Review Wisata Batu Belimbing, Singkawang, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Wisata Batu Belimbing adalah sebuah batu raksasa yang seolah olah mengapung di tengah danau dan memiliki kerutan kerutan disisi batu menyerupai buah belimbing, sehingga masyarakat menyebutnya Batu Belimbing.

 Batu Belimbing ini memiliki ukuran sekitar 10 meter x 5 meter x 3 meter, dengan berat diperkirakan mencapai 100 ton. Batu ini memiliki warna yang kontras antara lapisan putih dan hitam yang membentuk pola seperti belimbing.

Wisata Batu Belimbing
Wisata Batu Belimbing Foto

Batu Belimbing adalah salah satu objek wisata alam yang populer di kota Singkawang, Kalimantan Barat. Setiap tahunnya wisata Batu Belimbing semakin terawat dan semakin cantik, wajar jika lokasi wisata yang satu ini sering menjadi salah satu daya tarik dan jadwal perjalanan wisata para pengunjung dari Singkawang dan luar Singkawang.

Alamat Wisata Batu Belimbing

Wisata Batu Belimbing beralamatkan di Jl. Raya Singkawang-Bengkayang, Kelurahan Nyarumkop, Kecamatan Singkawang Timur, Kota Singkawang, Kalimantan Barat

Kodepost Wisata Batu Belimbing:  79251

Nomor telpon Wisata Batu Belimbing : 085245384707

Nomor telpon Pokdarwis Batu Belimbing : 081392212170, 081251554030

Email : batubelimbingsingkawang@gmail.com

Google Map Wisata Batu Belimbing

Jalur Transportasi menuju Wisata Batu Belimbing

Geser gambar untuk melihat sekeliling simpang gang masuk ke Wisata Batu Belimbing dari jalan Raya Singkawang-Bengkayang

Untuk menuju ke Wisata Batu Belimbing, pengunjung dari Kota Singkawang dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung dapat mengikuti jalan menuju ke arah Waterboom Gunung Poteng. Setelah itu, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan menempuh jalur yang lurus hingga menemukan gang Batu Belimbing belok kanan.

Jarak dari Waterboom Gunung Poteng ke Wisata Batu Belimbing hanya sekitar 3.2 Km atau sekitar 8 menit berkendara.

Dari Kota Singkawang atau Grand Mall Singkawang menuju Wisata Batu Belimbing melalui Bundaran 1001 AI Singkawang hanya berjarak sekitar 13.9 Km atau sekitar 28 menit berkendara mengunakan kendaraan roda dua dan roda empat melalui jalur Stadion Kridasana Singkawang, Taman Rekreasi Teratai Indah, Taman Gunung Sari Singkawang, Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung.

Sedangkan dari Singkawang Airport hanya sekitar 22.5 Km atau sekitar 39 Menit berkendara melalui jalur Taman Agrowisata Bukit Bougenville.

Dari Kawasan Wisata Pantai Pasir panjang, Sinka Zo, Rindu Alam menuju Wisata Batu Belimbing hanya sekitar 26.8 Km atau sekitar 43 menit berkendara melalui Dayang Resort, Jamthang Village Kali Asin/Pecinan Jamthang, Perkampungan Tionghoa Kaliasin, Dangau Resort Singkawang, Hotel dan Restoran Taman Sari, Villa Bukit Mas Singkawang.

Sedangkan dari Bandara Internasional Supadio, Kota Pontianak Tugu Digulis melalui Jalur Pantai yaitu sungai pinyuh mempawah menuju Jalur Pelabuhan Internasional Kijing menuju jalur Pantai Pasir Panjang dengan jarak sekitar 175 Km atau sekitar 4 jam 5 menit berkendara.

Apa yang menarik di Wisata Batu Belimbing

1. Bongkahan Batu

Suasana area Wisata Batu Belimbing
Suasana area Wisata Batu Belimbing Foto (Firdaus Kusuma)
Wisata Batu Belimbing dengan objek utamanya keindahan bebatuan hitam yang ada di daratan pinggir danau serta sebuah bongkahan batu di dalam danau yang sisi sisi batu berombak-ombak menyerupai buah belimbing.

Keunikan lain dari Wisata Batu Belimbing adalah backgoud view perbukitan dan gunung Poteng dibelakangnya menambah keindahan berwisata di sini.

Sisi sisi danau telah dibangun jalan setapak dan dibeton, memudahkan para pengunjung yang ingin mengelilingi Danau atau sekedar jalan jalan mencari spot foto menarik di area Wisata Batu Belimbing.

Wisata Batu Belimbing bisa dibilang sangat ramai ketika weekend tiba karena menjadi objek wisata tujuan dari dalam kota maupun luar kota yang penasaran dengan panorama Batu Belimbing yang memukau para pengunjung.

2. Bebek Engkol

Bermain bebek engkol di Wisata Batu Belimbing
Bermain bebek engkol di Wisata Batu Belimbing Foto (Ricky Vincenz)

Tidak lengkap berkunjung kesini jika tidak mencoba wahana air, bebek engkol di Wisata Batu Belimbing.

Anda bisa menelusuri danau di sekitar batu belimbing mengunakan bebek engkol. Jika anda memawa anak anak untuk selalu diawasi, dampingi terus ketika bermain di kawasan Batu Belimbing ini karena danaunya cukup dalam.

