Review Pulau Penibong, Mempawah Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Pulau Penibong adalah salah satu pulau terkecil di ujung Kalimntan Barat khususnya di Kabupaten mempawah. Pulau ini menyimpan berbagai keindahan alam, flora dan fauna dengan banyaknya spot untuk memancing berbagai macam ikan seperti tuna, udang, kepiting dan lain sebagainya.

Pulau Penibong, Mempawah Kalimantan Barat
Pulau Penibong, Mempawah Kalimantan Barat

Dahulunya, Pulau Penibong adalah daratan yang menyatu dengan daratan lainnya, proses abrasi bertahun tahun menjadikan daratan ini terpisah menjadi pulau. 

Keunikan dari Pulau Penibong ini adalah ketika air laut pasang, anda harus menyeberang menggunakan speedboat ke Pulau Penibong. Namun jika air laut surut, anda tidak perlu menggunakan perahu speedboat tapi bisa dilakukan dengan berjalan kaki menyelusuri jalan bebatuan dan pasir menuju Pulau Penibong.

Alamat Pulau Penibong

Pulau Penibong beralamatkan di Kawasan Laut Desa Pasir Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Kodepost Pulau Penibong :  78919

No telpon Pulau Penibong : -

Google Map Pulau Penibong

Jalur Transportasi menuju Pulau Penibong

Perjalanan dari Pusat Kota Mempawah atau dari Tugu Patung Pak Tani Mempawah ke Simpang menuju Pulau Penibong hanya berjarak sekitar 6 Km atau sekitar 11 menit berkendara melalu Jalan Raden Kusno ke arah Simpang Jl. Gusti. Sulung Lelanang.

Jalur 1

Geser gambar untuk melihat sekeliling simpang Jalur 1 menuju Pulau Penibong melalui Mempawah Mangrove Park.

Untuk anda yang ingin menyeberang ke Pulau Penibong menggunakan speedboat bisa melalui Objek Wisata Mempawah Mangrove Park. di tepi laut. Disana telah bejejer speedboat siap disewa untuk menyeberang ke Pulau Penibong. Waktu menyeberang sampai ke pulau Penibong sekitar 5 menit saja.

Jalur 2

Geser gambar untuk melihat sekeliling simpang Jalur 2 menuju Pulau Penibong yang berdekatan dengan Wisata Nusantara Hotel dan Resort .

Pada jalur 2 menuju Pulau Penibong dari simpang jalan Gusti Sulung Lelanang ke jembatan penyeberangan sekitar 500 meter. Dilanjutkan dengan berjalan kaki ke Pulau Penibong ketika air laut surut. Dan ketika air laut pasang, jalur dua tidak dapat dilewati, harus menggunakan jalur 1.

Jalur 3 

Untuk jalur 3 ini anda bisa juga dari Objek Wisata Nusantara Hotel dan Resort.

Apa yang menarik di Pulau Penibong?

Pulau Penibong merupakan potensi wisata yang sangat menjanjikan jika dikembangkan dengan baik, namun ini membutuhkan dana yang besar.

Pulau Penibong bisa menjadi Objek wisata Unggulan Kabupaten Mempawah seperti halnya "Umang Beach Club" di Kabupaten Banten yang telah di poles sedemikian rupa menjadi pulau surga seperti bali yang telah ramai dikunjungi wisatawan manca negara.

1. Pantai

Geser gambar untuk melihat sekeliling Pulau Penibong

Pantai di Pulau Penibong berbeda dengan pantai - pantai pada umumnya yaitu pantainya didominsi bebatuan karang dan pasir. Justru ini adalah salah satu keunikan dan potensi wisatanya.

Kebayang ndak jika suatu saat di pinggiran pantai berbatu ini dibangun villa villa, sunbed, kursi sofa panjang untuk berjemur, berderet rapi seperti Pantai Nusa Dua Bali atau seperti Umang Beach Club di Banten. Sungguh mimpi yang semoga bisa terwujud di Kabupaten Mempawah ini.

2. Spot Foto

Spot Foto di Pulau Penibong
Spot Foto di Pulau Penibong Foto (Risma Kharisma)
Pulau Penibong kaya akan batu karang yang keras keras, susunan batu karang membuat lokasi ini cukup indah untuk dijadikan spot foto dengan background perbukitan dan lautan.

Sehingga Pulau Penibong bisa juga dijadikan lokasi prewedding untuk anda yang ingin mengabadikan momen special di alam terbuka dengan suasana lautan dan bebatuan.

3. Sunset

Sunset di Pulau Penibong Foto
Sunset di Pulau Penibong Foto (Muhammad Rasyid Ridho)
Keindahan sunset di Pulau Penibong tidak diragukan lagi. Matahari tenggelam sempurna tanpa halangan yang membuat siapa saja takjub akan keindahan pulau ini.

Selain itu, udara di sore hari sangat sejuk di Pulau Penibong ini. Menikmati sunset dengan deburan ombak serta angin laut yang menyegarkan.

4. Camping

Pulau Penibong biasa dijadikan camping bagi para pecinta alam yang suka berpetualang di alam terbuka.

Lokasi dengan tanah bebatuan serta pepohonan, membuat nyaman untuk berkemah di area ini. 

5. Berpetualang

Anda bisa berjalan - jalan menjelajahi Pulau Penibong dengan jalur jalan tikus dari warga. Pulau yang kecil dan tidak terlalu luas, membuat perjalanan anda lebih singkat berkeliling sambil memandang pepohonan.

6. Wisata Edukasi dan Penelitian

Ekologi di Pulau Penibong Foto
Ekologi di Pulau Penibong Foto (Amat Ribut)

Banyaknya berbagai jenis flora dan fauna, menjadikan area ini recomended menjadi wisata edukasi dan penelitian.

Anda akan menemukan tumbuh tumbuhan langka, jarang dijumpai yang masih terjaga. Belum lagi di pinggiran pantainya anda akan melihat mahluk hidup yang langka.

7. Spot Mancing

Pulau Penibong terkenal karena area ini masih banyak ikannya dan terpelihara. Tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan berbagai jenis ikan disini. Hanya saja ukuran ikan kebanyakan masih kecil kecil. 

Namun dengan umpan pilihan, anda bisa mendapatkan ikan berukuran jumbo. Umpan ikan untuk memancing disini bervariasi bisa menggunakan anakan ikan, cumi yang dipotong kecil kecil, dan lain lain.

Pertanyaan yang sering ditanyakn di Pulau Penibong

Berapa tiket masuk ke Pulau Penibong?

Sementara belum ada tarif masuk ke Pulau Penibong. Hanya saja anda harus membayar biaya transportasi naik speedboat/dari pintu penyeberangan.

Apakah bisa ke Pulau Penibong degan jalur darat?

Ya, jika air laut surut, anda bisa berjalan santai ke Pulau Penibong lewat darat.

Bagaimana cara pesan alat transportasinya ke Pulau Penibong?  

Anda cukup datang ke area MMP (Mempawah Mangrove Park.), disana telah tersedia berderet perahu kecil siap membawa anda ke Pulau Penibong.

Apakah di Pulau Penibong sudah ada MCK?

Pulau Penibong belum tersedia MCK.

Apakah sudah ada penjual di Pulau Penibong?

Pulau Penibong belum tersedia kantin, penjual. Anda bisa membawa perbekalan dari rumah sebelum berangkat kesana. apalagi jika ingin camping, Rekomendasi bawa galon air putih untuk keperluan minum dan memasak.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Pulau Penibong, Mempawah Kalimantan Barat"