Wisata Alam Belaban Km 37 SPTN WIlayah I Nanga Pinoh

Wisata Alam Belaban Km 37 SPTN WIlayah I Nanga Pinoh
Wisata Alam Belaban Km 37 SPTN WIlayah I Nanga Pinoh

 Pancurajipost.com - Wisata Alam Belaban Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya merupakan Objek Wisata alam hutan yang memiliki keaneka ragaman flora dan fauna serta terdapat jembatan gantung yang membelah sungai Ella, Air terjun Guhung Elang, Camping Ground dan lain lain.

Wisata Alam Belaban berada di Resort Belaban Km. 37 SPTN Wilayah I Nanga Pinoh yang berada di Kawasan Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya di Kabupaten Melawi Kalimantan Barat.

Alamat Wisata Alam Belaban Km 37

Wisata Alam Belaban Km 37 beralamatkan di Resort Belaban Km. 37 SPTN Wilayah I Nanga Pinoh Desa Belaban Ella, Kecamatan Menukung, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat 

Kodepost Wisata Alam Belaban Km 37 : 79682

No Telpon Wisata Alam Belaban Km 37 : 

  • Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya : (0565) 23521, 0821 5856 4609 (Call Center)
  • Whatshap Pengurus SIMAKSI : 0852 8386 2785
  • Email ; portalsimaksitnbbbr@gmail.com

Jalur Transportasi menuju Wisata Alam Belaban Km 37

Untuk anda yang dari luar Pulau Kalimantan, dari Ibukota Pontianak atau Bandar Udara Internasional Supadio menuju ke Kabupaten Melawi menggunakan Pesawat capung menuju Bandar Udara Tebelian Sintang sekitar 1 jam perjalanan.
Jika anda menggunakan jalur darat dari Bandar Udara Internasional Supadio menuju ke Kabupaten Melawi menggunakan Taxy atau Bus Damri dengan jalur perjalanan sekitar 316 Km atau 6 jam lebih perjalanan menuju ke Tugu Karet Simpang Pinoh. Dari Tugu Karet Simpang Pinoh dilanjutkan dengan travel taxy/bus menuju Kota Nanga Pinoh Melawi kemudian menuju ke Wisata Alam Belaban Km 37.
Dari Bandar Udara Tebelian SintangTugu Karet Simpang Pinoh menuju ke Wisata Alam Belaban Km 37 berjarak sekitar 147 Km atau hanya sekitar 3 jam 50 menit.
Dianjurkan perjalanan menggunakan kendaraan yang tinggi seperti Hilux/Strada untuk anda yang menggunakan kendaraan roda empat. Kondisi becek di musim hujan akan memperlancar laju kendaraan anda ketika menggunakan kendaraan yang tinggi.
Wisata Alam Belaban itu sendiri berdekatan dengan batas Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah yang jaraknya hanya 4.5 Km atau 8 menit perjalanan menuju pintu masuk Kalteng. sehingga boleh dikatakan Jalur menuju ke Wisata Alam Belaban adalah jalur strategis untuk menuju ke Kalimantan Tengah.

Google Map Wisata Alam Belaban Km 37

Apa yang menarik di Wisata Alam Belaban Km 37 SPTN WIlayah I Nanga Pinoh

Wisata Hutan Alami

Berada di Kaki Bukit Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Wisata Alam Belaban Km 37 sangat cocok bagi anda yang ingin melihat langsung hutan asli kalimantan, suasana hutan rimba yang telah dipermudah dengan dibangunnya posko posko tempat peristirahatan, jalan tikus yang mudah dilalui untuk berjalan, jembatan jembatan gantung yang membelah jurang perbukitan.

Flora dan Fauna

Jalur Untuk Explore Flora dan Fauna Wisata Alam Belaban Km 37
Jalur Untuk Explore Flora dan Fauna Wisata Alam Belaban Km 37


Di Wisata Alam Belaban Km 37 terdapat berbagai tumbuhan dan pepohonan yang langka, terlihat anggrek pohon bergelantungan di pohon yang batangnya lurus, akar akar tumbuhan yang batangnya membelit pepohonan.
Serta jika beruntung anda akan menemukan dan melihat langsung habitat kera yang bergelantunan di dahan pohon yang rindang, Burung enggang asli kalimantanyang dilindungi dan langka bisa anda jumpai di Wisata Alam Belaban Km 37.
Burung Enggang Badak atau Burung Enggang Kenyalang
Burung Enggang Badak atau Burung Enggang Kenyalang
Burung Enggang Kenyalang (Rhinoceros Hornbill) atau disebut sebagai Burung Enggang Badak adalah icon utama Sarawak Bumi Kenyalang. 
Nama Latin dari burung Enggang Badak disebut sebagai Buceros Rhinoceros. Untuk Burung Enggang Kenyalang dapat tumbuh membesar sampai 110cm - 127 cm dengan bobot berat 2 hingga 3 kg. 
Oleh karena itu, Burung enggang ini dikategorikan sebagai spesies burung  terbesar di Dunia. 
Burung Enggang ini juga bisa hidup lebih dari 35 tahun. 
Anda dapat menjumpai Burung Kenyalang di Kepulauan Borneo dan merupakan burung yang dilindungi di bawah undang-undang Perhilitan Malaysia.