Bebek Engkol di Wisata Batu Belimbing
Bebek Engkol di Wisata Batu Belimbing Foto (Zahrawan)

3. Danau

Danau di Wisata Batu Belimbing
Danau di Wisata Batu Belimbing Photo
Danau di Wisata Batu Belimbing dengan panjang sekitar 130 meter dan dengan lebar sekitar 100 meter, memiliki air yang jernih dengan kedalaman bisa mencapai 2 -7 meter.

Danau Wisata Batu Belimbing di huni oleh bermacam ikan air tawar yang hidup didalamnya, anda juga bisa mencoba untuk strike mancing di area danau ini.

4. Pondok Kecil

Pondok Kecil di Wisata Batu Belimbing
Pondok Kecil di Wisata Batu Belimbing
Di dekitar Batu Besar diatas kaki bukit dibangun permanen pondok pondok kecil berderet rapi, dengan pintu terbuat dari kaca, menambah keindahan tersendiri.

Pondok ini bisa digunakan untuk beristirahat melepas lelah, atau sekedar makan makan, sambil berteduh di siang hari yang mataharinya cukup panas di area kawasan Wisata Batu Belimbing.
Pondok Kecil di Wisata Batu Belimbing
Pondok Kecil di Wisata Batu Belimbing Foto
Didepan pondok, terdapat meja dan kursi melingkar, digunakan oleh para pengunjung untuk duduk duduk dan menikmati makanan dan minuman yang dijual oleh para pedagang disekitar Danau Wisata Batu Belimbing.

5. Warung Makan

Jalanan di Wisata Batu Belimbing
Jalanan di Wisata Batu Belimbing
Di sekitar pinggiran Danau di Wisata Batu Belimbing terdapat berderet warung makan dan minuman yang bisa anda coba. Untuk harga tetap standar sehingga tidak membuat dompet tipis.

Area warung warung ini didepannya terdapat jalanan beton setapak yang rapi. Pengunjung sangt mudah dan nyaman untuk jalan jalan di area sekitar warung di pinggir jalan.

6. Spot Foto 

Berbagai spot foto di Wisata Batu Belimbing tersebar disekitar area bebatuan dan sekitar kaki bukit di danaunya.

Spot Foto di Wisata Batu Belimbing
Spot Foto di Wisata Batu Belimbing Foto (Dheny Milanisti)

POKDARWIS Batu Belimbing memiliki daya kreatif yang tinggi, disekitar Wisata Batu Belimbing diberi papan penunjuk arah namun dengan cara yang unik dan lucu, yang membuat siapa saja yang membacanya akan tersenyum dan biasa mengabadikannnya sebagi kenang kenangan.

Selain batu raksasa, Batu Belimbing juga memiliki pemandangan alam yang indah. Wisata ini dikelilingi oleh perbukitan dan hutan yang masih asri. Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang hijau dan sejuk dari atas bukit.

7. Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Wisata Batu Belimbing cukup memadai. Terdapat area parkir, toilet umum, dan gazebo dipinggir danau untuk bersantai. Wisata ini juga menyediakan berbagai aktivitas wisata, seperti outbond, tracking, dan berkemah.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Wisata Batu Belimbing

Berapa biaya masuk ke Batu Belimbing?

Untuk tiket masuk ke Wisata Batu Belimbing sebagai berikut:

  • Rp 5.000 untuk motor
  • Rp 10.000 untuk mobil
  • Rp. 20.000 untuk mobil Pick up
  • Rp. 50.000 untuk bus

Kapan buka dan tutup di Wisata Batu Belimbing?

Wisata Batu Belimbing buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Apakah ada MCK di Wisata Batu Belimbing?

Ya, Wisata Batu Belimbing telah menyediakan fasilitas toilet yang memadai.

Apakah boleh membawa makanan di Wisata Batu Belimbing?

Ya, anda bisa membawa makanan dari rumah, namun alangkah baiknya untuk tetap menyerbu warung warung disekitar Wisata Batu Belimbing. Karena Prinsip wisata "Kunjungan anda membawa berkah".

Kasih tau dunk, tips tips berwisata di Wisata Batu Belimbing?

Berikut adalah beberapa tips untuk berkunjung ke Wisata Batu Belimbing:

  • Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman untuk berjalan kaki.
  • Bawalah kamera untuk mengabadikan momen-momen indah di Batu Belimbing.
  • Jangan membuang sampah sembarangan.

Jika dari Arah Kabupaten Sanggau atau dari Taman Aronk Belopa menuju Wisata Batu Belimbing berapa lama, lewat mana?

Anda bisa ke Wisata Batu Belimbing melewati sosok - Simpang sidas belok kanan menuju Bengkayang, dilanjutkan ke Wisata Batu Belimbing -Singkawang dengan jarak sekitar 252 Km atau sekitar 6 jam - 7 jam.

Batu Belimbing merupakan destinasi wisata yang cocok untuk liburan keluarga. Jangan lewatkan untuk menikmati pemandangan alam yang indah dan berbagai aktivitas wisata yang menarik di area ini.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Wisata Batu Belimbing, Singkawang, Kalimantan Barat"