Keindahan Bukit Begentar, Sukadana, Kayong Utara, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Bukit Begentar atau Bukit Begenta adalah perbukitan yang ditumbuhi padang dengan view perbukitan dan pantai pasir mayang. Berada di Kecamatan Sukadana, Lokasi ini biasa dikunjungi oleh masyarakat sekitar yang ingin memanjakan dengan alam sekitar serta berwisata sambil traking dengan kondisi jalan menanjak.

Tanjakan berundak dii Bukit Begetar Photo
Tanjakan berundak dii Bukit Begetar Photo

Jika anda pecinta sepeda gunung, sangat cocok traking di jalur ini. Jalanan tikus mendatar dan menanjak, kanan kiri semak semak dan padang ilalang, menjadikan hunting bersepeda semakin tidak terasa.

Bagi para pecinta jalan kaki, sangat cocok untuk mencoba jalur ini yang tidak terlalu extreme. Berjalan santai sambil menikmati pemandangan dan sinar matahari tenggelam di sore hari.

Alamat Bukit Begentar

Bukit Begentar beralamatkan Kawasan Desa Sejahtera, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat 

Kodepost Bukit Begentar : 78852

No telpon Bukit Begentar : -

Google Map Bukit Begentar

Jalur transportasi menuju Bukit Begentar

Bukit Begentar tidak jauh dari Objek Wisata Pantai Pasir Mayang dan Wisata Bukit Terbis yang berjarak hanya sekitar 2.8 Km atau 10 menit berkendara.

Sedangkan dari Pusat Kota Sukadana atau Tugu Durian menuju Bukit Begentar hanya berjarak sekitar 9.8 Km atau 30 menit berkendara.

Untuk menuju kesana hanya bisa dilalui dengan kendaraan roda dua dan sepeda saja, karena kondisi jalan masih jalan tikus.

Apa yang menarik di Bukit Begentar

Pemandangan Perbukitan

Pemandangan Alam Ilalang dan perbukitan dii Bukit Begetar Photo
Pemandangan Alam Ilalang dan perbukitan dii Bukit Begetar Photo
Tidak diragukan lagi, Bukit Begentar memiliki potensi wisata yang bisa dijadikan destinasi wisata yang menarik, khususnya di Kecamatan Sukadana. Dengan pemandangan perbukitan dan pantai, menjadikan lokasi ini cukup unik.

Kelebihan lainnya, Bukit Begentar memiliki jalur trek yang mudah dilewati. Para pecinta sepeda gunungpun sering mencoba jalur ini untuk menantang adrenalin mereka dengan jalan setapak menanjak.

Pemandangan Pantai

Pemandangan Alam dan Pantai Bukit Begetar Photo
Pemandangan Alam dan Pantai Bukit Begetar Photo
Dari puncak Bukit Begentar terlihat hamparan pantai pasir mayang yang terlihat indah, sambil duduk duduk menikmati sejuknya angin pegunungan.

Biasanya para pengunjung datang kesini pada waktu sore atau pagi hari untuk menghindari teriknya sinar matahari.

Selain itu sore hari adalah waktu yang tepat dan suasana angin pegunungan begitu terasa dan menyegarkan.

Tanjakan Berundak undak

Tanjakan berundak dii Bukit Begetar Photo
Tanjakan berundak dii Bukit Begetar Photo
Di area menuju puncak Bukit Begentar, Masyarakat sekitar telah membangun tangga tangga tanah dengan lebar 1 meter untuk memudahkan para pengunjung berjalan melintasi jalan menuju puncak Bukit Begentar.

Wisata ini sangat cocok untuk anda yang ingin berwisata sambil berolahraga, menguruskan badan, menguatkan kaki dan nafas, sehingga wisata Bukit Begentar adalah termasuk wisata hati/jiwa dan wisata fisik.

Wisata Hati, Keindahan bukit menyejukan jiwa dari hiruk pikuk perkotaan yang bising dan polusi, Sedangkan wisata fisik, jalur trek menanjak dan berjalan kaki, menjadikan keringat keluar semua, nafas tidak beraturan, badan pun semakin kuat.

Spot Foto

Spot Foto  di Bukit Begetar Photo
Spot Foto  di Bukit Begetar Photo
Bukit Begentar dengan keindahan padang ilalang yang menguning, dengan background pemandangan perbukitan dan patai sangat tepat dijadikan lokasi hunting para fotografer untuk mengabadikan momen disini.

Yang pastinya untuk video clip seperti pembuatan album, Film dan prewedding, sangat cocok di Bukit Begentar.

Camping

Lokasi ini sangat cocok untuk ada yang suka dengn alam terbuka. Berwisata sambil berkemah, camping dimalam hari dengan pemandangan alam terbuka, padang ilalang, camping anda semakin bermakna.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Bukit Begentar

Berapa tiket masuk ke Bukit Begentar?

Bukit Begentar belum ada tarif masuknya, namun jika hari hari tertentu pas ketika liburan tiba dan banyak pengunjungnya biasaya di tarik retriibusi masuk Rp. 5 -10Rb

Apakah ada fasilitas MCK di Bukit Begentar?

Bukit Begentar belum tersedia MCK, namun tidak menutup kemungkinan kedepan akan dibangun MCK.

Apakah ada tempat berlidung ketika hujan tiba di Bukit Begentar?

Bukit Begentar memiliki gzebo yang dibangun masyarakat setempat, dengan atap terbuat dari alang alang, menambah keindahan dengan tema suasana alami.

Apakah membawa Sepeda gunung bisa sampai ke Bukit Begentar?

Ya, jalur menuju Bukit Begentar lumayan enak dilalui. dengan jalan tikus tanah yang raya menanjak memudahkan anda sampai ke puncak dengan menggunakan sepeda kesayangan anda. Namun sesekali harus diangkat sepednya yuaah...

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Keindahan Bukit Begentar, Sukadana, Kayong Utara, Kalimantan Barat"