Review Air Terjun Bedawat, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Air Terjun Bedawat ,atau bisa disebut Air Terjun Bedawan adalah wisata air terjun yang berdekatan dengan Air Terjun Terinting namun lebih dekat dengan Air Terjun Unga yang memerlukan perjalanan yang memakan waktu berjam-jam untuk mencapai lokasinya.

 Air Terjun Bedawat juga sebagai salah stu wisata petualangan di alam Borneo akan selalu memberikan kesan yang mendalam dan dapat diceritakan kepada generasi mendatang tentang pengalaman berpetualang di alam liar Borneo. 

Air Terjun Bedawat
Air Terjun Bedawat Foto (Didit Aja)

Perjalanan menuju Air Terjun Bedawat ini membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 3 - 4 jam bahkan lebih tergantung dari fisik anda, lama istirahat diperjalanan dan faktor lainnya.

Keindahan Air Terjun Bedawan/Berawat terletak pada ketinggian air terjun serta undakan yang dimilikinya, belum lagi aliran air yang deras. 

Selain itu, lokasinya yang berada di tengah hutan memberikan view pemandangan yang sangat alami, mengingat sekitarnya merupakan hutan hujan Kalimantan yang masih terjaga keasliannya. Meskipun terletak di Desa Sempatung Lawek, akses menuju air terjun ini lebih mudah dari Desa Dango Aji. Lokasi Air Terjun Bedawan juga tidak terlalu jauh dari Air Terjun Unga.

Alamat Air Terjun Bedawat

Air Terjun Bedawat beralamatkan di Sempatung Lawek, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

Kodepost Air Terjun Bedawat : 79365

Nomor Telepon Air Terjun Bedawat: -

Google Map Air Terjun Bedawat

Jalur Transportasi menuju Air Terjun Bedawat

Melalui Desa Dango Aji

Walau letaknya di Desa Sempatung Lawek namun, jalur menuju ke wisata lebih mudah melalui Desa Dange Aji tepatnya di dusun Dange Pijang. Perjalanan menuju Air Terjun Bedawat dengan berjalan kaki melalui Jembatan Gantung, perbukitan, melewati lembah, jurang dan melintasi sungai yang deras, wajar jika jalur treknya lumayan extreme.

Jalur Pendakian ke Air Terjun Bedawat
Jalur Pendakian ke Air Terjun Bedawat Foto (Okta viany)

Untuk sampai di Air Terjun Bedawat, anda memerlukan waktu jalan kaki sekitar 3 atau 4 jam an dari Desa Dange Aji.

Disinilah, Para wisatawan harus membawa pemandu untuk mengunjungi tempat wisata ini, dan tidak diperkenankan menggunakan google map, jalur hutan, jalan tikus, harus membawa tourguide penduduk setempat.

Disampin itu, setiap hutan belantara yang kita masuki, biasanya ada adat istiadat yang tidak boleh dilanggar, sebagai contoh saja jika anda pergi ke Air Terjun Bedawat maka dilarang membunuh lintah yang menempel atau menggigit kaki dan tangan anda, cukup lepaskan saja.

Hal ini karena area Air Terjun Bedawat masih asli hutanya dan menurut masyarakat disana masih mistis. itu adalah salah satu contohnya belum yang lainnya.

Air Terjun Bananggar berada di hutan atau sekitar 2 Km dari Pemukiman Dusun Perbuak dengan jalur jalan tanah kuning. Jika menggunakan motor trel akan bisa langsung sampai ke lokasi wisata.

Air Terjun Bedawat Jaraknya sekitar 258 kilometer atau sekitar 5 - 6 Jam dari Bandara Internasional Supadio ke arah timur laut Pontianak menuju simpang sosok (Sanggau) - Ngabang- Desa Dange Aji.

Dari Pusat Kota Kabupaten Landak atau Tugu Geram menuju Air Terjun Bedawat sekitar 79 Km atau sekitar 2 jam 30 menit.

Sedangkan Saudara dari Malaysia bisa melalui Kabupaten Sanggau atau PLBN Entikong  melewati Simpang Desa Muara Ilai , Kecamatan Beduai Jalan Lintas Kalimantan poros utara atau jalur ke Riam Dait  sekitar 106 Km atau sekitar 3 - 4 jam perjalanan dengan kondisi jalan tanah. Namun anda bisa melalui jalur mutar menuju simpang sosok - ngabang yang lebih jauh namun lebih mudah dilewati.

Apa yan menarik di Air Terjun Bedawat

Air Terjun

Geser gambar untuk melihat sekeliling Air Terjun Bedawat
Air Terjun Bedawat merupakan sebuah objek wisata alam yang memiliki karakteristik sebagai air terjun bertingkat dengan banyak undakan air yang belum diketahui ketinggiannya secara keseluruhan. Namun diperkirakan memiliki ketinggian lebih dari 50 meter dengan aliran air yang sangat deras.

