Review Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung, Singkawang, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung adalah vihara terbesar dan termegah di Kota Singkawang, Kalimantan Barat yang merupakan tempat ibadah untuk masyarakat Tionghoa di Kota Singkawang dan sekitarnya.

Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung atau disebut Wihara Tri Dharma Bumi Raya Kulor, dibangun sekitar tahun 2012 atau masa pembangunan sekitar 10 tahun dan diresmikan pada tanggal 04 Oktober 2022. 

Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung, Singkawang, Kalimantan Barat
Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung, Singkawang, Kalimantan Barat

Dikutip dari laman mediacenter.singkawangkota.go.id, Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung diresmikan langsung oleh Tjhai Chui Mie (Wali Kota Singkawang).

“Dengan ucapan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, Vihara Tri Dharma Sui Kheu Thai Pak Kung yang berada di kawasan Kota Singkawang , tepat pada hari selasa ,04 Oktober 2022, saya nyatakan diresmikan sepenuhnya. Semoga memberikan manfaat serta menambah kekhusukan umat dalam menjalankan ibadah,” kata Tjhai Chui Mie, Wali Kota Singkawang.

Alamat Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung

Geser gambar untuk melihat sekeliling dari atas Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung (Foto. Th 2020)

Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung beralamatkan di Jl. Sanggau Kulor, Jalan Raya Panjintan, Kelurahan Roban, Kecamatan Singkawang Tengah, Kota Singkawang, Kalimantan Barat

Kodepost Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung: 79251

Nomor telpon Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung:-

Google Map Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung

Jalur Transportasi menuju Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung

Geser gambar untuk melihat sekeliling pintu gerbang masuk ke Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung

Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung berdekatan dengan Kolam Renang Beruang Hitam Raider yang jaraknya hanya sekitar 100 meter saja.

Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung juga tidak jauh dari wisata Waterboom Gunung Poteng atau sekitar 2.4 Km dan 6 menit berkendara dan Wisata Batu Belimbing sekitar sekitar 4.8 Km atau sekitar 12 menit.

Dari Kota Singkawang atau Grand Mall Singkawang menuju Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung hanya berjarak sekitar 8.1 Km atau sekitar 20 menit berkendara. 
Penamdangan disekitar Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung
Penandangan disekitar Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung 
Sedangkan dari Singkawang Airport menuju Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung hanya sekitar 18.3 Km atau sekitar 31 Menit berkendara melalui jalur Taman Agrowisata Bukit Bougenville.

Dari Kawasan Wisata Pantai Pasir panjang, Sinka Zo, Rindu Alam menuju Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung hanya sekitar 21.8 Km atau sekitar 34 menit berkendara melalui Dayang Resort, Jamthang Village Kali Asin/Pecinan Jamthang, Perkampungan Tionghoa Kaliasin, Dangau Resort Singkawang, Hotel dan Restoran Taman Sari, Taman, Gunung Sari, Villa Bukit Mas Singkawang.

Apa yang menarik di Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung

Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung dimalam hari
Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung dimalam hari
Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung ketika malam hari, terlihat pencahayaaanya menunjang kekokohan dan keindahan Klenteng ini.

Tempat ini luas, bersih, rapi dan tertata sekali, dari parkiran pintu masuk menuju lokasi lumayan jauh berjalan kaki menuju Klenteng, namun tidak akan terasa capeknya, sebab sekeliling bangunan yang indah dan megah  membuat takjub. 

Wajib sekali berkunjung kesini jika anda berkunjung ke Singkawang

1. Bangunan

Bangunan Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung
Bangunan Foto Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung 
Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung yang merupakan Kelenteng yang cukup megah dengan luas sekitar 6 Ha terdiri dari beberapa bangunan, yaitu:

  • Aula utama
  • Aula serbaguna
  • Ruang serbaguna
  • Aula meditasi
  • Ruang pertemuan
  • Ruang perpustakaan
  • Ruang serbaguna

Aula utama vihara ini luas dan mampu menampung hingga 2.000 orang. Aula ini digunakan untuk beribadah dan berbagai kegiatan keagamaan lainnya.

