Rumah Betang Ensaid Panjang Asli di Sintang, Kalimantan Barat

 

Rumah Betang Ensaid Panjang Asli di Sintang

Pancurajipost.com - Rumah Betang Ensaid Panjang adalah rumah asli dari Subsuku Dayak Desa di Ensaid Panjang yang berada di Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Pemerintah Kabupaten Sintang telah menetapkan Rumah Betang Ensaid Panjang Asli di Sintang ini sebagai cagar budaya melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  dibawah perlindungan UU Nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya.

Bentuknya yang masih asli dan sederhana membuat para pengunjung justru semakin banyak setiap tahunnya dari masyarakat lokal Indonesia maupun dari Luar Negeri.

Mereka penasaran dengan bangunan asli Subsuku Dayak pada zaman dahulu seperti apa, Cara hidupnya, Cara menenun Ikat, Cara makan zaman dahulu, dan masih banyak lagi.

Di Era Milenial ini, Rumah Betang Ensaid Panjang menjadi sesuatu yang langka dan unik, wajar setiap tahunnya Rumah Betang Ensaid Panjang dibanjiri berbagai kunjungan dari wisatawan dikawasan kaliman dan Borneo seperti Negara Sahabat Malaysia yang masih mempunyai hubungan Darah dengan Subsuku Dayak di Sintang.

Alamat Rumah Betang Ensaid Panjang 

Rumah Betang Ensaid Panjang  beralamatkan di Desa Ensaid Panjang, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat

Kodepost  Rumah Betang Ensaid Panjang :78656

No telpon Rumah Betang Ensaid Panjang : -

Sisi Kiri Rumah Betang Ensaid Panjang Asli di Sintang
Sisi Kiri Rumah Betang Ensaid Panjang Asli di Sintang(TN Channel)

Jalur Transportasi menuju Rumah Betang Ensaid Panjang 

Dari Kota Sintang, Kalimantan Barat menuju Rumah Betang Ensaid Panjang bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua dan empat melalui jalur Objek Wisata Bukit Kelam dengan jarak sekitar 35.6 Km atau 1 jam 10 Menit.

Bagi Masyarakat diluar Kalimantan, Dari Bandar Udara Internasional Kubu Raya ke  Bandar Udara Tebelian Sintang menggunakan pesawat capung sekitar 1 jam sampai di Bandar Udara Tebelian, dilanjutkan menuju Rumah Betang Ensaid Panjang berjarak 50.8 Km atau 1 jam 30 menit

Bagi Saudara kita dari Negara Malaysia menuju ke Rumah Betang Ensaid Panjang melalui pintu masuk PLBN Entikong ke Rumah Betang Ensaid Panjang berjarak sekitar 299 Km atau waktu tempuh 6 jam 40 menit.

Dari Kabupaten Kapuas Hulu menuju ke Rumah Betang Ensaid Panjang jaraknya hanya 233 Km atau waktu tempuh 5 jam 30 menit.

Google map Rumah Betang Ensaid Panjang

Peraturan Yang Harus Dipatuhi Sebelum Masuk Rumah Betang Ensaid Panjang

Sebelum membahas lebih lanjut, ada peraturan-peraturan yang penting untuk para pengunjung yang ingin memasuki Rumah Betang Ensaid Panjang. Peraturan - Peraturan itu diataranya :
  1. Dilarang berkata kotor
  2. Menjaga sopan santun
  3. Dilarang membawa rebung yang belum dikupas kulitnya
  4. Pengunjung yang baru pertama kali datang ke Rumah Betang Ensaid Panjang, harus naik pada satu tangga.
  5. Dilarang membuang sampah sembarangan
Percaya atau tidak percaya, jika melanggar ada konskuensi yang bisa menimpa anda. Sehingga patuhi larangan larangan di Rumah Betang Ensaid Panjang yang masih tergolong keramat.

Apa yang unik di Rumah Betang Ensaid Panjang ?

Sejarah dan Struktur Bangnan Rumah Betang Ensaid Panjang

Sejak 200 tahun lalu masyarakat subsuku dayak Desa Ensaid Panjang tela menempati area ini. dan sering kali rumah betang yang mereka tempati berpindah ke lain tempat. Rumah Betang Ensaid Panjang terakhir kali pindah sekitar 100 meter dari tempat asal tepatnya tahun 1981 kemudian ditempati pada tahun 1986.

Kakek nenek yang paling tua telah mengalami pemindahan selama 6 kali, dan alasan pindah karena banguan yang sudah tua, atau rapuh sehingga berpindah membangun lagi rumah betang yang masih baru dan kokoh.

Rumah Betang Ensaid Panjang
Rumah Betang Ensaid Panjang (인도네시아 친구Indonesia Chingu)

Rumah Betang Ensaid Panjang berukuran 118 meter x 17 meter, serta tinggi 12 meter serta tinggi panggung antara tanah dan lantai 2 meter.

Rumah Betang Ensaid Panjang dihuni leh sekitar 22 kepala keluarga dengan jumlah 80 orang

Bagian Depan  Rumah Betang Ensaid Panjang (RUAI)

Ruai atau sisi paling depan merupakan ruang bersama tanpa sekat yang memanjang dari ujung ke ujung betang. Fungsi ruang ini untuk rapat bersama atau menerima tamu adat. 

Bagian Serampi Depan di Rumah Betang Ensaid Panjang
Bagian Serampi Depan di Rumah Betang Ensaid Panjang (Agri Aditya)

Ruang Pribadi

Setiap keluarga menempati ruang pribadi  yang berada di bagian kedua hingga bagian keempat. Ruang antar keluarga dipisahkan dengan menggunakan papan kayu. 

