria.

5. Sunset

Sunset di Pantai Kura kura
Sunset di Pantai Kura kura Foto (Rukawa Julianto)
Keindahan yang tak kalah menarik ketika di sore hari. Para pengunjung wisatawan sengaja menanti momen ini untuk melihat keindahan sunset yang menyapa para turis di Pantai Kura-kura.

Semilir angin yang semakin sejuk di sore hari, menambah nikmatnya area ini, ditambah lagi jika ada jagung bakar dan secangkir kopi hangat, akan terasa seperti sorga dunia di Pantai Kura-kura.

6. Review Pengunjung di Pantai Kura-kura

Para pengunjung Pantai Kura-kura memiliki penilaian tersendiri terhadap pantai ini yang mayoritas memuji keindahan pantainya dan tidak para pedagang disekitarnya. Hal ini sebagai kritikan untuk para pengelola disekitar pantai untuk lebih menghormati kehadiran para pengunjung yang datang.

Karena para turis adalah orang yang membawa berkah, membawa uang, membawa nilai positif bagi destinasi yang ditujunya. Mereka membawa kamera HP yang siap ceprat cepret selfie mempromosikan wisata tersebut di media sosialnya tanpa dibayar, mereka membeli barang-barang dagangan, mereka menyewa berbagai permainan yang ada.

Ini adalah salah satu review dari beberapa pengunjung diantaranya :

Kelebihan :

  • Tiket Masuk Murah
  • Banyak Gazebo untuk bersantai
  • Pantai Luas & panjang
  • Parkir kendaraan Gratis
  • Minuman cukup murah
  • Pantai nya Cukup bersih
  • Boleh bawa makan & minum dari luar
  • Terdapat banyak WC & tempat bilas 

Kekurangan :

  • Jika menggunakan gazebo wajib beli makanan/minuman. Ini masalah serius. Pengelola bisa berembuk bersama untuk memberikan tulisan disetiap gazebo dengan harga sewa tertentu agar tidak ada keributan, marah-marah, antara Pemilik Warung dan pengunjung, Sehingga para pengunjung tidak terusik selama berlibur di pantai, Pengunjung adalah Raja, jika dikecewakan mereka tidak akan datang lagi dan tidak akan mau mempromosikan wisata ini.
  • Tidak ada colokan untuk cas HP di gazebo
  • Jalan masuk cukup Sempit
  • Minim penginapan

Dari kelebihan dan kekurangan,  Pantai Kura-kura adalah Pantai yang sangat diminati oleh para pengunjung ketika akhir pekan dan liburan panjang.

Hal ini menjadi salah satu Destinasi wisata unggulan Khsusnya di Kabupaten Bengkayang yang terkenal dengan Pulau seribu riam ini.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Pantai Kura-kura

Berapa tarif masuk ke Pantai Kura-kura?

Untuk tiket masuk ke Pantai Kura-kura Rp. 15.00 pada hari hari biasa dan akan naik naik harga Rp. 20.000 - Rp. 25.000 ketika hari hari libur nasionl dan tahun baru.

Apakah ada MCK di Pantai Kura-kura? dan apakah gratis?

Pantai Kura-kura menyediakan banyak fasilitas MCK karena banyak pengunjung yang datang. Untuk menggunakan fasilitas MCK ini pengunjung diwajiban membayar retribusi untuk kebersihan dan perawatan fasiitas ini dengan Rp. 2000 untuk BAB dan Rp. 5000 untuk keperluan mandi.

Jam berapa buka dan tutup Pantai Kura-kura?

Pantai Kura-kura buka setiap hari atau buka 24 jam

Jika saya bersama rombongan menggunakan Bus ke Pantai Kura-kura kira kira berapa harganya?

Biasanya dihitung berdasarkan berapa banyak penumpang di bus yang masuk ke Pantai Kura-kura. Namun, anda bisa negosiasi untuk mendapatkan diskon masuk.

Apakah ada penginapan di Pantai Kura-kura? Berapa harga permalam?

ya ada, terdapat penginapan sederhana di Pantai Kura-kura dengan harga mulai dari Rp. 100.000 - Rp. 750.000 tergantung dari momen liburan. Jika hari biasa Rp.100 ribuan namun jika hari hari seperti tahun baruan maka harga sewa akan naik dan mahal karena padatnya pesanan.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Pantai Kura-kura, Bengkayang, Kalimantan Barat"