Review Taman Alun-Alun Kapuas Park Pontianak, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Taman Alun-Alun Kapuas adalah adalah area terbuka hijau di Kota Pontianak yang berada di pinggiran persimpangan pertemuan tiga sungai yaitu Sungai Landak, Sungai Kapuas Besar dan Sungai Kapuas Kecil serta berdampingan dengan Kawasan Waterfront Pontianak.

Taman Alun-Alun Kapuas Park Pontianak, Kalimantan Barat
Taman Alun-Alun Kapuas Park Pontianak, Kalimantan Barat

Taman Alun-Alun Kapuas memiliki taman yang cukup luas, wajar di hari hari tertentu biasanya mengadakan konser akbar di area ini yag dikelilingi jalanan trotoar yang tertata rapi dengan kanan dan kiri ditumbuhi pepohonan yang rindang, serta beberapa permanian seperti mobil remot, sepeda listrik, tama bermain akan dan lain lain.

Alamat Taman Alun-Alun Kapuas

Taman Alun-Alun Kapuas beralamatkan di Jl. Rahadi Usman, Tengah, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Kodepost Taman Alun-Alun Kapuas :  78243

No telpon Taman Alun-Alun Kapuas : -

Google Map Taman Alun-Alun Kapuas

Jalur Transportasi menuju Taman Alun-Alun Kapuas

Geser gambar untuk melihat seluruh simpang masuk ke Taman Alun-Alun Kapuas

Taman Alun-Alun Kapuas tidak jauh dari Taman Tugu Pancasil dan dihimpit dengan Pelabuhan Dwikora dan Kawasan Waterfront Pontianak.

Masyarakat dari Kabupaten Sanggau, Sekadau, Sintang dan Malaysia dari Pintu PLBN Entikong   Dari Tugu Ali Anyang menuju Taman Alun-Alun Kapuas sekitar sekitar 11 Km atau sekitar 24 menit berkendara (Tanpa Terjebak Macet) lurus menuju jembatan ambawang kemudian menuju Jalan Perintis kemerdekaan, jembatan kapuas 1 dan Jalan Rahadi Usman.

Sedangkan Para turis yang datang dari luar melalui pintu masuk Bandara Internasional Supadio atau Taman Dirgantara Lanud Supadio Kubu Raya menuju Taman Alun-Alun Kapuas berjarak sekitar 19.1 Km atau sekitar 32 menit berkendara melalui jalan arteri supadio, jl. Jend. Ahmad Yani menuju  Bundaran Tugu Digulis lurus menuju simpang jalan teuku umar belok kanan menuju Jl. Tanjung Pura dan Jalan Rahadi Usman . Anda bisa memilih jalur terdekat dan nyaman, karena Kota Pontianak juga terkenal dengan banyak jalan alternatif.

Apa yang menarik di Taman Alun-Alun Kapuas

1. Replika Tugu Khatulistiwa

Geser gambar untuk melihat disekeliling Replika Tugu Khatulistiwa di Taman Alun-Alun Kapuas

Di bibir sungai di Taman Alun-Alun Kapuas dibangun Tugu Khatulistiwa mini yang melambangkan icon Kota Pontianak. Disamping itu terdapat air mancur yang menambah semakin indah dan hidup suasana di replika tugu Khatulistiwa.

Sekitar area tugu diberi jalan trotoar yang memudahkan para pejalan kaki untuk menukmati pemandangan serta berswa foto di area tersebut.

2. Rumah Kaca

Geser gambar untuk melihat disekeliling Rumah Kaca di Taman Alun-Alun Kapuas
Rumah Kaca di Taman Alun-Alun Kapuas dengan konsep pondok yang transparan yang sekelilingnya ditutupi dengan kaca dan tralis besi.

Area ini cukup sejuk karena sekeliling Rumah Kaca dikelilingi pepohonan yang rindang. Rumah Kaca atau disebut rumah baca didalamnya terdapat berderet lemari buku yang menyimpan berbagai buku-buku yang difasilitasi oleh Dinas Perpustakaan Kota Pontianak.

Pengunjung bisa bersantai, duduk duduk di lantai matras yang ada mejanya untuk membaca buku. Suasana sejuk dan nyaman akan membawa fikiran tenang, apa saja yang anda baca akan langsung masuk ke fikiran. Sangat cocok area ini untuk pelajar dan Mahasiswa yang menyukai ketenangan dalam belajar dan mengerjakan tugas belajar.
Dalam Ruangan Rumah Kaca di Taman Alun-Alun Kapuas Foto
Dalam Ruangan Rumah Kaca di Taman Alun-Alun Kapuas Foto (abah azhfiya)

3. Wisata Susur Sungai

Geser gambar untuk melihat seluruh pinggir sungai di Kapal Bandong Taman Alun-Alun Kapuas
Wisata Susur Sungai di Taman Alun-Alun Kapuas merupakan salah satu wisata favorit para pengunjung yang ingin menikmati suasana sungai dan pemandangan disekitar sungai.

