Review Pantai Batu - Batu Banua Patra, Balikpapan, Kalimantan Timur

 Pancurajipost.com - Pantai Batu-Batu Banua Patra adalah objek wisata alam yang letaknya tersembunyi diantara rimbunan pepohonan yang ada serta berada di paling ujung berbatasan dengan lautan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur sehingga menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. 

Pantai Batu - Batu Banua Patra, Balikpapan, Kalimantan Timur
Pantai Batu - Batu Banua Patra, Balikpapan, Kalimantan Timur. Foto (Sahidin Pandapotan Lubis (POTAN LUBIS))

Pantai ini menawarkan pemandangan alam yang indah, pasir putih yang lembut, dan ombak air laut yang jernih dan tenang, Jika membawa anak anak, atau orang dewasa yang tidak bisa berenang, anda harus selalu mengawasi dan dampingi, agar perjalanan wisatanya menyenangkan.

Salah satu hal yang membuat Pantai Batu-Batu Banua Patra menonjol adalah keindahan batu-batu besar yang tersebar di sepanjang pantai. Batu-batu ini memberikan sentuhan estetika yang unik dan menambah daya tarik pantai ini. Wisatawan dapat berjalan-jalan di sekitar batu-batu ini, mengambil foto indah, atau hanya duduk dan menikmati pemandangan laut yang menakjubkan.

Alamat Pantai Batu-Batu Banua Patra

Pantai Batu-Batu Banua Patra beralamatkan di Jl. Jenderal Sudirman, Kelurahan Prapatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kodepost Pantai Batu-Batu Banua Patra:  76111

Nomor telpon Pantai Batu-Batu Banua Patra :-

Google Map Pantai Batu-Batu Banua Patra

Jalur Traansportasi menuju Pantai Batu-Batu Banua Patra

Pantai Batu - Batu Banua Patra tiidak jauh dari gedung Baanua patra, Gelora patra dan persis dibelakang Lapaangan Basket  Pertaamina.

Pantai Batu - Batu Banua Patra merupakan ujung dari Pantai Kemala dan Pantai Monpera, sehingga para wisatawan bisa jalan jalan sambil bersantai olahraga.

Dari Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan menuju Pantai Batu - Batu Banua Patra hanya berjarak sekitar 12.3 Km atau waktu tempuh sekitar 37 menit saja melewati Jl. Marsma R. Iswahyudi menuju Jl. Jenderal Sudirman.

Akses Jalan

Akses jalan menuju Pantai Batu - Batu Banua Patra yang pertama bisa melalui rimbunan pepohonan yang ada disekitar wisata ini atau menggunaakan jalur ke dua yang cukup extreme yaitu dengaan cara memanjat batu karang untuk menuju pantai. 

Jalan ke dua ini sangat berbahaya dan tidak dianjurkan untuk dilakukan. Kebanyakan Wisatawan biasanya melalui jalur ter-aman yaitu melalui rimbunan pepohonan untuk menuju pantai batu-batu.

Apa yang menaarik di Pantai Batu - Batu Banua Patra

a. Hamparan batu karang

Batu Kaarang di Pantai Batu - Batu Banua Patra
Batu Kaarang di Pantai Batu - Batu Banua Patra. Foto (noviani putri)

Bebatuan karang yang ada di Pantai Batu - Batu Banua Patra, menimbulkan sensasi tersendiri, hawa dingin bebatuan yang dipancarkan akan membawa kegembiraan kepada siapa saja yang berkunjung kesini.

Bebatuan ini biasaa dipergunakan para pelancong untuk berfoto ria, duduk-duduk santai memandang lautan yang sesekali air lautnya membenturkan ke dinding batu karang.

Potensi yang indah ini menjadi daya tarik wisata, karena area ini mirip dengan wisata batu karang yang ada di Pulau Bali.

b. Pantai Berpasir

Pasir sela batu karang di Pantai Batu-Batu Banua Patra
Pasir sela batu karang di Pantai Batu-Batu Banua Patra. Foto (riko hannafi)

Pantai Batu-Batu Banua Patra juga memiliki pantai berpassiir yang putih, bersih. Haya saja tidak terlaalu luas, berada di sela sela himpiitan bebatuan karang yang menjulang tinggi  seperti candi.

Selain itu, Pantai Batu-Batu Banua Patra juga menawarkan berbagai aktivitas rekreasi air. Wisatawan dapat berenang di air yang jernih dan segar, kaarena ombak di paantai ini cukup tenang ketikaa cuaca normal.

c. Spot Foto

Tidak heran dengan area Pantai Batu - Batu Banua Patra yang membuat siapa saja gatal untuk mengabadikan momen diatas batu karang yang menyerupai candi. 

Area ini selalu dijadikan objek foto baik foto prewedding maupun foto selfie para pengunjung yang datang ke Pantai Batu - Batu Banua Patra.

d. Mancing Mania

Mancing di Pantai Batu - Batu Banua Patra
Mancing di Pantai Batu - Batu Banua Patra. Foto (azhyz maghfur)

Tak ada salahnya anda mencoba pengalaman memancing di kawasan terujung di Kalimantan timur.

Pantai Batu-Batu Banua Patra merupakan tempat yang populer untuk memancing, dengan ikan yang kadang muncul di sela bebatuan karang dan dapat ditangkap.

e. Relaxsasi

Relaxsasi di Pantai Batu-Batu Banua Patra
Relaxsasi di Pantai Batu-Batu Banua Patra. Foto (Ayung Yulian)

Bagi mereka yang mencari ketenangan dan relaksasi, Pantai Batu-Batu Banua Patra juga menyediakan area piknik yang nyaman. 

Wisatawan dapat membawa tikar atau matras dan menikmati piknik di bawah naungan pohon-pohon yang rindangdisebelah bebatuan karang. Suara ombak yang tenang dan angin laut yang sejuk akan membuat pengalaman piknik semakin menyenangkan.

f. Sunset

Sunset di Pantai Batu - Batu Banua Patra, Balikpapan
Sunset di Pantai Batu - Batu Banua Patra, Balikpapan. Foto (Heru Nhu)


Jika anda pecinta sunset, tempat ini adalah spot yang tepat untuk memandang keindahan sunset diisore hari, karena ketaknya paling unjung pulau dibandingkan dari Pantai Kemala dan Pantai Monpera

g. Fasilitas

Selain itu, Pantai Batu-Batu Banua Patra juga memiliki fasilitas yang memadai untuk para pengunjung. Terdapat area parkir yang luas, toilet umum, dan warung makan yang menyajikan berbagai hidangan laut segar.  

Namun, perlu diingat bahwa Pantai Batu-Batu Banua Patra dapat menjadi cukup ramai terutama pada akhir pekan atau hari libur. Oleh karena itu, disarankan untuk datang lebih awal atau memilih hari biasa untuk menghindari keramaian. 

Selain itu, penting juga untuk menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menghormati lingkungan sekitar.

Secara keseluruhan, Pantai Batu-Batu Banua Patra adalah destinasi wisata yang menarik untuk menjadi jadwal liburan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Dengan pemandangan alam yang indah, pasir putih yang lembut, batu karang menyerupai candi, dan air laut yang jernih, pantai ini menawarkan pengalaman liburan yang menyenangkan bagi semua pengunjung. 

Dengan berbagai aktivitas rekreasi air, area piknik yang nyaman, dan fasilitas yang memadai, Pantai Batu-Batu Banua Patra adalah tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Pantai Batu-Batu Banua Patra

Berapa tarif masuk ke Pantai Batu-Batu Banua Patra?

Untuk masuk ke Pantai Batu-Batu Banua Patra gratiis, belum dipungut biaya, dengana jalur melewati gedung Baanua patra.

Apakah ada fasilitas MCK di Pantai Batu-Batu Banua Patra?

Tersedia MCK di sekitar Kawasan Pantai Batu-Batu Banua Patra

Jam berapa sebaiknya ke Pantai Batu-Batu Banua Patra? Ketika batu karangnya terlihat dengan jelas.

Rekomendasi waktu yang tepat menuju Pantai Batu-Batu Banua Patra adalah saat air surut antara pukul 10.00 pagi - 15.00 sore atau ketika siang hari dengan posisi bulan mendekati purnama. 

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Pantai Batu - Batu Banua Patra, Balikpapan, Kalimantan Timur"