Review Gua Maria Anjongan, Mempawah, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Gua Maria Anjongan atau disebut juga Gua Maria Ratu Pencinta Damai Anjongan adalah wisata religi dan sejarah yang telah berdiri sejak 1973 dan merupakan iconnya kecamatan anjongan, Mempawah Kalimantan Barat.

 Gua Maria Anjongan sebagai simbol perdamaian antar suku suku di Kabupaten Mempawah dan sekitarnya terutama antara Suku Dayak dan Suku Tionghoa yang pernah berselisih paham yang berujung pada konflik berdarah pada tahun 1967.

Gua Maria Anjongan, Mempawah, Kalimantan Barat
Gua Maria Anjongan, Mempawah, Kalimantan Barat foto (Viny Suhendra)

Oleh karena itu dibangunlah Gua Maria Anjongan yang bertujuan untuk mendamaikan kedua etnis tersebut. 

Pada tanggal 29 April 1973 akhirnya Gua Maria Anjongan diresmikan, pada saat itulah Masyarakat Dayak dan Tionghoa dipersatukan kembali. 

Alamat Gua Maria Anjongan

Gua Maria Anjongan beralamatkan di kawasan Goa Maria, Jl. Lintas Kalimantan Poros Tengah, Desa Pak Bulu, Kecamatan Anjongan, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Kodepost Gua Maria Anjongan : 78353  

No telpon Gua Maria Anjongan :-

Google Map Gua Maria Anjongan

Jalur Transportasi menuju Gua Maria Anjongan

Geser gambar untuk melihat seluruh simpang patung Bunda Maria menuju kedalam Gua Maria Anjongan.

Gua Maria Anjongan berada di pusat Kecamatan Anjongan atau berada di 1.3 Km dari Kantor Camat Anjongan.

Dari Rumah Adat Kecamatan Anjongan ke Gua Maria Anjongan hanya berjarak sekitar 1.7 Km atau sekitar 5 menit berkendara.

 Dari Pusat Kota Mempawah atau Tugu Patung Pak Tani Mempawah menuju Gua Maria Anjongan jaraknya hanya 28.8 Km atau sekitar 45 menit berkendara melalui jalan pangsuma.

Sedangkan dari Bandara Udara Internasional Supadio menuju Gua Maria Anjongan hanya berjarak sekitar 87.3 Km atau sekitar 2 jam 7 menit menuju sungai pinyuh, dilanjutkan ke kecamatan anjongan melalui jalan raya Lintas Kalimantan Poros Tengah.

Apa yang menarik di Gua Maria Anjongan

1. Tugu Patung Bunda Maria

Tugu Patung Bunda Maria
Tugu Patung Bunda Maria Foto (Okta)
Dengan berat sekitar 3 ton, Tugu Patung Bunda Maria ini memiliki beberapa patung kecil berbagai etnis di Kalimantan Barat yang merupakan simbol perdamaian, persatuan antar etnis.

Dengan tinggi sekitar 12 meter, Patung Gua Maria berdiri dan diberkati oleh Mgr.Agustinus Agus.

Patung Gua Maria adalah simpang pintu masuk menuju tempat peribadatan Goa Maria yang berada di kawasan perbukitan.

Sekitar patung ini memiliki area yang cukup luas biasanya untuk alternatif parkir kendaran yang akan masuk ke Goa maria ketika tempat parkir di dalam penuh pada Bulan Maria.
Geser gambar untuk melihat seluruh depan patung Bunda Maria.
Gua Maria Anjongan didirikan oleh Pastur Ishak Dora, Simon Patrus, A.L. Van Aert, serta seorang sahabat karibnya yang juga berinisiatif mendirikan Gua Maria Anjongan. Mereka berempat berdiskusi dan berinisiatif bagaimana caranya mempersatukan etnis Dayak dan Tionghoa saat itu.

Setelah Gua Maria Anjongan berdiri dan melaksanakan Misa, pengunjung dari berbagai desa dan wilayah berbondong-bondong hadir. Tak terkecuali, masyarakat Suku Dayak dan Tionghoa bertemu.

Kesempatan itu dijadikan ajang saling memaafkan dan berpelukan, bahkan beberapa diantara mereka saling menangis sehingga mereka dipersatukan kembali dalam kehidupan damai. 

2. Pemandian Umum

Ketika anda ingin menuju ke tempat peribadatan Goa Maria, sebelumnya anda akan menjumpai Wisata Kolam renang Pemandian Umum Kawasan Gua Maria Anjongan yang memang dibuka untuk umum. Siapa saja boleh bermain, mandi di Kawasan ini.

Pemandian Umum Kawasan Gua Maria Anjongan
Pemandian Umum Kawasan Gua Maria Anjongan

Lokasi Pemandian Umum Kawasan Gua Maria Anjongan berada di sebelah kanan arah menuju tempat peribadatan dan Rumah Retret.

Kolam renang dikawasan ini sangat cocok untuk keluarga kecil, dengan varian kolam renang dewasa anak-anak serta orang tua juga tersedia. Air dari kolm tersebut berasal dari sumber air pegunungan diatasnya,sehingga sangat jernih dan menyegarkan.

Untuk harga tiket masuk ke pemandian umum ini cukup murah, walaupun sederhana tetapi dapat menyenangkan anak-anak yang ingin bermain dan berenang dikolam yang bersih. 

