Review Waterfront Kota Pontianak, Tempat Teramai di Ibukota Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Waterfront Pontianak adalah adalah area taman di pinggir sungai kapuas pusat kota Pontianak yang memiliki panjang sekitar 600 meter - 2 Km. Sekitar Area dibangun jalan trotoar dengan pagar besi sebagai pengaman pembatas sungai dan juga berbagai tanaman cantik, deretan tempat duduk, kuliner, permainan nak, serta yang tak kalah serunya adalah wisata menelusuri sungai dengan perahu bandong.

Waterfront Pontianak menjadi tujuan favorit para pengunjung baik dari masyarakat pontianak sendiri ataupun dari para Pelancong yang ingin menikmati udara bebas dipinggir sungai yang sejuk dan pemandangan menawan.

Waterfront Kota Pontianak, Tempat Teramai di Ibukota Kalimantan Barat Foto
Waterfront Kota Pontianak, Tempat Teramai di Ibukota Kalimantan Barat Foto (Agita Kusuma Wardani)

Alamat Waterfront Pontianak

Waterfront Pontianak beralamatkan di  Jl. Barito, Kelurahan Benua Melayu Laut, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Kodepost Waterfront Pontianak : 78243

No telpo Waterfront Pontianak : -

Google Map Waterfront Pontianak

Jalur Transportasi menuju Waterfront Pontianak

Geser gambar untuk melihat sekeliling Waterfront Kota Pontianak

Waterfront Pontianak berdekatan dengan Jembatan Kapuas 1 Sultan Hamid, serta berdampingan dengan Taman Alun Alun Kapuas Pontianak.

Masyarakat dari Kabupaten Sanggau, Sekadau, Sintang dan Malaysia dari Pintu PLBN Entikong   Dari Tugu Ali Anyang menuju Waterfront Pontianak  sekitar sekitar 10.2 Km atau sekitar 28 menit berkendara (Tanpa Terjebak Macet) lurus menuju jembatan ambawang kemudian menuju Jalan Perintis kemerdekaan ke jembatan kapuas 1.

Sedangkan Para turis yang datang dari luar melalui pintu masuk Bandara Internasional Supadio atau Taman Dirgantara Lanud Supadio Kubu Raya menuju Waterfront Pontianak  berjarak sekitar 18.6 Km atau sekitar 38 menit berkendara melalui jalan arteri supadio, jl. Jend. Ahmad Yani menuju  Bundaran Tugu Digulis lurus menuju simpang jalan teuku umar belok kanan menuju Jl. Tanjung Pura. Anda bisa memilih jalur terdekat dan nyaman, karena Kota Pontianak juga terkenal dengan banyak jalan alternatif.

Apa yang menarik di Waterfront Pontianak

1. Taman di Pinggir Sungai Kapuas

Taman di Pinggir Sungai Kapuas, Waterfront Potianak Foto
Taman di Pinggir Sungai Kapuas, Waterfront Potianak Foto (awal pribadi)
Waterfront Pontianak berada di pinggur Kapuas yang dibangun dan dilengkapi dengan taman, tempat duduk, serta jalan jalan trotoar yang rapi dan lurus. Sehingga siapa saja yang datang pasti mengabadikan momen disini.

Di pinggiran front ditanami berbagai tanaman yang di pot dengan menggunakan tembok semen, sehingga pot tersebut juga bisa dijadikan sebagai tempat duduk para pengunjung sambil memandang view sungai kapuas, kapal kapal lewat dan sebagainya.

2. Wisata Susur Sungai

Perahu Bandong Malam hari di Waterfront Pontianak Foto
Perahu Bandong Malam hari di Waterfront Pontianak Foto (Nok Asna)
Di Waterfront Pontianak terdapat Kapal Bandong yang berfungsi untuk mengangkut para penumpang yang ingin menelusuri Sungai Kapuas selama kurang lebih 1 jam.

Kapal Bandong adalah kapal pinisinya masyarakat Kalimantan Barat dan merupakan kapal tradisional yang telah ratusan tahun lalu dipergunakan untuk roda transportasi menelusuri sungai kapuas untuk mengangkut perbekalan, bahan makanan, berkunjung ke sanak saudara yang jauh, karena pada zaman itu jalan darat tidak ada dan satu satunya alat transportasi yang mudah dan aman kala itu.

Kapal Bandong di Era Modern masih menjadi alat transportasi untuk mengangkut barang barang belanjaan, sembako, pupuk, semen, dan lain nya ke daerah yang terisolir dan belum terdapat jalan dan jembatan yang menghubungkan ke daerah tersebut. 

Akibatnya bahan pokok yang di distribusikan ke daerah terpencil harganya mengalami kenaikan yang signifikan. Hal ini dikarenakan mahalnya biaya perjalanan menggunakan Kapal Bandong.

