Review Langkau Etnika (art space), Kubu Raya, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Langkau Etnika adalah wisata budaya untuk wadah mengembangkan dan melestarikan budaya khususnya di bidang kesenian Dayak yang telah menjalin kemitraan dengan Pemerintah setempat untuk pengembangan budaya. 

Didirikan pada tahun 2023, Langkau Etnika diresmikan oleh Bupati Kubu Raya Mahendrawan pada tanggal 12 Februari 2023 bertepatan dengan acara Langkau Culture Art Festival (LCAF), sekaligus sebagai dibukanya tempat ini menjadi salah satu pusat pengembangan budaya, khususnya yang ada di Kubu Ra ya.

Langkau Etnika (art space), Kubu Raya, Kalimantan Barat
Langkau Etnika (art space), Kubu Raya, Kalimantan Barat Foto (IG @tasyaacldia)

LCAF 2023 menyuguhkan pertunjukan seni budaya serta rangkaian perlombaan seni.

Langkau Etnika sebagai tempat berkumpulnya para pelaku seni diantaranya Seni musik sape dan musik tradisional lainnya, Tari, Teater, Seni Rupa, photografi, dan lain sebagainya.

Sebagai ruang pengembangan seni budaya asli Kalimantan Barat. Langkau Etnika menyediakan fasilitas berupa galeri, ruang pertunjukan, tempat duduk, Langkau/Gazebo dan juga menawarkan berbagai program dan kegiatan, seperti kelas seni, lokakarya, dan pertunjukan budaya.

Pohon Balutan kain putih dan hitam Langkau Etnika (art space)
Pohon Balutan kain putih dan hitam di Langkau Etnika (art space)

Pada bagian pepohoan dibalut dengan kain mirip seperti di Wisata Pantai Nusa Dua Bali, bedanya di Langkau Etnika (art space) kainnya hanya warna hitam dan putih dengan susunan putih dibawah, tengah hitam, dan atas putih lagi.

 Menurut Gabriel, pendiri Langkau Etnika bahwa kain yang di lilit pada batang batang pepohonan ini memiliki makna yang dalam sesuai urutannya putih, hitam dan putih diantaranya:

  • Putih dibawah melambangkan manusia dilahirkan pada keadaan suci
  • Hitam ditengah melambangkan kehidupan orang dewasa yang penuh dengan dosa
  • Putih diatas melambangkan ketika dipanggil yang maha kuasa dalam keadaan putih, bersih, suci lagi seperti ketika lahir.

Itulah makna yang dalam, pesan damai, yang disampaikan melalui seni dan budaya di Langkau Etnika (art space).

Alamat Langkau Etnika

Langkau Etnika beralamatkan di Jl. Pemuda, Desa Sungai Rengas. Kecamatan Sungai Kakap. Kabupaten Kuburaya Kalimantan Barat

Kodepost Langkau Etnika : 78381

Nomor telpon Langkau Etnika: 08115735557

Google Map Langkau Etnika

Jalur Transportasi menuju Langkau Etnika

Geser gambar untuk melihat sekeliling gang dan ruang parkir di Langkau Etnika

Langkau Etnika tidak jauh dari Kantor Desa Sungai Rengas yang jaraknya sekitar 300 meter atau sekitar 1 menit berkendara.

Dari Perempatan Kota Baru Rumah Radakng Pontianak melalui jalur Wisata Kuliner Kampung Kecil Pontianak menuju Langkau Etnika sekitar 12.7 Km atau sekitar 28 Menit Berkendara. 

Dari Bandara Internasional Supadio  melewati wisata Gardenia Resort and Spa, Kemudian Kubu Resort-Waterpark Paradis-Q,  Bundaran Taman Digulis Pontianak ke Langkau Etnika hanya berjarak sekitar 28.2 Km atau sekitar 53 menit berkendara.

Sedangkan dari Tugu Alianyang ke Langkau Etnika hanya berjarak sekitar 21.2 Km atau sekitar 42 menit berkendara menggunakan kendaraan roda dua dan empat melalui Ambawang.

Apa yang menarik di Langkau Etnika

Langkau Etnika (art space)
Langkau Etnika (art space)
Nama "Langkau Etnika" berarti "rumah etnis" dalam bahasa Dayak. Kawasan ini dirancang untuk menjadi ruang yang ramah dan inklusif bagi orang-orang dari semua latar belakang untuk belajar dan merasakan seni dan budaya asli.

Langkau Etnika telah menyelenggarakan berbagai acara sejak pembukaannya, termasuk pameran seni, pertunjukan tari, konser musik, dan lokakarya budaya serta telah menjadi tempat acara komunitas, seperti pernikahan tradisional dan festival.

Selain itu Langkau Etnika sebagai wisata budaya edukasi, terdapat guru guru yang mengajarkan melukis, mewarnai, menggambar, belajar musik sape,

Dilengkapi juga dengan main ayunan,main perosotan, spot foto, tempat duduk santai, serta kantin yang siap memanjakan para pengunjung yang datang.

Siapa pendiri Langkau Etnika?

Langkau Etnika digagas dan diririkan oleh Gabriel, dan dibantu oleh tim seniman dan aktivis budaya lokal. Mereka berkomitmen untuk memajukan dan melestarikan seni dan budaya asli Kalimantan Barat.

Acara apa saja yang pernah diselenggarakan di Langkau Etnika?

Berikut beberapa acara yang pernah diselenggarakan di Langkau Etnika:

  • Festival Seni Budaya Langkau (LCAF) 2023
  • Semarak Merah Putih (rangkaian perlombaan dalam rangka HUT RI)
  • Pekan Mode Dayak
  • Festival Pontianak
  • Workshop tari tradisional Dayak
  • Workshop musik tradisional Dayak
  • Kelas pembuatan batik Dayak
  • Pernikahan adat
  • Festival budaya Dayak dan lain lain

Art Space

Ketika anda memasuki Langkau Etnika akan melihat pintu gerbang "Langkau Etnika" yang dilengkapi dengan pintu pagar serta jalan setapak beton dan miniatur Tugu Khatulistiwa.

Lukisan Sejarah di  Langkau Etnika
Lukisan Sejarah di  Langkau Etnika Foto (Raul Dizztro)
Terdapat deretan galeri lukisan yang menceritakan keadaan, kondisi masyarakat Dayak pada zaman dahulu kala. Area ini juga digunakan untuk spot foto para pengunjung yang datang ke Langkau Etnika.

Spot Seni Pertunjukan

Replika Peralatan Suku Dayak Zaman Dulu d Langkau Etnikai
Replika Peralatan Suku Dayak Zaman Dulu di Langkau Etnikai Foto (DEARA OFFICIAL)
Area pertunjukan seni Langkau Etnika memiliki keunikan tersendiri, disamping sebagai pertunjukan seni seperti sape, area ini juga sebagai Spot foto karena unik terdapat replika Peralatan Suku Dayak Zaman Dulu diantaranya:
  • Alat penangkap ikan yang terbua dari bambu atau akar akar rerumputan yang kuat, dinamakan bubu.
  • Topi tangui yang biasa para petani pakai untuk menahan panas sinar matahari.
  • Replika alat musik sape serta lukisan disamping kanan dan kiri.

Pangung Seni

Panggung Seni di Langkau Etnika
Panggung Seni di Langkau Etnika
Panggung Seni di Langkau Etnika menampilkan berbagai tarian, perlombaan busana, dan pertunjukan lainnya.

Dengan bangunan berkonsep alam dan didominasi oleh bahan kayu, dibangun dengan susunan yang rapi menjadikan panggung ini sangat tradisional dan kental etniknya.
Pentas Serba Guna di Langkau Etnika
Pentas Serba Guna di Langkau Etnika
Ada juga Pentas Serba Guna di Langkau Etnika yang biasa digunakan untuk menampilkan pertunjukan seni, dan pada hari hari biasa dipergunakan untuk belajar seperti belajar bermain sape, kegiatan paud dan masih banyak lagi.

Langkau 

Langkau atau gazebo di Langkau Etnika
Langkau atau gazebo di Langkau Etnika
Berderet Langkau atau gazebo dilengkapi dengan meja dengan sistem lesehan. Tersedia colokan listrik disetiap Langkau.

Area ini biasa digunakan untuk bersantai, kumpul kumpul teman, kerabat sahabat, dan digunakan untuk belajar para siswa yang datang kesini.

Area Santai

Tempat duduk di Langkau Etnika
Tempat duduk di Langkau Etnika
Depan pentas seni pertunjukan Langkau Etnika berderet empat duduk yang terbuat dari kayu serta gazebo-gazebo disekitarnya yang menggunakan kursi dari roda mobil.

Disekelilingi dengan pepohonan langsat rindang, akan terasa sejuk dan alami. Belum lagi jika musim langsat tiba, anda akan ikut merasakan kesegaran citarasa buahh langsat disini. 

Rumah Betang

Rumah Betang di Langkau Etnika
Rumah Betang di Langkau Etnika Foto (Raul Dizztro)

Terdapat bangunan mirip rumah betang yang didalamnya menyimpan berbagai karya lukisan serta foto foto sejarah yang bisa anda lihat.

Area ini sangat cocok juga untuk mengadakan semacam rapat rapat kecil, dengan suasana tradisional, sejuk, yang akan melahirkan ide ide baru dalam hasil rapatnya. waw patut dicoba.

Mushalla Unik 

Mushalla Unik di Langkau Etnika
Mushalla Unik di Langkau Etnika
Yang menarik disini terdapat Mushalla Unik di Langkau Etnika, dengan bangunan dari papan melingkar dan mini, bisa digunakan untuk beribadah umat muslim dengan volume sekitar 5 orang.

Sehingga wajar, Langkau Etnika disebut sebagai wisata budaya yang bersifat universal dalam arti siapa saja bisa belajar, menikmati keindahannya tanpa membedakan usia, agama, suku,dan lain lain.

Langkau Etnika adalah sumber daya berharga bagi promosi dan pengembangan seni dan budaya asli Kalimantan Barat. 

Langkau Etnika adalah tempat di mana orang dapat mempelajari dan merasakan warisan budaya yang kaya dari para kakek nenek moyang zaman dahulu yang memiliki nilai yang sangat luhur.

Pertanyaan yangsering ditanyakan di Langkau Etnika

Berapa tarif masuk ke Langkau Etnika?
Untuk saat ini masih gratis masuk ke Langkau Etnika, tidak tahu dikemudian hari.

Apakah ada kelas mengajar musik sape di Langkau Etnika?
Ya, dipandu dengan pengajar berpengalaman, akan memandu anda belajar musik sape.

Apakah ada kegiatan mewarnai untuk anak anak di Langkau Etnika?
Ya, selain kegiatan mewarnai juga ada belajar melukis.

Apakah ada MCK di Langkau Etnika?
Tentu saja, tersedia MCK untuk pengunjung yang terletak dekat dengan Mushalla mungil dan unik.

Video sekilas Langkau Etnika (art space)



YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Langkau Etnika (art space), Kubu Raya, Kalimantan Barat"