Review Pulau Setinjan Mempawah, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Pulau Setinjan adalah 7 dari deretan pulau kecil dan terluar di Kabupaten Mempawah yang memiliki potensi wisata pantai, flora dan fauna. Ciri khas dari pulau setinjan adalah menara mercusuar berwarna putih gagah berdiri di tengah puncak bukit pulau setinjan dengan memiliki 8 (delapan) lantai.

Pantai Pasir Putih PULAU SETINJAN MERCUSUAR MEMPAWAH
Pantai Pasir Putih PULAU SETINJAN TEMPAT MERCUSUAR PERAIRAN MEMPAWAH

Potensi wisata yang luar biasa di Pulau Setinjan belum dikelola pemerintah maupun swasta. Tidak ada masyarakat yang mendiami pulau ini kecuali penjaga mercusuar dan nelayan yang melintas saja, tapi untuk backpacking cukup recomended bersama rekan rekan yang suka berpetualang.

Walau pun pulau ini kecil tetapi Pulau Setinjan ini masih banyak menyimpan keanekaragaman hayati seperti berbagai jenis burung, monyet, biawak, serta hewan laut seperti hiu putih, lumba-lumba, penyu dan berbagai jenis biota laut lainnya.

Alamat Pulau Setinjan

Pulau Setinjan beralamatkan di Kelurahan Terusan, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat

Kodepost Pulau Setinjan :78912

No telpon Pulau Setinjan : -

Google Map Pulau Setinjan

Jalur Transportasi menuju Pulau Setinjan

Jalur Transportasi menuju Pulau Setinjan
Jalur Transportasi menuju Pulau Setinjan

Dari Bandara Internasional Supadio menuju Dermaga sungai kunyit - Kabupaten Mempawah melalui Kota Pontianak sekitar 112 Km atau sekitar 2 jam 40 menit menggunakan kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat.

Sedangkan dari Kota Mempawah atau Tugu patung Pak Tani ke Dermaga sungai kunyit hanya berjarak sekitar 47.8 Km atau sekitar 1 jam 14 menit dengan mengunakan kendaraan roda dua dan empat.

Setelah sampai ke Dermaga dilanjutkan dengan menggunakan kapal klotok atau bisa juga anda menumpang kapal para nelayan yang akan berlayar ke area pulau setinjan. Perjalaan menuju ke Pulau Setinjan menghabiskan waktu sekitar 2 jam.

Kapal Kelotok di Pulau Setinjan
Kapal Kelotok di Pulau Setinjan


Apa yang menarik di Pulau Setinjan

1. Pantai Pasir Putih


Geser gambar untuk melihat sekeliling pantai pulau setinjan

Pulau Setinjan menyimpan kekayaan pantai pasir putihnya dengan air laut yang hijau bening ketika pagi hari serta membiru ketika sore hari. Tidak ada rumah warga, tidak dihuni oleh masyarakat, hanya saja dihuni oleh dua orang petugas mercusuar yang menjaga menara tersebut dengan pergantian shift 1 bulan sekali.

Area pasir putih ini cukup luas, memiliki deretan bebatuan besar seperti di pulau penibong. Dasar tepian pantai yang jernih sejernih kristal dengan batu karang yang indah dihuni ikan berwarna warni. 

Karena pulaunya belum dikelola, Anda bisa membawa peralatan dari rumah untuk melakukan olahraga snorkeling melihat biota laut yang sungguh indah luar biasa.

Biota laut di Pulau Setinjan
Biota laut di Pulau Setinjan

2. Menara Mercusuar

Menara dan puncak Mercusuar Pulau Setinjan
Menara dan puncak Mercusuar Pulau Setinjan Foto
Yang tidak kalah menarik adalah terdapat menara mercusuar dengan bangunan berwarna putih memiliki ketinggan sekitar 40 meter bertigkat dengan 8 lantai.

Tidak sembarangan orang bisa masuk ketempat ini, karena bisa mengganggu fungsi dari menara suar itu sendiri.

Namun jika anda tertarik ingin sampai ke puncak menara mercusuar harus meminta izin petugas jaga disana.

Anda bisa memandang luas lautan dari puncak bukit menara mercusuar pulau setinjan. Udara di atas menara sangat kuat, namun diatas diberi pagar pembatas untuk keamanan pengunjung dan petugas.

Sistem pembangkit listrik di menara mercusuar menggunakan pembangkit listrik solar cell, jadi tidak memakai bahan bakar disel yang boros.

Apa fungsinya menara mercusuar tersebut? kita simak penjelasan singkat tentang menara mercusuar ini.

Apa itu menara mercusuar?

Mercusuar PULAU SETINJAN ,MEMPAWAH
Mercusuar PULAU SETINJAN ,MEMPAWAH   
Bersumber dari Wikipedia dan wikiwand, Mercusuar (juga disebut menara api, menara suar, atau menara angin) adalah sebuah bangunan menara dengan sumber cahaya di puncaknya untuk membantu navigasi kapal laut. Sumber cahaya yang digunakan beragam mulai dari lampu sampai lensa dan api (pada zaman dahulu).