Bilik Baruah

Di  bilik baruah  difungsikan sebagai ruang tamu dan ruang keluarga. Ruai dan bilik baruah disekat dengan telok, yaitu seperti selasar yang lantainya lebih rendah dibandingkan dengan lantai ruai 

Fungsi bilik baruah yaitu sebagai tempat untuk  menyimpan berbagai perkakas, seperti peralatan menenun,lesung penumbuk padi, dan lain lain. 

Bilik serambi

Untuk bilik serambi difungsian sebagai kamar tidur dan bilik tingka yang menjadi bagian ujung dengan fungsi sebagai tempat menyimpan perkakas/dapur.

Tiang Utama  Rumah Betang Ensaid Panjang

Untuk tiang utama menggunakan kayu ulin atau belian yang masih bulat. Serta memilih kayu belian yang sudah berusia ratusan tahun. 

Selain kayu belian, Masyarakat Dayak Desa memakai jenis kayu lainnya  yang digunakan sebagai bahan dasar bangunan, diantaranya kayu durian, mentangor, meranti, dan petir. 

Kayu-kayu jenis diatas dipergunakan untuk  rangka,lantai, dinding, hingga atap. Sehingga Hanya Kayu ulin yang digunakan sebagai tiang utama, yang terkenal sebagai kayu kelas satu asal Pulau Kalimantan.

Fungsi Rumah Betang Ensaid Panjang

  • Masyarakat Adat Dayak Desa Ensaid mempertahankan dan menjaga warisan nenek moyang dengan mempertahankan Rumah Betang Ensaid Panjang. 
  • Rumah betang memiliki makna semangat gotong royong dan kebersamaan. 
  • Rumah Betang Ensaid Panjang sebagai tempat perlindungan dan memberikan rasa aman pada masa perang antar suku. Dengan bersana sama di rumah betang akan mudah menghalau musuh yang datang secara tiba tiba.
  • Selesai era perang antar suku, membuat kebiasaan bergotong royong tidak bisa ditinggalkan sehingga Rumah Betang Ensaid Panjang masih lestari sampai sekarang.

Produk Kain Tenun Ikat Ensaid Panjang

Pengunjung yang berada di Rumah Betang Ensaid Panjang bisa belajar menenun yang dipandu oleh pengrajin tenun dan bisa berbelanja untuk membeli hasil dari tenun masyarakat Rumah Betang Ensaid Panjang. Untuk harga berfariasi mulai dari RP.30K - Satu jutaan.

Pekerjaan para pengrajin tenun mayoritas adalah beladang padi dan karet, sehingga untuk mencukupi kehidupan mereka sebagai penenun, mereka beladang dan menjual hasil karet mereka di ladang.

Tenum sebagai pekerjaan sampingan masyarakat Ensaid Panjang setelah berladang dan noreh karet di ladang.
Aktifitas Menenun Ikat di Rumah Betang Ensaid Panjang
Aktifitas Menenun Ikat di Rumah Betang Ensaid Panjang (Bonny suti squad)

Contoh Hasil Tenun Ikat di Rumah Betang Ensaid Panjang
Contoh Hasil Tenun Ikat di Rumah Betang Ensaid Panjang (Ajie Arief)

Pertanyaan yang sering diajukan di Rumah Betang Ensaid Panjang

Apakah di Rumah Betang Ensaid Panjang bisa menginap, dan berapa tarifnya ?
Untuk para pengunjung yang ingin menginap di Rumah Betang Ensaid Panjang, Ketua adat setempat tidak menarik iuran sewa menginap/Gratis.

Pengunjung bisa melihat aktifitas keseharian masyarakat adat yang tinggal di Rumah Betang Ensaid Panjang selama disana.

Bagaimana kondisi akses jalan menuju Rumah Betang Ensaid Panjang?
Untuk akses jalan menuju Rumah Betang Ensaid Panjang sebagian diasppal, bebatuan dan tanah kuning. Bisa dilalui dengan mobil dan motor. Seiring waktu akan ada perbaikan-perbaikan jalan menuju ke Rumah Betang Ensaid Panjang.

Apakah Rumah Betang Ensaid Panjang merupakan satu satunya yang masih tersisa, asli di Kabupaten Sintang ?
Rumah Betang Ensaid Panjang adalah salah satu rumah betang dengan ciri khas yang masih asli dari bentuknya, dibandingkan dengan rumah betang lainnya yang tersebar di pulau kalimantan.

Apakah pengunjung bisa belajar menenun di Rumah Betang Ensaid Panjang?
Pengunjung bisa belajar dan praktek menenun di Rumah Betang Ensaid Panjang. Pendidikan menenun terkenal dengan mahalnya. di Rumah Betang Ensaid Panjang anda akan diajarkan secara gratis untuk pengunjung yang telah susah payah jauh jauh ke Rumah Betang Ensaid Panjang.
Patak di Rumah Betang Ensaid Panjang
Patak di Depan Halaman Rumah Betang Ensaid Panjang(인도네시아 친구Indonesia Chingu)

Balai Adat di Rumah Betang Ensaid Panjang
Balai Adat di Rumah Betang Ensaid Panjang(Ajie Arief)

Tangga Masuk ke Rumah Betang Ensaid Panjang
Tangga Masuk ke Rumah Betang Ensaid Panjang(Fredrikus Suarezsaga (arezsaga))


Sisi Depan Rumah Betang Ensaid Panjang
Sisi Depan Rumah Betang Ensaid Panjang(Muhammad Irvan)

Pantak disisi Kanan dan Kiri dengan Patung Laki lai dan Perampuan di sisi kanan dan kiri Rumah Betang Ensaid Panjang
Pantak disisi Kanan dan Kiri dengan Patung Laki lai dan Perampuan di sisi kanan dan kiri Rumah Betang Ensaid Panjang (Annisa Auwallia (Icha))


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url