Air Terjun Bedawat terletak di aliran Sungai Bedawan, salah satu anak Sungai Jambu, pada ketinggian dataran sekitar 200-400 meter di atas permukaan air laut. 

Bentuk Air Terjun Bedawat yang berundak undak menyerupai candi raksasa dan dialiri air yang sangat deras, unik dan menakjubkan.

 Sekeliling Air Terjun Bedawat terdapat pepohonan berusia ratusan tahun ditandai dengan akar akar yang menembus bebatuan yang keras. Fenomena ini sangat menakjubkan disamping sebagai wisata alam juga sangat cocok untuk pemotretan bertema alam.

Air Terjun Bedawat
Air Terjun Bedawat Foto (pak pedd)
Siapapun yang bisa sampai ke Air Terjun Bedawat akan terpesona dan jatuh hati. Rasa capek, dan lelah hilang seketika, dan ingin berlama lama memandang kebesaran Air Terjun Bedawat yang menjulang tinggi, indah berundak.

Suara bergemuruh air memekikkan telinga, rasanya kepingin mandi, aroma kesejukan akan terasa sekali, membuat hati semakin damai dan mengerti akan ciptaan maha Pencipta yang sangat mengagumkan.

2. Camping

Camping di Air Terjun Bedawat
Camping di Air Terjun Bedawat Foto (Pejalan kecil)
Anda bisa melewati malam indah di Air Terjun Bedawat dengan catatan membawa pemandu warga sekitar yang sudah tahu seluk beluk hutan.

Keberadaan pemandu di Air Terjun Bedawat sangat penting, untuk sewa tourguide tergantung kesepakatan, mulai dari Rp. 150.000/ hari.

Untuk lokasi camping bisa berada di pinggir area aliran sungai dekat Air Terjun Bedawat yang datar, 

3. Wisata Pendakian dan Petualangan

Jalur jalan kaki ke Air Terjun Bedawat
Jalur jalan kaki ke Air Terjun Bedawat Foto (Vivo Landak)
Air Terjun Bedawat sangat cocok untuk para pemula yang ingin menekuni wisata pendakian dan petualangan. Lokasi dengan jalur naik turun bukit, akan mengasah fisik dan mental anda untuk kuat menhadapi rintangan apapun, belum lagi jurang jurang, bebatuan lici yang harus anda seberangi.

Sesekali anda harus merangkak naik, kaki ,tangan bekerja semua, sehingga diperlukan fisik kuat jik anda menunjungi Air Terjun Bedawat di hutan.

4. Wisata Penelitian

Tidak salah lagi jika Air Terjun Bedawat sebagai salah satu lokasi area penelitian. Berbagai tumbuhan langka, pohonan ratusan tahun, binatang langka ada disini.

Hutan yang sangat luas, yang dibelah oleh alirn sungai Bedawat, menjadiakn area ini recomended untuk lokasi penelitian berbagai flora dan fauna.

5. Spot Mancing

Air Terjun Bedawat yang memiliki aliran sungai yang panjang sebagai area yang sangat cocok untuk melakukan kegiatan mancing. Selain menikmati keidahan air terjunnya, Pengunjung bisa membawa pancing untuk mencoba strike di area sungai sepanjang Air Terjun Bedawat.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Air Terjun Bedawat

Berapa tarif masuk ke Air Terjun Bedawat?

Air Terjun Bedawat belum dikelola dan masih alami, jadi masuknya gratis, namun anda hanya dikenakan biaya untuk sewa tourgide dengan harga sekitar Rp. 150.000 - Rp. 500.000

Apakah kendaraan roda dua bisa masuk ke lokasi Air Terjun Bedawat?

Untuk saat ini menuju Air Terjun Bedawat hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki dari dusun Dange Pijang, Desa Dange Aji dengan lama perjalanan 3 - 4 jam.

Apakah ada MCK di Air Terjun Bedawat?

Belum tersdia MCK di Air Terjun Bedawat

Persiapan apa saja untuk menuju ke Air Terjun Bedawat?

  • Hal yang harus dipersiapkan menuju ke Air Terjun Bedawat diantaranya:
  • Pakailan sepatu boat untuk menghindari binatang lintah yang menggigit.
  • Membawa mantel dan tenda untuk bermalam dan melindungi dari benda berharga anda dari hujan.
  • Membawa Tongkat, Namun anda bisa mencari kayu di hutan untuk tongkat sebagai fungsi keseimbangan ketika mendaki dan berjalan kaki.
  • Sewa Tourguide, untuk penunjuk arah serta sebagai penasehat anda selama di perjalanan.

Larangan apa saja ketika memasuki hutan area Air Terjun Bedawat?

Setiap air terjun yang jarang dijamah memiliki patangan pantangan tersendiri seperti di Air Terjun Bedawat diantaranya dilarang membunuh berbagai macam binatang termasuk lintah yang mengigit anda. Hutan Air Terjun Bedawat masih termasuk hutan mistik dan larangan lainnya yang bisa anda ketahui dari tourguide yang anda bawa.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Air Terjun Bedawat, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat"