Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Bukit tertinggi di Kalimantan

Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya adalah salah satu dari 7 bukit tertinggi di Indonesia. dan merupakan bukit tertinggi di wilayah pulau kalimantan dan sangat recomended untuk anda para pecinta wisata pendakian.

 Pancurajipost.com - Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya adalah salah satu dari 7 bukit tertinggi di Indonesia. dan merupakan bukit tertinggi di wilayah pulau kalimantan dan sangat recomended untuk anda para pecinta wisata pendakian.

Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya adalah merupakan bukit yang masih asri dilindungi Negara. Berbagai flora dan fauna disana dan dijadikan Objek wisata penelitian. Selain Wisata Flora dan Fauna terdapat berbagai macam wisata seperti wisata sungai, Wisata Air terjun dan sebagainya.

Alamat Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Perbatasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Bukit tertinggi di Kalimantan
Perbatasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Bukit tertinggi di Kalimantan. Foto Google Map
Lokasi Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya berada diwilayah perbatasan dua provinsi dan tiga kabupaten yaitu Provinsi Kalimantan Barat dengan wilayah di dua kabupaten yaitu Sintang dan Melawi. sedangkan Provinsi Kalimantan Tengah dengan satu kabupaten yaitu Katingan.

Google map Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Jalur Transportasi menuju Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

1. Jalur dari Provinsi Kalimantan Barat

Trak 1 Menuju Nanga Pinoh

Dari Bandara Internasional Supadio Kubu Raya menuju ke Kecamatan Nanga Pinoh - Melawi jarak tempuh sekitar 373 Km atau sekitar 8 Jam berkendara. anda bisa mennggunakan kendaraan transportasi umum seperti taxy atau Bus (Damri, Trans, dll) jurusan Pontianak - Nanga Pinoh dengan jadwal keberangkatan malam pukul 19.00 - 04.00 WIB.

Untuk jalur udara dari Bandara Internasional Supadio Kuburaya menuju Bandar Udara Tebelian Sintang dengan penerbangan menggunakan pesawat capung/kecil wings dengan jadwal penerbangan pagi pukul 07.00 - 08.00 WIB, dan Pesawat Nam Air dengan jadwal penerbangan siang pukul 11.00 - 12.30 WIB. perjalanan menempuh waktu 1 jam saja. Dari Bandara Tebelian dilanjutkan dengan taxy menuju Nanga Pinoh berjarak 57.2 Km atau 1 jam 20 menitan.

Untuk sahabat dari Serawak Malaysia, dari PLBN Entikong-Tebedu menuju ke Nanga Pinoh menempuh dengan jarak sekitar 311 Km atau waktu tempuh 7 Jam Berkendara.

Trak 2 Dari Nanga Pinoh menuju ke Nanga Serawai

Perjalanan selanjutnya dari Nanga Pinoh melalui air  menelusuri Sungai Kapuas dengan menggunakan Sewa Speed Boat yang telah disediakan warga disana.

Kapasitas speadboard hanya memuat 6 orang saja dengan jadwal keberangkatan pagi mulai pukul 09.00 sampai 13.00 WIB menuju ke Nanga Serawai - Sintang.

Trak 3 Dari Nanga Serawai menuju Desa Rantau Malam

Setelah anda sampai di Nanga Serawai, dilanjutkan perjalanan masih masih trek air dengan perahu bandong/kelotok milik warga yang telah disediakan menuju ke Desa Rantau Malam dengan tempuh waktu sekitar 6 jam lebih perjalanan. 

Anda harus tiba di Nanga Serawai sebelum pukul 13.30 WIB, jika anda anda sampai di Nanga Serawai setelah pukul 13.30 maka diharuskan bermalam dan dilanjutkan besok pagi untuk menghindari cuaca dan hal hal yang tidak diinginkan. 

Seanjang perjalanandari Nanga Serawai menuju Rantau Malam sungguh luar biasa. ada akan disuguhi berbagai pemandangan bentangan sungai jelundung yang Indah selama 6 jam lebih. 

Namun diwaspadai, Anda harus extra hati hati  ketika memasuki simpang antara sungai Jelundung dan sungai Serawai karena arus sungai yang cukup deras.

Trak 4 Dari Desa Rantau Malam menuju Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Perjalanan yang melelahkan, sesampai di Desa Rantau, anda harus beristirahat dan bermalam disana dan meminta izin ke Kepala Desa atau Tokoh masyarakat Adat disana untuk meuju Puncak Gunung agar lancar dan nyaman.

Untuk menginap anda jangan hawatir, tersedia 9 Homestay disana sehingga anda bisa beristirahat dengan ngaman dan aman.

Sebelum meuju ke Puncak Bukit,  ada adat dan istiadat yang harus anda penuhi. Biasanya Tokoh adat disana memberikan ritual khusus dinamakan "nyukuih hajat". Ritual ini membutuhkan seekor ayam untuk disembelih sambil membacakan Doa dan Mantera dimaksudkan agar para pendaki bukit dilancarkan perjalanan dan tidak ada gangguan selama perjalanan.

Percaya atau tidak percaya, bahwa disetiap Bukit dan Gunung yang jarang terjamah oleh Manusia biasanya terdapat penghuni kasat mata yang tidak bisa anda lihat namun mereka berada disekitar anda. Ritual nyukuih hajat ini juga berfungsi untuk memita izin kepada penguasa bukit agar memberi jalan dan tidak mengganggu selama pendakian berlangsung.

