Review Air Terjun Bananggar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Air Terjun Bananggar atau Air terjun Melanggar atau Mananggar adalah sebuah tempat wisata alam yang menakjubkan yang terbentuk dari patahan sungai landak yang indah. 

Air terjun Melanggar memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan lebar sekitar 62 meter dengan pemandangan alamnya begitu memukau dan menakjubkan dengan kolam alami yang lebar untuk berendam dan berenang. 

Air Terjun Bananggar, Kabupaten Landak
Air Terjun Bananggar, Kabupaten Landak Foto (GePiLandak)

Pesona keidahan Air Terjun Bananggar akan membuat para wisatawan terpesona dengan keindahan bentangan alam dan hutan yang ditawarkan di sini. Jadi, Air Terjun Bananggar bisa menjadi pilihan planning anda menghabiskan berwisata petualang untuk mencari tempat yang menenangkan dan indah untuk dikunjungi, air terjun Melanggar adalah pilihan yang direkomendasikan.

Alamat Air Terjun Bananggar

Air Terjun Bananggar beralamatkan di  Dusun Perbuak, Desa Merayuh, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.
Kodepost Air Terjun Bananggar: 79365
Nomor Telpon Air Terjun Bananggar: -

Google Map Air Terjun Bananggar

Jalur Transportasi menuju Air Terjun Bananggar

Air Terjun Bananggar berada di hutan atau sekitar 2 Km dari Pemukiman Dusun Perbuak dengan jalur jalan tanah kuning. Jika menggunakan motor trel akan bisa langsung sampai ke lokasi wisata.

Air Terjun Bananggar Jaraknya sekitar 260 kilometer atau sekitar 5 - 6 Jam dari Bandara Internasional Supadio ke arah timur laut Pontianak, Ibu kota provinsi Kalimantan Barat.

Dari Pusat Kota Kabupaten Landak atau Tugu Geram menuju Air Terjun Bananggar Dusun Perbuak, Desa Merayuh sekitar 65.9 Km atau sekitar 1 jam 47 menit.

Sedangkan Saudara dari Malaysia bisa melalui Kabupaten Sanggau atau PLBN Entikong  melewati Simpang Desa Muara Ilai , Kecamatan Beduai Jalan Lintas Kalimantan poros utara atau jalur ke Riam Dait  lurus melewati perempatan jalan serimbu-ngabang belok kanan arah PT. APO Sampoerna Agro lurus menuju Dusun Perbuak dengan jarak sekitar 100 Km atau sekitar 3 - 4 jam perjalanan.

Apa yang menarik di Air Terjun Bananggar

1. Air Terjun

Air Terjun Bananggar
Air Terjun Bananggar Foto (Abdul Rauf Bimantara)

Dengan ketinggian sekitar 60 meter dan lebar 62 meter, terbentuk dari patahan sungai landak yang memukau. Siapa saja yang melihatny akan jatuh hati dengan pesona air terjun yang mengagumkan.

Keunikan dari Air Terjun Bananggar ialah memiliki rongga menyerupai goa dan bukit mini didalam gola pada liran air terjun, yang sangat indah ketika anda berada didalamnya.

Suasana dingin, gemuruh air tak henti henti, serta angin yang datang dari bebatuan dan berbaur dengan embun air terjun, terasa ingin betah berlama lama di dalam goa Air Terjun Bananggar.

Air Terjun Bananggar
Air Terjun Bananggar Foto (leaf blade)

2. Mancing Mania

Air Terjun Bananggar ketika surut
Air Terjun Bananggar ketika surut Foto (NINJA 888)

Air Terjun Bananggar yang merupakan aliran sungai Landak, memiliki kolam lami yang luas membaur ke sungai yang dihuni berbagai macam ikan didalamnya.

Pengunjung bisa membawa pancing andalan anda untuk mencoba strike tepat dihadapan Air Terjun Bananggar. Mancing di pemandangan indah akan terasa berbeda jika dibandingkan dengan mancing di tempat biasa.

3. Healing

Air Terjun Bananggar
Air Terjun Bananggar Foto (Henry Armstrong)
Air Terjun Bananggar sangat cocok untuk anda yang ingin healing dari pada kesibukan bekerja baik di perkotaan atau pekerjaan yang menumpuk lainnya.

Suasana alam yang sejuk akan membuat fikiran jadi refress kembali seperti sedia kala, sehingga akan meningkatkan semangat bekerja kembali sambil membawa hammock  untuk berbaring, dan duduk santai memandang pemandangan indah Air Terjun Bananggar.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Air Terjun Bananggar

Berapa tarif masuk ke Air Terjun Bananggar?

Untuk sementara menuju Air Terjun Bananggar belum ada biaya tiket masuk.

Apakah ada MCK di Air Terjun Bananggar?

Belum tersedia MCK di Air Terjun Bananggar

Apakah ada kantin di Air Terjun Bananggar?

Untuk kantin makanan ringan di Air Terjun Bananggar belum tersedia.

Persiapan apa saja menuju Air Terjun Bananggar?

Jika anda baru dan belum pernah ke Air Terjun Bananggar, ini adalah beberapa persiapan yang harus anda bawa diantaranya:

  • Sepatu ket/sepatu boat agar gerakan enak saat berada di jalan berlumpur ketika hujan.
  • Wajib membawa mantel
  • Wajib membawa makanan dan minuman ringan, seperti air mineral, pop mie, cemilan seperti roti dan sebagainya, karena di area Air Terjun Bananggar belum ada Kantin.
  • Membawa hammock untuk duduk santai
  • Membawa alat mancing
  • Kendaraan direkomendasikan tipe roda dua jenis motor trel yang tinggi, karena medan tanah dan bergelombang.
  • wajib bertanya masyarakat setempat jika tidak tahu dan tidak direkomendasikan menggunakan google map

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Air Terjun Bananggar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat"