Hutan Wisata Baning - Wisata Alam ditengah Kota Sintang

 Pancurajipost.com - Hutan Wisata Baning adalah hutan hujan yang terletak di jantung Kota Sintang. sehingga anda akan mudah untuk meuju ke area Hutan Baning . Yang dibutuhkan hanya menyewa sopir taksi atau menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor. Hutan ini merupakan satu-satunya hutan alam di Indonesia yang berada di dalam kota. 

Daerah ini merupakan jenis hutan rawa gambut jadi jangan berharap untuk menjelajahinya di darat dengan mudah. Namun, jangan hawatir, ada jalur kayu buatan yang bisa membawa Anda ke tengah hutan.

Hutan Wisata Baning - Wisata Alam ditengah Kota SIntang
Hutan Wisata Baning - Wisata Alam ditengah Kota SIntang

Hutan ini cocok untuk pecinta alam. Udaranya begitu segar dan bersih, sangat cocok bagi penduduk kota yang terkena dampak polusi udara. Pepohonan yang sehat dan berbagai jenis burung berkicauan saut menyaut menyambut para pengunjung. Perkemahan juga tersedia karena ini di kota yang bisa dikatakan aman.

Hutan ini kaya akan tumbuhan dan spesies langka.  Anda bisa menemukan tanaman kantong semar tropis dan anggrek hitam. Bagi yang beruntung, Anda mungkin akan bertemu dengan tupai terbang dan monyet berambut merah. Tempat ini dilindungi jadi pastikan Anda tidak melakukan hal buruk.

Disekeliling lokasi, Anda tidak perlu khawatir kelaparan dan kehausan karena ada banyak toko dan tempat makan di tepi hutan. Saya harap Anda mencobanya.

Alamat Hutan Wisata Baning

Hutan Wisata Baning berada di dua wilayah kelurahan, yaitu  Kelurahan Tanjung Puri dan Kelurahan Baning, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat. 

Plang di Hutan Wisata Baning SIntang
Papan Nama  di Hutan Wisata Baning SIntang

Akses untuk menuju ke Hutan Wisata Baning  begitu mudah baik melalui kendaraan roda dua dan empat.  Hutan Wisata Baning merupakan destinasi  wisata unggulan di Kota Sintang.

Hutan Wisata Baning beralamatkan di Sungai Ana, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat 

Kodepost Hutan Wisata Baning : 78614

No telpon Hutan Wisata Baning : -

Google Map Hutan Wisata Baning


Jalur Transportasi menuju Hutan Wisata Baning 

Dari Bandar udara Tebelian Sintang menuju kota atau Hutan kota berjarak sekitar 18.4 Km atau lama tempuh sekitar 3. Jam 50 menitan. 
Hutan Wisata Baning Berdekatan dengan Dinas Kesehatan dan RSUD Ade Muhammad Djoen Sintang serta Akademi Keperawatan Sintang.

Apa yang menarik di Hutan Wisata Baning ?

Hutan Wisata baning, Hutan alami ditengah kota sintang

Hutan Alami ditengah kota

Hutan Wisata Baning merupakan hutan sebagai jantung pusat kota yang memberikan sekejukan dan kesegaran ditengah riuh dan polusi kendaraan di perkotaan.

Disekeliling Hutan terdapat rumah sakit dan sekolah keperawatan yang memberikan sesuatu kesegaran dalam menjalani perawatan dan belajar di lingkungan sekiar Hutan Wisata Baning.

Taman Wisata Alam Baning ini luasnya sekitar 213 HA .Berdasarkan Surat Keputusan Nomor 07/A-II/1975 Bupati Sintang .dan  berdasarkan Surat Keputusan Kementrian kehutanan Nomor 405/KPTS-II/99 menetapkan Hutan Wisata Baning sebagai kawasan hutan wisata (14 /06/1999). 

Hutan ini memiliki berbagai jenis tanaman yang dilindungi serta memiliki flore dan fauna didalamnya, sehingga kawasan ini difungsikan pula sebagai hutan lindung.

Kondisi Hutan datar dan tidak berbukit karena berada di kawasan pusat kota yang terdiri dari daratan rawa/ gambut, sehingga ditumbuhi tumbuhan endemik.

Wisata Edukasi

Wisata edukasi di Hutan Wisata Baning Sintang Kalbar
Jembatan di Hutan Wisata Baning

Berbagaimacam Flora dan Fauna sehingga bisa dijadikan sebagai wisata edukasi untuk penelitian, mengenalkan heran-hewan, tumbuh tumbuhan yang ada disana.

Wisata Petualangan

Wisata Petuangan di Hutan Baning Sintang
Jalan setapak dari kayu di Hutan Wisata Baning
nda akan merasa betah di hutan.Bagi anda yang tinggal di kota akan merasaka suasana yang tidak pernah dirasakan di Hutan ini. Suasana segar, sejuk, dingin ditemani suara kicauan burung-burung sambil berjalan menelusuri hutan menjadikan pikiran kita tenang, bebas polusi dan suara kendaraan.

Hunting Foto

Penggemar fotografi bisa menikmati hutan sambil berjalan jalan dan berfoto-foto ria. Lokasi hutan ada yang instagramable. Terdapat jembatan gantung, Pondok pondok kayu, pohon-pohon besar yang bisa dijadikan sarana objek untuk huntong foto bersama rekan dan keluarga anda.

Wisata Olahraga

Andayang kurang olahraga bisa menikmati hutan ini sambil berjalan kaki, berolahraga. Tanpa terasa sebenarnya dihutan sambil berjalan banyak kalori yang terbakar sehingga kesehatan kita meningkat ditambah lagi udara yang segar menambah maksimal olahraga anda.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url