Wisata Edukasi dan Penelitian

Dengan beraneka flora dan fauna menjadikan Wisata Alam Belaban Km 37 sebagai Objek wisata edukasi serta penelitian tumbuhan dan hewan langka yang masih hidup di Kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya ini.

Wisata Air Terjun Guhung Elang

Ait Terjun Guhung Elang di Wisata Alam Belaban Km 37
Ait Terjun Guhung Elang di Wisata Alam Belaban Km 37
Tidak jauh dari Pusat Informasi Wisata Alam Belaban Km 37 SPTN WIlayah I Nanga Pinoh atau berjalan kaki sekitar 1.5 Km, anda bisa menjumpai Air terjun Guhung Elang yang sangat indah dan airnya jernih.
Sambil menikmati alam, mandi, berendam di Air terjun Guhung Elang, terasa lengkap setelah menikmati keindahan hutan yang memiliki berbagai macam flora dan fauna.
Selain itu di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya terdapat beberapa air terjun diantaranya Air terjun Smungga dan Air Terjun Kelabot

Camping Ground

Camping Ground di Wisata Alam Belaban Km 37
Camping Ground di Wisata Alam Belaban Km 37
Tidak jauh dari jembatan gantung terdapat lokasi Camping Ground yang dibuat datar dan dikhususkan untuk anda yang ingin bermalam dan menginap menikmati hutan Belaban. 
Keseruan bermalam di hutan bersama keluarga anda memperkenalkan anak cucu akan alam dan kelestarian akan pentingnya Alam dalam kehidupan manusia.
Jembatan Penyeberangan Sungai Ella Belaban
Jembatan Penyeberangan Sungai Ella Belaban
Jembatan Gantung Sungai Ella Belaban  dari Bawah
Jembatan Gantung Sungai Ella Belaban  dari Bawah 

Arum Jeram

Arum Jeram Sungai Ella Beleban Km 37
Arum Jeram Sungai Ella Beleban Km 37
Sungai Ella di Wisata Alam Belaban Km 37memiliki aliran air yang cukup deras serta bebatuan yang sangat recomended bagi anda yang ingin menikmati dan hobi olahraga Arum Jeram.
Sensasi Desarnya Sungai Ella membuat petualangan menelusuri hutan semakin lengkap dengan menelusuri sungai Ella di Kawasan Hutan SPTN WIlayah I Nanga Pinoh

Taman Nasional Bukit Raya Bukit Baka

Puncak Bukit Raya Bukit Baka
Puncak Bukit Raya Bukit Baka
Anda juga bisa untuk mengeksplore Puncak Bukit Raya Bukit Baka yang bisa ditempuh melalui jalur ini. Untuk informasi lebih lanjut tentang jalur transportasi baca : Taman Nasional Bukit Raya Bukit Baka

Pertanyaan yang sering diajukan di Wisata Alam Belaban Km 37

Berapa Harga tiket masuk menuju Wisata Alam Belaban Km 37?
Untuk tiket masuk menuju ke Wisata Alam Belaban Km 37
  • Rp.5.500 /Orang/Hari untuk Hari biasa
  • Rp.7.500 /Orang/Hari untuk Hari Besar/Hari Raya
  • Rp.5.000 /Orang/Hari untuk Biaya Nginap di Camping Ground (Note: Garga Sewaktu Waktu bisa berubah)
Apakah tersedia fasilitas MCK di Wisata Alam Belaban Km 37?
Di Wisata Alam Belaban Km 37 telah tersedia fasilitas MCK, jadi anda tidak perlu hawatir

Bagaimana Kondisi Jalan disekitar Wisata Alam Belaban Km 37?
Jalan Wisata Alam Belaban Km 37 adalah jalan penting antar provinsi yang menghubungkan Kalbar dan Kalteng, sehingga untuk sekarang masih tanah keras berbatu dan kedepan pasti akan dibangun pengaspalan.

Apakah untuk menuju ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya bisa melalui Wisata Alam Belaban Km 37?
Untuk menuju ke Puncak Bukit Baka Bukit Raya bisa dilalui melalui Wisata Alam Belaban Km 37, atau bisa melalui Jalur Puncak Bukit Baka Bukit Raya dari Kabupaten Sintang.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url