2. Arsitektur

Arsitektur di Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung
Arsitektur di Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung Foto (Raary Ra)
Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung memiliki arsitektur yang indah dan megah. Arsitektur vihara ini menggabungkan unsur-unsur budaya Tionghoa dan Indonesia. 

Bangunan vihara ini didominasi oleh warna merah dan emas, yang merupakan warna yang melambangkan keberuntungan dan kemakmuran dalam budaya Tionghoa, ukiran relief Naga dari batu granit sangat indah, plafon yang di lukis dengan sangat detail.

Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung menjadi destinasi wisata religi yang populer di Kota Singkawang. Vihara ini dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah, baik dari dalam maupun luar negeri.

Arsitektur di Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung Foto (Raary Ra)
Arsitektur di Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung Foto (Fredrikus Suarezsaga (arezsaga)

Berikut adalah beberapa hal menarik yang bisa Anda temukan di Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung:

  • Arsitektur vihara yang indah dan megah
  • Ukiran-ukiran yang detail dan indah
  • Patung-patung Buddha yang besar dan indah
  • Ikon-ikon Buddha yang bersejarah
  • Suasana yang tenang dan damai
Geser gambar untuk melihat sekeliling depan Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung

Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung merupakan destinasi wisata religi yang wajib Anda kunjungi jika Anda berkunjung ke Kota Singkawang.

3. Spot Foto

Geser gambar untuk melihat sekeliling halaman depan Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung
Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung sebagai destinasi favorit para wisatawan, baik lokal maupun wisatawan asing  ketika berkujung ke Kota Singkawang, dikarenakan view area ini cukup bagus dan terdapat banyak sekali spot foto yang bagus untuk berfoto bersama keluarga ataupun teman terdekat.

Disamping itu juga terdapat spot foto patung Sun Go Kong,Tong Sam Cong,Cu Pat Kay,Sha Wujing, Siluman Kerbau Gu Moong.

Untuk anda yang suka jalan jalan ke Singkawang, direkomendasikan untuk pergi kesini karena pemandangan yg disajikan sangat bagus dan juga tempatnya tidak terlalu jauh dari pusat kota Singkawang

4. Tempat Ibadah

Tempat Ibadah Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung
Tempat Ibadah Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung Foto (Raary Ra)
Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung dengan view latar belakang pemandangan gunung yg indah, belum lagi arsitektur kuilnya yg sangat khas negeri Tiongkok, penuh detil dan megah. 

Banyak juga umat Tionghoa yang berdoa disini, jadi setiap waktu, akan dibunyikan lonceng besar yang bunyinya menambah kekhusyukan suasana berdoa.

5. Kuliner

Kuliner di Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung
Kuliner di Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung Foto (Raary Ra)
Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung menjadi salah satu icon kota Singkawang, karena para pengunjung kota Singkawang tentu saja akan mencari lokasi ini sebagai destinasi tujuan untuk berswafoto bersama teman, sanak saudara, keluarga.

Jika merasa lapar atau ingin sekedar mengganjal perut atau  ingin mencicipi masakan yang otentik khas singkawang, di belakang Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung tersedia tempat makan dan pusat  jajanan serba ada/pujaser/yang biasa dikenal oleh kawula muda dengan sebutan food court. 

Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung bisa dibilang jarang sekali sepi, karena tempat ini menjadi tempat untuk aktivitas orang-orang berwisata dan beribadah, karena memang tempat ini adalah tempat ibadah umat Tionghoa.

Selain itu, Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung juga kadang biasa dijadikan sebagai Perayaan Cap Go Meh di Singkawang setiap tahunnya. Namun karena selalu macet parah ketika perayaan cap go meh maka area ini jarang digunakan.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung

Berapa tarif masuk ke Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung?
Untuk masuk ke Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung, gratis, tidak dipungut biaya.

Apakah kuil Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung ini boleh dimasukin semua agama ?
Ya, Di Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung, Semua agama boleh masuk, tanpa terkecuali sehingga wajar Kota Singkawang merupakan kota bertoleransi tinggi.

Apakah ada MCK di Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung?
Ada, disekitar lokasi terdapat MCK, alternatif lain anda bisa pergi ke sekitar kantin belakang kuil Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung, Singkawang, Kalimantan Barat"