Kapal Bandong sore hari di waterfront pontianak foto
Kapal Bandong sore hari di waterfront pontianak foto (Ary Babel)

Kapal Bandong di Era Modern juga dipergunakan untuk membuka cafe bernuansa perahu terapung di pinggir sungai kapuas dan juga sebagai perahu pariwisata di Provinsi Kalimantan Barat.

Kapal Bandong di waterfront Pontianak berkapasitas sekitar 50 orang. Harga untuk naik ke perahu bandong Rp. 15.000/ orang dan untuk anak anak Rp. 10.000/anak selama 30 menit s/d 1 jam mengelilingi sungai kapuas, melewati bawah jembatan kapuas 1 yang sangat indah dari bawah sungai.Namun anda harus bersabar, Kapal bandong ini nunggu penumpang banyak dulu baru bisa berangkat yuahh..

Di Perahu Bandong juga terbagi menjadi dua lantai, anda bisa memilih lantai bawah atau atas. Di lantai atas tidak ada atapnya namun terdapat berderet kursi dan meja untuk bersantai bahkan bisa memesan makanan dan minuman mulai dari Rp. 20.000 - Rp. 120.000.

3. Permainan Anak

Sepeda Listrik di Waterfront Pontianak Foto
Sepeda Listrik di Waterfront Pontianak Foto (Awal SJR)
Waterfront Pontianak juga menyediakan fasilitas berupa sepeda listrik untuk anak anak, mobil remot baterai berkapasitas dua untuk anak dan lain lain yang bisa dipergunakan untuk bermain di area waterfont.

Lokasi waterfront yang jalanya halus serta pinggir sungai yng dipagar besi mempermudah anak - anak untuk berselancar bermain sepeda dan mobil aman dan nyaman.

4. Cafe Terapung dan Cafe Darat

Cafe di Waterfront Pontianak Foto
Cafe di Waterfront Pontianak Foto (Wahyu Waskito)
Waterfront Pontianak dikelilingi berderet cafe baik kafe di darat maupun cafe terapung diatas perahu bandong yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. Untuk kursi dan mejanya tepat di piggir sungai kapuas agar para pengunjung yang datang betah berlama lama sambil menikmati cemilan, secangkir kopi, sambil berbincang dengan rekan rekan, keluarga dan saudara.

Anda akan kaget jika datang kesini ketika malam minggu dengan cuaca cerah. Para pengunjung membludak, jalanan di area Waterfront Pontianak padat merayap dipenuhi pejalan kaki. Sungguh menakjubkan.

Geser gambar untuk melihat sekeliling Waterfront Kota Pontianak

Para pengunjung yang datang tidak cuman hanya cari kuliner, namun mereka hanya menghabiskan waktu di Waterfront Pontianak yang udaranya sangat sejuk dengan view sungai Kapuas yang indah dihiasi lampu gemerlapan dari kejauhan.

5. Fasilitas Umum

Geser gambar untuk melihat sekeliling Waterfront Kota Pontianak

Waterfront Pontianak dilengkapi dengan fasilitas umum diantaranya Toilet dan Surau. Jadi jika anda ingin berlama lama di Waterfront Pontianak tidak akan khawatir.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Waterfront Pontianak?

Berapa tarif masuk ke Waterfront Pontianak?

Untuk biaya masuk ke Waterfront Pontianak itu gratis.

Apakah ada fasilitas MCK di Waterfront Pontianak?

Ya, Waterfront Pontianak menyediakan fasilitas MCK untuk anda beragama muslim ada mushalla dan masjid tinggal pilih yang terdekat.

Berapa biaya naik perahu bandong di Waterfront Pontianak?

Perahu Bandong membebani penumpang per orang Rp. 15.000 di Waterfront Pontianak

Berapa tarif parkir di Waterfront Pontianak?

Tarif parkir untuk motor di Waterfront Pontianak Rp. 2000

Kapan waktu yang tepat mengunjungi Waterfront Pontianak?

Waktu yang pas untuk berkunjung ke Waterfront Pontianak mulai pukul 16.00 WIB karena cuaca sudah tidak terlalu panas dan cuaca tidak musim hujan, karena sebagian besar tempat bersantai adalah area terbuka, jika hujan akan sulit menikmati keindahan Waterfront Pontianak.

Untuk anda yang suka keramaian, hari teramai di Waterfront Pontianak setiap Sabtu dan Minggu serta hari libur. Pengunjung selalu memadati area ini di akhir pekan.

Namun jik anda ingin suasana yang sepi, coba saj di hari hari biasa saja untuk berkunjung ke Waterfront Pontianak.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

1 komentar untuk "Review Waterfront Kota Pontianak, Tempat Teramai di Ibukota Kalimantan Barat"

  1. apakah benar waterfront pontianak adalah inspirasi dari waterfront kuching?

    BalasHapus