Review Air Terjun Terinting, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Air Terjun Rambo Terinting atau disebut Air Terjun Terinting atau riam terinting adalah air terjun yang sangat indah dengan dua undakan air terjun yang membuatnya menjadi tipe multi-step. 

Air Terjun Terinting memiliki ketinggiannya lebih dari 50 meter, yang terpotong oleh sebuah patahan besar yang membentuk tebing terjal di dataran yang tinggi sekitar 400 s/d 500 meter di atas permukaan laut.

Air Terjun Terinting Landak
Air Terjun Terinting Landak Foto (willy tet)

Maha Karya Sang Pecipta terlihat dari Keindahan Air Terjun Terinting pada ketinggiannya dan airnya yang menghantam tebing, menciptakan percikan air yang segar, embun, suara menggelegar. Selain itu, lokasinya yang berada di tengah hutan menjadikan pemandangan di sekitarnya sangat alami dan indah.

Air Terjun Terinting sebagai alternatif untuk para pecinta wisata petualangan dengan trak perbukitan dan hutan alami.

Alamat  Air Terjun Terinting

Air Terjun Terinting beralamatkan di Desa Sempatung Lawek, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

Kodepost Air Terjun Terinting : 79365

Nomor Telpon Air Terjun Terinting:-

Google Map Air Terjun Terinting

Jalur Transportasi menuju Air Terjun Terinting

Untuk menuju ke Air Terjun Terinting, Para wisatawan pastikan memiliki stamina yang prima dan membawa perbekalan yang cukup. 

Air Terjun Terinting jauh dari Desa sehingga memaksa anda untuk berkemah di sana dan membutuhkan waktu setidaknya 6 jam perjalanan dengan mendaki, menuruni lembah, dan menyeberangi sungai dalam hutan. Jangan lupa untuk membawa peralatan berkemah ya!

Jalur yang dilalui bisa melewati Desa Jambu Tembawang atau Desa Engkangin melewati hutan belantara.  

Tracking dari Desa Engkangin

Dari Pusat Kota Kabupaten Landak atau Tugu Geram menuju Desa Engkangin sekitar 60 Km atau sekitar 1 jam 30 menit.

Dari Pontianak atau Bandara Internasional Supadio menuju Desa Engkangin sekitar 247 Km atau sekitar 5 - 6 jam perjalanan.

Sedangkan Saudara dari Malaysia bisa melalui Kabupaten Sanggau atau PLBN Entikong menuju Desa Engkangin melewati Simpang Desa Muara Ilai , Kecamatan Beduai Jalan Lintas Kalimantan poros utara atau jalur ke Riam Dait dengan jarak sekitar 94.5 Km atau sekitar 3 -4 jam perjalanan.

Setelah sampai di Desa Engkangin, anda harus beranya dan membawa tourguide warga setempat. Lokasi dihutan, tidak disarankan menggunakan google map.

Dari Desa Engkangin berjalan kaki naik turun bukit dengan lama perjalanan 5 - 6 jam sudah termasuk istirahat cukup.

Apa yang menarik di Air Terjun Terinting

Di Air Terjun Terinting , anda akan menikmati keindahan air terjun yang tingginya mencapai 50 meter dan panorama perbukitan yang begitu sempurna di ketinggian 500 an mdpl. menikmati petualanganmu ke Air Terjun Terinting dengan berjalan kaki membelah hutan belantara sebagai pengalaman yang tak terlupakan.

1. Air Terjun

Air Terjun Terinting
Air Terjun Terinting
Wilayah Serimbu memang terkenal dengan wisata alam air terjun. Di Kawasan ini terdapat banyak sekali spot air terjun yang dapat kita kunjungi.

Untuk mendaki ketinggian sekitar 500 mdpl di Air Terjun Terinting, diusahakan ketika cuaca cerah, karena jika cuaca hujan, jalur akan sangat berbahaya karena licin, jalanan setapak, bebatuan, jurang, dan lain lain.

Ketika sampai, lelah,capek, akan hilang seketika ketika mendengar gemuruh suara Air Terjun Terinting yang menggelegar, aliran air menghantam tebing batu tanpa henti. Terpancar udara dingin diakibatkan angin pepohonan serta embun air terjun yang ditimbulkan serta panorama Negeri diatas Awan.