Mercusuar pertama di dunia adalah Mercusuar Alexandria di Mesir yang dibangun antara tahun 300 hingga 280 Sebelum Masehi ketika masa pemerintahan Ptolemy I dan Ptolemy II. Mercusuar ini memiliki tinggi sekitar 137 meter dan menjadi salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno.

Mercusuar modern masih banyak digunakan di seluruh dunia untuk membantu navigasi kapal laut. Mercusuar biasanya dibangun di tempat-tempat yang strategis, seperti di tepi pantai, di pulau-pulau, atau di selat-selat.

Di Indonesia, ada banyak mercusuar yang masih beroperasi. Salah satu yang terkenal adalah Mercusuar Sunda Kelapa di Jakarta. Mercusuar ini dibangun pada tahun 1862 dan memiliki tinggi 17 meter. Mercusuar Sunda Kelapa berfungsi untuk membantu navigasi kapal-kapal yang akan memasuki Pelabuhan Sunda Kelapa.

Sedangkan mercusuar di Pulau setinjan berfungsi untuk membantu navigasi kapal-kapal yang akan memasuki Pelabuhan Internasional Kijing - Mempawah.

Mercusuar juga menjadi salah satu objek wisata yang menarik. Banyak orang yang mengunjungi mercusuar untuk melihat pemandangan laut dari atas atau untuk belajar tentang sejarah navigasi.

3. Camping

Geser gambar untuk melihat sekeliling tangga menuju menara mercusuar pulau setinjan

Untuk ada yang suka alam bebas, Pulau Setinjan bisa dijadikan objek wisata menarik untuk camping dipinggir pantai. di Pulau ini lokasi yang cocok dan aman untuk camping berada disekitar menara mercusuar.

Karen dekart area mercusuar ada penampungan air tawar yang bersih ditampung di pinguwin untuk keperluan memasak dan minum sedangkan untuk keperluan mandi nyebur aja ke pantai sambil snorkeling...aduhh mantab bukan.

4. Spot Mancing

Banyaknya nelayan yang datang di area Pulau Setinjan membuktikan area ini masih banyak ikan bisa dijadikan area pemancingan favorot para pengunjung yang hobi mancing.

Untuk pakannya bisa anda beli di Nelayan setempat berupa cumi yang dipotong potong kecil atau ikan ukuran kecil. Biasanya para nelayan memberikannya secara gratis, namun anda jangan senang diberi gratis, kasih lah uang roko untuk mengganti umpannya. Karena prinsip "Kedatangan anda harus membawa berkah masyarakat sekitar".

5. Flora dan Fauna

Geser gambar untuk melihat sekeliling dasar pantai di pulau setinjan

Pulau Setinjan menimpak keanekaragaman hayati diantaranya berbagai jenis burung langka, monyet, biawak, serta terdapat hewan laut diantaranya hiu putih, lumba-lumba, penyu dan berbagai jenis biota laut lainnya disekitar Pulau Setinjan.

Selai itu terdapat sekeliling Pulau Setinjan meiliki terumbu karang yang masih perawan, terjaga dengan baik. Keindahan ini menjadikan Pulau Setinjan salah satu tujuan wisata yang bisa anda kunjungi. Hanya saja disini tidak ada warung, anda harus membawa perbekalan makanan dan minuman dari rumah masing masing.

Ikan warna merah indah di pulau setinjan
Ikan warna merah indah di pulau setinjan

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Pulau Setinjan

Berapa tarif menuju ke Pulau Setinjan?

Untuk menuju ke Pulau Setinjan, anda hanya membayar biaya penyeberangan dari dermaga sungai kunyit. Biaya penyeberangan berfariasi mulai dari Rp.1 juta - 2juta PP, dianjurkan rombongan menuju kesana agar biasa lebih murah.

Kapan Waktu yang tepat menuju ke Pulau Setinjan?

Pilihlah ketika pagi sampai siang ke Pulau Setinjan, atau ketika cuaca sedang cerah, karena jika sudah sore hari atau malam, angin laut semakin kencang, membuat anda berdebar debar selama perjalanan.

Apa yang harus dipersiapkan untuk menuju ke Pulau Setinjan?

Karena Pulau Setinjan tidak berpenghuni, diajurkan untuk membawa perbekalan sendiri seperti makanan dan minuman, peralatan snorkeling, peralatan mancing, air galon bersih untuk berjaga jaga tidak ada air bersih untuk diminum, Tenda untuk menginap, minyak angin untuk antisipasi dingginnya hawa laut dan sebagainya.

Apakah ada MCK di Pulau Setinjan?

Ya, sekitar menara mercusuar ada MCKnya jadi anda tidak perlu hawatir berkunjung ke Pulau Setinjan

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Pulau Setinjan Mempawah, Kalimantan Barat"