Alamat Rumah Betang Kobus, Tempat Cinderamata Khas Dayak Yang Unik Di Sintang

 

Rumah Betang Kobus Sintang
Rumah Betang Kobus (Onik Widuri)

Pancurajipost.com - Rumah Betang Kobus adalah rumah panggung berbentuk seperti rumah tradisional masyarakat Suku Dayak berbentuk menyerupai rumah panjang yang berisi beraneka souvenir, seperti kain tenun ikat khas Dayak  dari selendang sampai kain untuk pakaian, tas, anyaman, mandau, dan lain lain.

Pengunjung yang berwisata ke Kota Sintang, jika ingin membeli oleh oleh khas Kabupaten Sintang bisa mampir ke sini membeli berbagai sauvenir yang tersedia.

Rumah Betang kubus juga dikategorikan sebuah destinasi wisata budaya yang terletak di Tanjung Puri Kabupaten Sintang Kalimantan Barat. Unsur-unsur budaya nya cukup kental dan dapat dengan mudah terlihat melalui berbagai daya tarik yang dihadirkan. 

Berbagai Kerajinan kebudayaan Dayak yang kental. Salah satu tujuan utama dibangunnya tempat wisata budaya ini adalah sebagai sarana pelestarian budaya serta adat istiadat suku Dayak di Sintang.

Kabupaten Sintang sendiri merupakan salah satu wilayah di Kalimantan Barat yang jumlah penduduk dari suku Dayak cukup besar.

Alamat Rumah Betang Kobus

Rumah Betang Kobus beralamatkan di Jalan Utama Jalan alambhana/Jalan Lingkar Hutan Wisata Baning atau tepatnya di Jalan M Saad no. 8, Kelurahan Tj. Puri, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat 

Kodepost Rumah Betang Kobus :78614

No telpon Rumah Betang Kobus : (0565) 21098

Jalur Transportasi menuju Rumah Betang Kobus

Geser gambar untuk melihat seluruh pintu masuk ke Rumah Betang Kobus

Berada di pusat Kota Sintang, Dari Tugu Pancasila Sintang menuju Rumah Betang Kobus hanya berjarak 4.2 Km atau waktu tempuh hanya kurang lebih 10 menit. 

Rumah Betang Kobus berada di Jalur lingkar Hutan Wisata Baning Sintang. Sehingga lokasi ini sangat strategis mudah dilalui kendaraan roda dua dan empat langsung sampai menuju lokasi.

Rumah Betang Kobus juga berdekatan dengan berbagai tempat strategis lainnya, Jalur  ke kiri menuju ke Kantor DPRD Kabupaten Sintang, Belok kanan dengan jarak 1.9 Km  atau 4 menit berkendara menuju wisata Kolam Renang Balliomoro dan  Mall Arli Sintang.

Google Map Rumah Betang Kobus

Jam Operasional Rumah Betang Kobus

Rumah Betang Kobus buka setiap hari kerja dengan waktu buka :
  • Senin s/d Jumat Dari Pukul 08.00 - 16.00 WIB
  • Sabtu dari Pukul 08.00 - 12.00 WIB
  • Hari Minggu Libur

Apa yang menarik di Rumah Betang Kobus

Rumah Betang Kobus OMDX
Rumah Betang Kobus (OMDX)
Rumah Betang Kobus memiliki dua lantai, lantai dasar yang merupakan panggungnya, dan lantai dua yang berisi berbagi produk kerajinan yang dijual sebagai saouvenir/ oleh oleh khas Kabupaten Sintang.

Lantai Dua

Rumah Betang Kobus merupakan Kantor dan Galeri dari Koperasi KOPJMM (Koperasi Kerajinan Tenun Ikat Dayak yang berbadan hukum  No. 132.a / BH/X. Tanggal 20 April 2012.

Koperasi KOPJMM ini melahirkan berbagai produk tenun dan anyaman berbahan dasar alami.seperti :

  • Kain Tenun Ikat Dayak (menggunakan pewarna alami dan sintetis)
  • Aneka Kerajinan Anyaman Bambu dan Rotan
  • Perhiasan Manik Manik
  • Mandau dan Perisai (Senjata Khas Dayak)
  • Madu Asli, Kerupuk Ikan, dan lain lain
Galeri di Rumah Betang Kobus memamerkan berbagai koleksi kerajinan Khas tradisional suku Dayak yang dibuat secara langsung oleh masyarakat sekitar berupa kerajinan tangan dan cukup berfariasi diantaranya yaitu pernak-pernik, manik-manik, gelang, keranjang, Topi, Baju, dan masih banyak lagi.

Selain dapat menikmati keindahannya di tempat ini,  pengunjung juga dapat membeli hasil karya seni tradisional dengan harga yang cukup kompetitif salah satu produk andalan yang ditawarkan adalah kain tenun ikat khas Dayak dari berbagai motif dan warna.

Galeri Aneka Kerajinan Anyaman Bambu dan Rotan di Rumah Betang Kobus
Galeri Aneka Kerajinan Anyaman Bambu dan Rotan beserta harga (Bete Esha)
Kain Tenun Ikat Dayak Rumah Betang Kobus
Kain Tenun Ikat Dayak, Perhiasan (Martin Hardiono)

Kain Tenun Ikat Dayak (menggunakan pewarna alami dan sintetis) di Rumah Betang Kobus
Kain Tenun Ikat Dayak (menggunakan pewarna alami dan sintetis) - (Jatu Rahmawati)
Mandau dan Perisai (Senjata Khas Dayak) Rumah Betang Kobus
Mandau dan Perisai (Senjata Khas Dayak) - (Aganto Seno)

Arsitektur Bangunan Rumah Betang Kobus

Arsitekstur dari bangunan cagar budaya ini dibuat semirip mungkin dengan bangunan asli Rumah Betang. Walaupun usianya masih tergolong baru arsitekturnya sudah dapat merepresentasikan seni rumah tradisional khas suku Dayak dengan sedikit sentuhan modern,  Sehingga  warnanya didominasi oleh warna coklat kayu yang memberikan kesan alami tersendiri.

Secara keseluruhan ukuran dari bangunan ini memang cukup panjang Karena menyesuaikan bentuk asli Rumah Betang yang panjangnya bisa mencapai hingga 150 M.

Patung Ornamen Dayak Yang mempunyai Makna
Patung Ornamen Dayak Yang Mempunyai Makna (ronny christianto)
Ruangan Teras Rumah Betang Kobus
Ruangan Teras Rumah Betang Kobus (Retno putri)

Lantai Satu

Lantai Dasar Panggung Rumah Betang Kobus
Lantai Dasar Panggung  (dani eltanto)
Dilantai satu biasa dipergunakan sebagai pertemuan, keramaian yang bisa menampung banyak oang. Juga sebagai latihan sanggar sanggar yang ada di Kota Sintang.

Spot Foto Rumah Betang Kobus

Selain sebagai wisata oleh oleh/cendramata sauvenir, tempat ini juga bisa dijadikan sebagai spot foto yang unik. Dengan bangunan yang khas semua dari kayu, dan dibentuk semi tradisional-modern membuat lokasi ini sangat recomended untuk lokasi foto prewed.

Fasilitas di Rumah Betang Kobus

Mushalla

Terdapat mushalla di tempat ini yang bisa dipergunakan untuk keperluan Sembahyang.

MCK

Untuk toilet anda tidak perlu bingung, Rumah Betang Kobus telah menyediakan untuk para pengunjung yang akan berlama lama di Rumah Betang Kobus

Parkir

Untuk parkir sendiri cukup luas, baik motor maupun mobil bisa masuk ke area parkir yang telah disediakan.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url