Setelah anda beristirahat bermalam di Desa Rantau, paginya sekitar pukul 08.00 Wib anda harus sudah bersiap siap untuk berangkat menggunakan motor sewa dari warga. Kondisi jalan yang kurang bagus diharuskan anda untuk membonceng dengan jarak tempuh waktu sekitar 35 menitan dan jika berjalan kaki  sekitar 2 jam setengan lebih tergantung kondisi fisik anda menuju lokasi pendakian.

Di Lokasi pendakian ada sekitar 8 pos diantaranya Pos Batu Lintang, Sedoruk, Hulu Menyanoi, S. Mangan, Hulu Rabang, Hulu Jelundung, Linang dan Soa Tohutung.

Fasilitas apa saja di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya jalur Kalimantan Barat ?
Di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya terdapat :
  • Papan informasi berjumlah 245 buah meliputi penunjuk arah, lintasan satwa, ketinggian dan jarak tempuh.
  • Shelter berjumlah 3 bangunan yang terdapat di pos Batu Lintang, S. Mangan dan Hulu Rabang.
  • Porter berjumlah 30 orang dari Kelompok Porter Mo Three Desa Rantau Malam.
  • Transportasi air Perahu kelotok/ longboat sebanyak 13 unit dari Kelompok Transportasi Topakai Juoi Desa Rantau Malam.
  • Homestay/Sewa Rumah sebanyak 9 rumah dari Kelompok Homestay Danum Sorio Desa Rantau Malam.(Data : bukitbakabukitraya.org)
    Punjak Bukit Raya
    Punjak Bukit Raya. Foto Eric Fernando

2. Jalur dari Provinsi Kalimantan Tengah

Jalur dari Tumbang Habangoi, Prov. Kalimantan Tengah

Trak 1. Ibukota Kalimantan Tengah Palangkaraya – Kasongan - Tumbang Habangoi

Dari Palangkaraya menuju Tumbang Habangoi ditempuh dengan jarak sekitar 277 Km atau waktu tempuh sekitar 6 jam lebih memakai jasa mobil travel yang telah disediakan. Namun sebelum menuju ke Desa Tumbangoi, anda harus singgah di Kasongan untuk mengurus SIMAKSI di kantor SPTN wilayah II Kasongan.
 
Trak 2. Desa Tumbang Habangoi – Pintu Masuk Jalur Pendakian Bukit Raya

Setelah sampai di Desa Tumbang Habangoi,  perjalanan dilanjutkan ke lokasi  camping ground Dahie bisa dilalui dengan jalan darat dan air.

Jalur darat atau jalur dekat memakai mobil dari Desa Tumbang Habangoi menuju ke titik pemberhentian dengan lama waktu sekitar 1 jam, lalu dilanjutkan berjalan kaki sekitar  4 sampai 5 jam terantung fisik anda menuju camping ground Dahie. 

Untuk jalan air menggunakan perahu yang dinamakan perahu ces, Satu perahu ces hanya bisa memuat 4 orang yang isinya dua orang motoris sekaligus porter dan dua orang penumpang/turis/pendaki dengan lama waktu perjalanan  selama 2 hari. Waw...lama sekali. 

Dalam perjalanan anda jangan hawatir kelaparan. Di pinggir -pinggir sungai tersedia  menu makanan dan untuk keperluan mandi , MCK dan bermalam.  

Dari camping ground Dahie, perjalanan selanjutnya berjalan kaki menuju Puncak Bukit Raya.

Fasilitas apa saja di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya jalur Kalimantan Tengah ?

Di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya terdapat :
  • Porter yang berasal dari masyarakat Desa Tumbang Habangoi.
  • Transportasi perahu ces dari masyarakat Desa Tumbang Habangoi.
  • Mess desa yang dikelola oleh desa 

Apa saja yang menarik di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya ?

Wisata Pendakian

Jalur Pendakian bukit Raja-Jalur pendakian Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya
Jalur Pendakian bukit Raja. Foto raldy dhe vega
Di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Wisata andalannya adalah Wisata Pendakian yang dikhususkan untuk para pecinta pendaki di seluruh Indonesia. 
Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Bukit tertinggi di Kalimantan
Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Bukit tertinggi di Kalimantan
Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya yang merupakan bukit tertinggi di Pulau Kalimantan dan bagi para pendaki ini merupakan 7 Summit Of Indonesia. Salah satu bukit  dari 7 Bukit tertinggi di Indonesia.
Jalur pendakian Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya
Jalur Pendakian bukit Raja. Foto raldy dhe vega
Bukit raya menjadi salah satu bukit tujuan para pendaki yang ingin meraih predikat 7 Puncak di Indonesia.

Wisata Flora dan Fauna

Flora
Di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya terdapat berbagai tumbuhan langka seperti Bunga bangkai, raflesia, Bugai Kelelawar Kalimantan, Kantong Semar dan masih banyak lagi. Biasa dijadikan sebagai objek penelitian oleh para mahasiswa.

Fauna
Terdapat hewan - hewan yang dilindungi di Hutan ini seperti burung enggang yang sudah sangat jarang dijumpai di Pulau Kalimantan, Orang utan, Owa Kalimantan, Kelasi, Tarsius, dan masih banyak lagi.

Keindahan dari Puncak Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya
Keidahan Alam Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya
Pemandangan Indah Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Bukit tertinggi di Kalimantan
Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Bukit tertinggi di Kalimantan

Dron Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Bukit tertinggi di Kalimantan
Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Bukit tertinggi di Kalimantan

Video Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Bukit tertinggi di Kalimantan



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url