Harga tiket masuk ke Pemandian Umum Kawasan Gua Maria Anjongan Rp. 5000/orang dan tirip barang Rp.3000

Selain kolam renang juga tersedia berbagai menu makanan menarik yang bisa anda coba seperti Nasi Goreng, Sosis, Teh, Kopi dan masih banyak lagi dengan harga yang relatif miring.

Kolam renang di Pemandian Umum Kawasan Gua Maria Anjongan
Kolam renang di Pemandian Umum Kawasan Gua Maria Anjongan Foto (Utin Suhaida)
Dikolam renang ini juga dilengkapi dengan fasilitas lain seperti kamar bilas, WC, tempat tempat duduk disekitar kolam renang. 

Suasana kolam renang yang berada di kaki bukit serta pepohonan rindang, membuat siapa saja akan betah berlama lama di area ini dengan hawa sejuk dan menyegarkan.

3. Rumah Retret Paus Yohannes Paulus II

Geser gambar untuk melihat sekeliling rumah retret
Terdapat kapel tidak jauh dari tempat peribadatan gua maria anjungan yang dinamakan Rumah Retret Paus Yohannes Paulus II . Rumah Retret ini difungsikan jika ada pertemuan atau kegitan rohani, tak hanya umat Khatolik, umat Kristen juga diperbolehkan untuk menggunakan kapel ini.

Jika dari jauh, bangunan kapel ini terlihat kecil putih berada di kaki antara dua bulit. Terlihat indah penuh makna sebagai simpol penengah, keadilan dan kemakmuran menyatu dengan alam.


Rumah Retret Gua Maria Anjongan
Rumah Retret dari kejauhan
Keunikan dari Rumah retret ini terdapat bangunan utama yang megah untuk kegiatan rohani, juga sekelilingnya terdapat bangunan rumah adat dayak, rumah adat tionghoa, Melayu sebagai simbol persatuan keaneka ragaman budaya dan agama di Anjongan.

Karena bangunanya yang unik dan instagramable, maka banyak para pengunjung yang berselfie ria mengbadikan foto terbaiknya disini.

Area Rumah Retret juga memiliki tempat parkir yang luas, mobil apalagi motor mulus masuk tanpa hambatan memarkirkan kendarannya.

Geser gambar untuk melihat sekeliling rumah retret

4. Tempat Peribadatan

Tempat Peribadatan Gua Maria Anjongan
Tempat Peribadatan Gua Maria Anjongan
Dari Rumah Retret anda bisa berjalan kaki menuju ke tempat peribadatan Gua Maria Anjongan atau tepatnya berada dibawahnya.

Jalanan yang berbeton dan rapi menurun membuat perjalanan anda akan nyaman dan tidak melelahkan karna hanya 2 menit berjalan anda telah sampai.

Berderet kursi kursi yang rapi dari beton yang bisa menampung sekitar ribuan jamaah dari berbagai wilayah.

Hingga kini, Gua Maria selalu ramai dikunjungi para peziarah dari berbagai penjuru yang datang khususnya pada Bulan Maria yaitu Bulan Mei dan Oktober setiap tahunnya untuk beribadah misa. 

Selain di bulan tesebut diatas, para keluarga, rombongan dari mana mana serta Orang Muda Katholik (OMK) dipersilahkan mengunjungi, beribadah, berdoa serta melaksanakan sebuah pertemuan. 

Untuk fasilitas beribadah di Gua Maria Anjongan juga tidak hanya untuk Umat Katholik saja, namun juga bisa untuk Umat Kristen, Sungguh luar biasa.

Pada sisi kiri tempat peribadatan Gua Maria Anjongan terdapat air terjun atau riam yang bisa anda nikmati untuk berfoto, Namun air terjun ini kadang tidak ada airnya ketika waktu kemarau datang sehingga yang tampak seperti bebatuan besar yang menyimpan misteri.

Pertanyaan yang sering diajukan di Gua Maria Anjongan

Berapa tiket masuk ke Gua Maria Anjongan?

Tidak ada tarif masuk ke Gua Maria Anjongan, hanya saja jika ingin berenang di kolam renang ada biaya masuk sebesar Rp. 5000/orang.

Apakah Gua Maria Anjongan dibuka untuk umum misalnya dari saudara muslim ingin melihat keindahan dikawasan Gua Maria Anjongan?

Gua Maria Anjongan terbuka untuk umum, namun bagi agama lain yang ingin berkunjung hindari Bulan Maria, Mei dan Oktober karena digunakan Umat Katolik untuk beribadah.

Namun anda masih bisa masuk ke Objek wisata renangnya yang berada sebelum rumah ibadah gua maria Anjongan dengan biaya masuk sebesar Rp. 5000/orang dan titip barang Rp. 3000

Apakah tersedia parkir khusus sepeda motor di Gua Maria Anjongan?

Ya, malah sebaiknya gunakan sepeda motor saja. Pada Bulan Maria biasanya seluruh area parkir dibanjiri mobil dan penuh sesak di area Gua Maria Anjongan.

Apakah area Gua Maria Anjongan terdapat MCK nya?

Tentu saja, Kawasan Gua Maria Anjongan telah disediakan MCK untuk para pengunjung yang datang.

Apakah ada tempat penginapan di Gua Maria Anjongan?

Ya, Gua Maria Anjongan tersedia penginapan untuk para peziarah.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Gua Maria Anjongan, Mempawah, Kalimantan Barat"