Air Terjun Cahai Dahat

Air Terjun Cahai Dahat dibalik bebatuan
Air Terjun Cahai Dahat dibalik bebatuan

 Pancurajipost.com - Air Terjun Cahai Dahat adalah Objek Wisata Alam air terjun yang berada di Kabupaten Melawi yang memiliki debit air yang sang sangat jernih. Keunggulan dari Air terjun Cahai Dahat adalah lokasinya dekat dengan pemukiman warga yang hanya sekitar 1 km lebih.

Air terjun Cahai Dahat sediri memiliki tinggi sekitar 5 meter, memiliki kobangan air dengan kedalaman sekitar 1- 2 meter lebih. Untuk para pengunjung yang pandai berenang bisa melompat dari atas Air terjun Cahai Dahat terjun bebas ke kolam penampungan air. Namun anda harus tetap berhati-hati.

Air terjun Cahai Dahat ini mengalir melalui bebatuan yang memiliki rongga dibalik iar terjun menyerupai goa mirip dengan Riam Kecala yang berada di Kabupaten Sanggau.

Air Terjun Cahai Dahat adalah anugerah terbesar Desa Nyangau yang jika dikelola dengan baik akan mendatangkan pendapatan besar Bagi Desa, Masyarakat, dan Pemerintah Kabupaten Melawi karena lokasi yang mudah dijangau dan masih alami.

Alamat Air Terjun Cahai Dahat

Air Terjun Cahai Dahat beralamatkan di Desa Nyangau, Nanga Nyuruh, Kecamatan Ella Hilir, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat 

Kodepost Air Terjun Cahai Dahat : 79672

No telpon Air Terjun Cahai Dahat : 081348610164 (Tourguide)

Jalur menuju Air Terjun Cahai Dahat

Dari Tugu Apang Semangai atau Kota Nanga Pinoh menuju Air Terjun Cahai Dahat berjarak sekitar 63,9 Km atau waktu tempuh sekitar 2 jam.

Sedangkan untuk masyarakat Sintang dan sekitarnya dari Tugu Karet Simpang Pinoh menuju Air Terjun Cahai Dahat berjarak sekitar 123 km atau waktu tempuh sekitar 3 jam melalui kota Nanga pinoh.

Setelah sampai dipemukiman warga di Desa Nyangau, anda bisa memarkirkan kendaraan disekitar pemukiman, atau langsung menuju Air Terjun Cahai Dahat juga bisa.

Bagi pecinta jalan kaki, setelam memarkirkan kendaraan disekitar pemukiman warga kemudian berjalan kaki melewati jembatan kantung dengan lebar sekitar 1 meter, melewati jalan beton, sekitar 200 meter, kemudian melewati jalan tikus yang biasa dilalui masyarakat untuk berladang.

Kanan kiri jalan setapak dikelilingi dengan pemohonan yang sangat terawat, awal masuk menuju Air Terjun Cahai Dahat terlihat MCK dan Kamar Ganti, kemudian jalan lagi baru melihat keindahan Air Terjun Cahai Dahat yang bergemuruh memecah kehenigan hutan.

Google Map Air Terjun Cahai Dahat

Apa yang menarik di Air Terjun Cahai Dahat?

Air Terjun

Air Terjun Cahai Dahat Melawi
Air Terjun Cahai Dahat Melawi 
Air Terjun Cahai Dahat memiliki ketinggian 4-5 meter dengan kolam kedalaman 1 -2 meter lebih dengan dasar bebatuan.

Walau dekat dengan pemukiman warga, Air Terjun Cahai Dahat Kanan dan kiri masih alami dikelilingi pepohonan yang rindang serta airnya yang masih sangat jernih dan bening.

Kejernihan Air Terjun Cahai Dahat
Kejernihan Air Terjun Cahai Dahat (KUN ADMAWIJAYA)

Sehingga siapa saja yang berkunjung kesini akan puas menikmai panorama keindahan alam Air Terjun Cahai Dahat serta merasakan dingin dan jernihnya Air Terjun Cahai Dahat ketika berenang.

Wisata Olahraga

Jalan Beton di Air Terjun Cahai Dahat
Jalan Beton di Air Terjun Cahai Dahat
Warga sekitar Desa Nyangau biasanya jika ingin ke Air Terjun Cahai Dahat mereka lebih suka berjalan kaki sekitar 15 menit jalan santai dari pemukiman ke Air Terjun Cahai Dahat.

Sambil berolahraga menikmati perjalanan menyeberang jembatan gantung yang dibawahnya mengalir sungai jernih yang membelah pepohonan, serta jalanan beton yang nyaman untuk dilalui.

Wisata Edukasi

Tanaman Anggrek di Air Terjun Cahai Dahat
Tanaman Anggrek di Air Terjun Cahai Dahat
Air Terjun Cahai Dahat yang disekelilingnya memiliki pepohonan, angrek hutan yang bergelantungan dibatang batang pohon, sangat recomended untuk dijadikan wisata edukasi untuk memperkenalkan flora disekitar Air Terjun Cahai Dahat.

Berbagai jenis pepohonan dengan batang-batang yang lurus dan dipelihara warga setempat, membuat Anda yang ingin belajar dan mengenal berbagai pepohonan bisa nyaman di Air Terjun Cahai Dahat.

MCK

MCK di Air Terjun Cahai Dahat
MCK di Air Terjun Cahai Dahat
Keunggulan dari Air Terjun Cahai Dahat telah dilengkapi dengan fasilitas MCK, Pemerintah Desa setempat telah mengetahui peluang besar di desaya, sehingga membangun segala fasilitas MCK, Jalan menuju Air Terjun Cahai Dahat dengan cara dibeton, dan memberikan tulisan papan nama disudut sudut Desa dan persimpangan agar para pengunjung yang ingin ke Air Terjun Cahai Dahat akan mudah sampai.
air terjun cahai dahat di desa Nyangau
air terjun cahai dahat di desa Nyangau

Pertanyaan yang sering diajikan di Air Terjun Cahai Dahat

Berapa tarif masuk ke Air Terjun Cahai Dahat?

Untuk tarif masuk menuju ke Air Terjun Cahai Dahat, sekitar Rp.5-10rb saja tergantung dari ramainya pengunjung. Kadang juga masih grais.

Apakah sudah ada fasilitas MCK dan Kamar ganti di Air Terjun Cahai Dahat?

Di Air Terjun Cahai Dahat telah tersedia kamar ganti dan fasilitas MCK yang berdekatan dengan disekitar Air Terjun Cahai Dahat.

Kapan Air Terjun Cahai Dahat ramai dikunjungi?

Air Terjun Cahai Dahat ramai dikunjungi ketika hari hari besar seperti Natal, Lebaran , tahun baru dan lain lain.

Next Post Previous Post
1 Comments
  • Kmm
    Kmm 22 November 2022 13.04

    Untuk kondi jalan gmna om bagus kah ? Bisa pakai mobil ya ?

Add Comment
comment url