Review Bukit Padakng Pakumbang, Kabupaten Landak, Wisata Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Bukit Padakng Pakumbang adalah perbukitan padang ilalang yang sangat menarik para pengunjung baik dari Kabupaten Landak sendiri maupun dari Kabupaten lainnya.

Meskipun tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 200 meter dari permukaan laut, namun pemandangan Bukit Padakng Pakumbang sangat indah yang diapit oleh perbukitan disekitarnya serta sangat cocok untuk wisata pendakian.

Untuk waktu mendaki yang terbaik adalah saat sore dan pagi hari. Jika beruntung, kita bisa menikmati pemandangan indah dari atas bukit dengan kabut pagi yang menawan seolah olah berada di Negeri diatas Awan.

Bukit Padakng Pakumbang
Bukit Padakng Pakumbang Foto (Hari Man)

Alamat Bukit Padakng Pakumbang

Bukit Padakng Pakumbang beralamatkan di Dusun Padang Entok, Desa Pakumbang, Kecamatan Sompak, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

Kodepost Bukit Padakng Pakumbang : 79355

Nomor telpon Bukit Padakng Pakumbang: Desa Wisata Kahanga (085245867591)

Email Desa Wisata Kahanga: meilianavenaana99@gmail.com

Google Map Bukit Padakng Pakumbang

Jalur Transportasi menuju Bukit Padakng Pakumbang

Bukit Padakng Pakumbang lokasinya berdekatan dengan Bukit Batu Pakumbang dan Puncak Saka 4  P

Bukit Padakng Pakumbang Jaraknya sekitar 141 kilometer atau sekitar 3 Jam  40 menit dari Bandara Internasional Supadio - Pontianak - Mempawah Melewati Jalur Wisata Gua Maria Ratu Pencinta Damai Anjongan.  

Dari Pusat Kota Kabupaten Landak atau Tugu Geram menuju Bukit Padakng Pakumbang sekitar 86.5 Km atau sekitar 2 Jam 12 menit.

Sedangkan Saudara dari Malaysia menuju Bukit Padakng Pakumbang bisa melalui Kabupaten Sanggau atau PLBN Entikong  melewati simpang tanjung-sosok dengan jarak sekitar 225 km atau sekitar 4 jam 41 menit.

Perjalanan menuju ke Desa Pakumbang bisa dilalui dengan kendaraan roda empat dan roda dua, dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju bukit sekitar 3 Km.

Apa yang menarik di Bukit Padakng Pakumbang

Bukit Padakng Pakumbang penamaanya berasal dari dua kata yaitu Padakng dan Pakumbang. "Padakng" berasal dari bahasa Dayak Ahe Kanayatn yang berarti rumput ilalang atau alang alang, sedangkan Pakumbang berasal dari nama Desa tempat lokasi bukit ini berasal.

Setibanya di Desa Pakumbang, anda diwajibkan mampir ke Kantor Desa Pakumbang atau ke tokoh setempat untuk mencari informasi /izin ke Bukit Padakng Pakumbang.

Desa Pakumbang dihuni sekitar 700 lebih Kepala Keluarga atau sekitar 3000 an jiwa yang mayoritas Suku Dayak yang ramah dan masih memegang teguh adat istiadat.

Padang Ilalang Bukit Padakng Pakumbang
Padang Ilalang Bukit Padakng Pakumbang Foto (Hari Man)

Dari Pemukiman Warga Desa Pakumbang dilanjutkan dengan berkendara sampai ke parkiran kaki bukit yang telah disediakan, kemudian berjalan kaki menanjak menuju bukit dengan waktu perjalanan santai sekitar 40 - 1 jam lebih tergantung dari fisik para pendaki.

Ditengah perjalanan, anda akan menjumpai aliran air sungai kecil yang airnya jernih dan dialirkan ke berbagai rumah rumah Penduduk.

Anda bisa mengambil air bersih tersebut dan membawa ke atas Bukit Padakng Pakumbang untuk keperluan memasak, dan lain lain.

Setelah 40 menit perjalanan, tibalah anda menemukan perbukitan yang ditumbuhi ilalang yang dinamakan Bukit Padakng Pakumbang.

Rasa letih lesu, capek akan hilang dengan sedirinya. Keringat basah kuyup selama perjalanan seketika akan sirna dengan sejuknya angin yang menyapa ada. Sejuk, segar, belum lagi pemandagan indah padang ilalang dan perbukitan disekitarnya.

Sunset

Sunset Bukit Padakng Pakumbang Pagi Hari
Sunset Bukit Padakng Pakumbang Pagi Hari Foto (Hari Man)

Bukit Padakng Pakumbang juga menawarkan pemadagan indah Mata hari di pagi dan sore hari dari balik bukit dan rumput ilalang.

Para pengunjung selalu ramai ketika musim akhir pekan dari berbagai Kabupaten  di antaranya dari Kabupaten Ladak sediri, Mempawah, Sanggau dan Kabupaten Lainnya hanya ingin camping, dan menghabiskan malam di area padang ilalang ini.

Camping

Tidak dipungkiri, Bukit Padakng Pakumbang sebagai tujuan wisata untuk camping para pecinta alam yang ingin suasana alam terbuka dan ingin melihat sunset serta embun dan awan di pagi hari.

Karena yang ditunggu tunggu para pengunjung yang menginap ialah hawa sejuk dan dingin serta pagi hari yang terlihat perbukitan disekitarnya diselimuti awan putih.

Pagi Hari di Bukit Padakng Pakumbang
Pagi Hari di Bukit Padakng Pakumbang Foto 

Segelas kopi hangat di atas Bukit Padakng Pakumbang akan menghangatkan tenggorokan dan badan, menimbulkan rasa bahagia yang tidak bisa digambarkan dengan kata kata, tenang, damai, dingin, sejuk.

Negeri diatas Awan  Bukit Padakng Pakumbang
Negeri diatas Awan  Bukit Padakng Pakumbang Foto (Ramadhant Kartika)


Pertanyaan yang sering ditanyakan di Bukit Padakng Pakumbang

Berapa tarif masuk ke Bukit Padakng Pakumbang?

Untuk sementara, tarif masuk ke Bukit Padakng Pakumbang masih gratis, dan tidak menutup kemungkinan akan dikenakan biaya.

Apakah ada MCK di Bukit Padakng Pakumbang?

Sementara belum ada MCK di Bukit Padakng Pakumbang

Kapan waktu yang bagus menuju ke Bukit Padakng Pakumbang?

Waktu yang baik ke Bukit Padakng Pakumbang ketika pagi hari dan sore hari, untuk menghindari panas dan dehidrasi.

Apakah bisa menggunakan sepeda ke Bukit Padakng Pakumbang?

Ya...anda bisa menggunakan Sepeda ke Bukit Padakng Pakumbang, namun sesekali anda harus memikul sepeda ketika menjumpai aliran sungai kecil dan beberapa jalan curam dan bebatuan.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Bukit Padakng Pakumbang, Kabupaten Landak, Wisata Kalimantan Barat"