Untuk menikmati Wisata Susur Sungai, anda harus merogok kocek sekitar Rp. 15.000/orang untuk naik ke Kapal bandong yang merupakan Kapal Khas Tradisional Kalimantan Barat.
Kapal Bandong Malam Hari di Taman Alun-Alun Kapuas
Kapal Bandong Malam Hari di Taman Alun-Alun Kapuas Foto (Rian Teknika)

4. Tugu STQ Nasioal XXV

STQ Nasional XXV, Kalimantan Barat Foto
STQ Nasional XXV, Kalimantan Barat Foto (Francisca Octavia)
Taman Alun-Alun Kapuas pernah menjadi salah satu tempat event Nasional yaitu Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) dan dibangun Tugu STQ sebagai jejak pernah menjadi tuan rumah di Kawasan yang terbuka hijau ini.

Tugu STQ juga menjadi target incaran para pengunjung yang ingin berfoto ria dipinggiran Taman Alun-Alun Kapuas.

5. Kawasan Taman

Geser gambar untuk melihat disekeliling kawasan aman di Taman Alun-Alun Kapuas

Taman Alun-Alun Kapuas telah melakukan beberapa kali perbaikan mulai dari tahun 1999, 2011, 2012 dengan menambah luas area yang tadinya luasnya 1.5 Ha sekarang menjadi 3 Ha.

Kemudian penambahan Tugu STQ di tahun 2019 dan pastinya akan menambah lagi fasilitas lainnya kedepan.

Area Kawasan Taman Alun-Alun Kapuas sengaja dikhususkan untuk para pejalan kaki yang ingin nyaman berjalan sambil menghirup udara segar ditengah hiruk pikuk Kota Pntianak yang banyak kendaraannya.

Sekitar taman ditanami berbagai bunga-bunga indah, jalanan trotoar yng meliuk likuk di cat warna warni dan rapi sangat digemari masyarakat yang berkunjung kesini.

6. Tempat Bermain Anak

Tempat Bermain Anak di Taman Alun-Alun Kapuas Foto
Tempat Bermain Anak di Taman Alun-Alun Kapuas Foto (val naldo)

Di Taman Alin Alun Kapuas terdapat area permainan anak untuk bermain seperti prosotan, Sepeda Listrik, Mobil remote dan pilihan lainnya.

7. Jembatan Alun Kapuas - Water Front

Jembatan Alun Kapuas - Water Front Foto
Jembatan Alun Kapuas - Water Front Foto (Jeki Suryadi)

Jembatan Alun Kapuas - Water Front adalah jembatan penghubung antara Taman Alun Alun dan Waterfront. Jembatan ini sering dijadikan spot foto oleh para pejalan kaki yang menuju ke waterfront yang berada disebelahnya.

Bentuk jembatan yang menyerupai lorong ini cukup unik dihiasi dengan ukiran ukiran khas Pontianak diatas lorongnya.

8. Olahraga

Taman Alun-Alun Kapuas di sore hari juga biasa dipergunakan masyarakat perkotaan untuk melakukan olahraga joging mengelilingi taman atau bisa berlari tembusnya ke Waterfront disebelahnya dengan panjang trek sekitar 2 -3 Km, cukup berkeringat untuk menghabiskan olahraga di sore hari.

Di titik titik tertentu dibangun beberapa jenis peralatan untuk Gym. Alat Gym ini untuk umum, anda bisa memakainya kapan saja, jika pengunjung ramai yang pastinya antri.

9. Parkir

Geser gambar untuk melihat disekeliling parkir di Taman Alun-Alun Kapuas

Taman Alun-Alun Kapuas memiliki area parkir yang luas, baik untuk kendaraan roda empat apalagi kendaraan roda dua.

Pengunjung bisa memarkirkan kendaraaya didalam area taman dan langsug bisa berjalan kaki menikmati keindahan Taman dan sekitarnya.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Taman Alun-Alun Kapuas

Berapa tarif masuk ke Taman Alun-Alun Kapuas?

Di  Taman Alun-Alun Kapuas tidak ada tiket masuk karena area publik, anda hanya dibebankan tiket parkir Rp. 2000 saja.

Bagaimana cara naik kapal pesiarnya untuk sekalian makan malam? Apakah harus booking dulu atau langsung saja naik di Kapal Bandong? Karena mau ke Taman Alun-Alun Kapuas bersama rekan kantor dan atasan.

Kalau untuk anda yang kapasitas banyak orang sebaiknya booking dulu 1 hari sebelumnya. Namun jika hanya sedikit orang bisa langsung naik Kapal Bandong di Taman Alun-Alun Kapuas

Dan Kelebihannya jika bisa booking 1 kapal rutenya bisa bebas, Anda yang menentukan.

Untuk pemilihan kapal bandong juga berbagai jenis dan beda fasilitas,  kapal terbaik di dalam kapalnya ada showcase lemari es cocacola.dll.

Kapal wisata bandong beroperasi dari jam berapa di Taman Alun-Alun Kapuas?

Belum ada jam pasti keberangkatan Kapal Bandong di Taman Alun-Alun Kapuas, cuman kapal bandong bisa berlayar ketika penumpang penuh, jika belum penuh anda harus menunggu penumpang lainnya, jadi waktu sore -malam adalah waktu terbanyak pengunjung jadi anda tidak terlalu lama menunggu.

Jam berapa Taman Alun-Alun Kapuas buka dan tutup?

Taman Alun-Alun Kapuas buka pukul 06.00 WIB dan tutup pukul 21.00 WIB.

Apakah ada MCK di Taman Alun-Alun Kapuas?

Ya, terdapat MCK dan Mushalla Taman Alun-Alun Kapuas

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Taman Alun-Alun Kapuas Park Pontianak, Kalimantan Barat"