2. Negeri di Atas Awan

Air Terjun Terinting
Air Terjun Terinting Foto (Ai Direction)

Air Terjun Terinting berada diketinggian 500 mdpl. Terlihat dari lokasi air terjun, awan terbentang luas menyelimuti permukaan hutan.

Panorama ini membuat suasana semakin indah seolah olah Air Terjun Terinting berada di langit, seperti di Negeri Awan.

Hal ini yang membuat Air Terjun Terinting sangat istimewa dari air terjun lainnya. Wisatawan dan para petualang bisa berkemah di lokasi tebing diatas bebatuan yang cukup rata sambil mempersiapkan tenaga untuk pulang.

3. Camping

Area Camping di Air Terjun Terinting
Area Camping di Air Terjun Terinting Foto (Benjamin Mitshu)
Suatu kewajiban jika menuju ke Air Terjun Terinting harus menginap di hutan belantara. Jalur jauh, melelahkan, sangat tidak mungkin untuk pulang pergi perjalanan.

Pecinta Alam akan sangat menantikan hal ini, berbaur dengan alam, merasakan harminisasi alam ketika siang dan malam, sehingga akan lebih cinta dan menjaga alam, terutama Alam Borneo ini.

4. Penelitian

Air Terjun Terinting dikelilingi hutan yang masih asli dan pepohonan yang rindang dengan usia pohon bekisar ratusan tahun.

Area ini bisa dijadikan loksi penelitian berbagai hewan dan tumbuhn yang hidup di alam bebas dikawasan Air Terjun Terinting.

5. Pendakian

Bagi para pemula yang ingin menggeluti wisata pendakian, Air Terjun Terinting bisa menjadi pilihan tepat.

Lokasi yang hanya memiliki ketinggian sekitar 500 mdpl ini bisa dijadikan traking yang akan menguji fisik anda, seberapa daya tahan anda dengan medan yang ditawarkan Air Terjun Terinting.

6. Sunset

Sunset di Air Terjun Terinting
Sunset di Air Terjun Terinting Foto (Ya Kasiman)
Sunset di pagi hari adalah hal yang ditunggu tunggu para petualang wisata yang berkunjung ke Air Terjun Terinting. Anda akan menikmati panorama matahari yang serah dan terlihat jelas.

Walau Matahari telah tinggi, Namun masih terlihat jelas Negeri diatas awan yang menyelimuti perbukitan dikawasan Air Terjun Terinting.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Air Terjun Terinting

Berapa tarif masuk ke Air Terjun Terinting?

Air Terjun Terinting belum di kelola jadi masih gratis, namun ada aturan tidak tertulis seperti menyewa tourguide dengan biaya tergantung kesepakatan antara Rp. 150.000 - Rp. 500.000/malam. Karena ini sangat penting dari pada tersesat dihutan akan lebih fatal.

Apakah ada MCK di Air Terjun Terinting?

Belum tersedia MCK di Air Terjun Terinting

Bagaimana jalur akses ke Air Terjun Terinting?

Untuk jalur akses aspal, dan jalan tanah. Memasuki jalur pendakian Desa Engkangin dengan kondisi jalan setapak, semak belukar ke Air Terjun Terinting. Jika anda membawa mobil diusahakan berjenis strada/hilux.

Perbekalan apa saja yang dibawa ke Air Terjun Terinting?

Berikut beberapa perbekalan wajib ke Air Terjun Terinting:

  • Pakailah sepatu ket atau sepatu bot
  • Pastikan membawa tenda untuk camping
  • Membawa jaket karena di ketinggian 500 mdpl terasa dingin
  • Membawa mantel untuk melindungi badan dan barang berharga anda dari hujan secara tiba tiba
  • Kopi, teh, makanan ringan seperti Indomie, Pop mie.

Bagaimana adab berada di Air Terjun Terinting?

Air Terjun Terinting merupakan kawasan hutan yang jarang dikunjungi orang, Selalu berperilaku baik, alangkah baiknya menemui tetu adat setempat untuk memohon izin, sekaligus membawa tourguide warga setempat agar perjalanan aman.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Air Terjun Terinting, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat"