Kumpulan Wisata di Sintang Kalimantan Barat

Kumpulan Wisata di Sintang Kalimantan Barat
Kumpulan Wisata di Sintang Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Kabupaten Sintang memang luarbiasa memiliki dtaran yang luas dengan kotanya yang dibelah oelh sungai kapuas membuat kota ini unik dan menawan.

Sintang menjadi kota tujuan para pelancong yang ingin menghabiskan akhir pekan bersama rekan dan keluarga. Berbagai tempat wisata baik wisata alam, wisata budaya, wisata perairan semuanya ada di sintang kalimantan barat.

Kumpulan Wisata di Sintang Kalimantan Barat

1. Bukit Kelam

Bukit Kelam Sintang Kalimantan Barat
Bukit Kelam Sintang Kalimantan Barat

Salah satu Kumpulan Wisata di Sintang Bukit Kelam adalah bukit raksasa yang terbentuk dari bebatuan berjenis batu monolit. Dengan bentangan selebar 3 Km dan memiliki ketinggian 1002 meter atau 3.287 kaki.

Apa itu Batu Monolit ?

Batu Monolit adalah fitur geologis yang terdiri dari satu batu besar atau batu, seperti beberapa gunung. Misalnya, gunung Savandurga adalah gunung monolit di India. Erosi biasanya memperlihatkan formasi geologis, yang seringkali terbuat dari batuan beku atau metamorf yang sangat keras dan padat. Beberapa monolit adalah sumbat vulkanik, lava yang mengeras mengisi lubang gunung berapi yang sudah punah.

Dalam arsitektur, istilah ini memiliki tumpang tindih yang cukup besar dengan megalit, yang biasanya digunakan pada zaman prasejarah untuk membuat kapak, pisau, tombak dan lain lain, dan dapat digunakan dalam konteks arsitektur potongan batu yang tetap melekat pada batu padat, seperti di gereja monolitik, atau untuk batu yang sangat besar seperti obelisk , patung, kolom monolitik atau architrave besar, yang mungkin telah dipindahkan jarak yang cukup jauh setelah penggalian.  

Kata Monolit sendiri berasal dari bahasa Latin monolithus, dari kata Yunani Kuno (monólithos), dari (mónos) yang berarti "satu" atau "tunggal" dan (líthos) yang berarti "batu".(Wikipedia)

Baca Selengkapnya Wisata Bukit Kelam disini

2. Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi

Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi
Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi 
Salah satu Kumpulan Wisata di Sintang Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi adalah air terjun yang luar biasa tingginya mencapai kurang lebih 180 m yang berada di hutan kalimantan yang masih asli dan terdiri dari 2 air terjun berdampingan di sumber sungai yang berbeda, tapi kedua air terjun tersebut jatuhnya air di satu kolam raksasa yang besar.

 Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi ini disamping memiliki keindahan, terdapat cerita yang melegenda turun temurun oleh masyarakat setempat.

Baca selengkapnya Air Terjun Nohkan Lonanyan & Nohkan Jongonoi  disini

3.Hutan Wisata Baning

Hutan Wisata Baning , hutan Kota Sintang
Hutan Wisata Baning , hutan Kota Sintang

Salah Satu Kumpulan Wisata di Sintang Hutan Wisata Baning adalah hutan hujan yang terletak di jantung Kota Sintang. sehingga anda akan mudah untuk meuju ke area Hutan Baning . Yang dibutuhkan hanya menyewa sopir taksi atau menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor. Hutan ini merupakan satu-satunya hutan alam di Indonesia yang berada di dalam kota. 

Daerah ini merupakan jenis hutan rawa gambut jadi jangan berharap untuk menjelajahinya di darat dengan mudah. Namun, jangan hawatir, ada jalur kayu buatan yang bisa membawa Anda ke tengah hutan.

Baca selengkapnya Hutan Wisata Baning disini

4. Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya 

Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Bukit tertinggi di Kalimantan
Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Bukit tertinggi di Kalimantan

Salah satu Kumpulan Wisata di Sintang Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya adalah salah satu dari 7 bukit tertinggi di Indonesia. dan merupakan bukit tertinggi di wilayah pulau kalimantan dan sangat recomended untuk anda para pecinta wisata pendakian.

Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya adalah merupakan bukit yang masih asri dilindungi Negara. Berbagai flora dan fauna disana dan dijadikan Objek wisata penelitian. Selain Wisata Flora dan Fauna terdapat berbagai macam wisata seperti wisata sungai, Wisata Air terjun dan sebagainya.

Baca selengkapnya Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya disini

5. Air Terjun Lepung Iring 

Air Terjun Lepung Iring, Wisata Alam di sintang
Air Terjun Lepung Iring, Wisata Alam di sintang

Kumpulan Wisata di Sintang, Air Terjun Lepung Iring adalah Objek wisata alam di tengah hutan di sintang. Air terjun ini dikelilingi berbagai macam jenis pohon - pohon yang hijau dan rindang. Sangat cocok untuk anda yang ingin berwisata sambil menikmati alam disekitarnya.

Alamat Air Terjun Lepung Iring

Air Terjun Lepung Iring beralamatkan di Desa Umin Jaya, Kecamatan Dedai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat 

Baca selengkapnya Air Terjun Lepung iring disini

6. Museum Kapuas Raya 

Museum Kapuas Raya , Jejak Sejarah Sintang
Museum Kapuas Raya , Jejak Sejarah Sintang

Salah satu Kumpulan Wisata di Sintang Museum Kapuas Raya adalah Musium yang menympan berbagai benda-benda peninggalan sejarah berdirinya Kota Sintang yang dibangun pada penjajahan belanda tepatnya tahun 1822 atas inisiatif Tropenmuseum yang berada di Kota Amsterdam.

Apa itu Tropenmuseum Amsterdam ?

Tropenmuseum adalah museum budaya dunia, bertempat di salah satu bangunan museum paling mengagumkan di Belanda. Dari Aula Besar yang monumental, ada pemandangan luas yang ditawarkan museum.

Tropenmuseum bertempat di salah satu bangunan museum asli yang paling indah di Belanda. Setiap isi objek menceritakan kisah manusia dan membuat Anda penasaran tentang keragaman budaya yang kaya di seluruh dunia. 

Musium ini memberitahu tentang tema universal seperti berkabung, merayakan, mendekorasi, berdoa, atau berkelahi. Dari Afrika hingga Asia Barat dan Tenggara, dari Nugini hingga Amerika Latin, di Tropenmuseum Anda menemukan bahwa selain perbedaan, kita semua sama: manusia.

Baca selengkapnya Musium Kapuas Raya disini

7.Serantung Water Park 

Serantung Water Park, Kolam Renang dan banyak spot foto Instagramable di Sintang
Serantung Water Park, Kolam Renang dan banyak spot foto Instagramable di Sintang

Salah satu Kumpulan Wisata di Sintang Serantung Water Park adalah Objek Wisata Buatan Kolam Renang di tengah kota Sintang. Kolam renang dibuat sedemikian cantik dengan pinggir - pinggir kolam dihiasi dengan berbagai bunga-bunga indah, patung-patung binatang, dan hiasan lainya sehinga anda dan keluarga yang ingin berkunjung kesana akan merasa betah dan nyaman bersama buah hati.

Serantung Water Park tersedia kolam renang untuk orang dewasa dan anak anak. Selain kolam renang juga terdapat berbagai spot untuk berfoto dan bersantai digazebo-gazebo yang telah disediakan disekitar area kolam renang.

Baca selengkapnya Serantung Water Park disini

8. Taman Bungur Pantai Kapuas

Taman Bungur Pantai Kapuas, Taman Alun-alun Kapuas Sintang
Taman Bungur Pantai Kapuas, Taman Alun-alun Kapuas Sintang

Salah satu Kumpulan Wisata di Sintang Taman bungur Pantai Kapuas , Taman Alun-alun Kapuas Sintang adalah Taman yang dibangun dipinggiran sungai kapuas di Kota Sintang. Anda dan Keluarga bisa bersatai menikmati keindahan Kota Sintang dengan menikmati berbagai macam kuliner disepanjang sungai kapuas, melepas lelah perjalanan, sambil berwisata.

Taman bungur Pantai Kapuas beralamatkan di Jalan Pattimura Kelurahan Tanjung  Puri, Kecamatan  Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat 

Baca selengkapnya Taman bungur Pantai Kapuas disini

9. Istana Almukarramah Kesultanan Sintang

Istana Almukarramah Kesultanan Sintang
Istana Almukarramah Kesultanan Sintang

Salah satu Kumpulan Wisata di Sintang  Istana Almukarramah Kesultanan Sintang adalah Komplek Istana yang berada di pinggir sungai tepat di pertemuan sungai kapuas dan sungai melawi yang biasa masyarakat sebut "Saka Tiga" serta sebuah dermaga kecil didepan istana dan sampai saat ini Istana Almukarramah Kesultanan Sintang memiliki bangunan  yang masih terawat dengan baik dan menjadi kediaman Sultan Sintang yaitu Pangeran Ratu Sri Kusuma Negara V , HRM Ikhsan Perdana Ismail Tsafioeddin 

Selengkapnya Istana Kesultanan Sintang disini

10. Galeri Motor Bandung Sintang

Galeri Motor Bandung Sintang, Spot Wisata Bersejarah dan Instagramable
Galeri Motor Bandung Sintang, Spot Wisata Bersejarah dan Instagramable

Salah satu Kumpulan Wisata di Sintang Galeri Motor Bandung adalah replika motor bandong yang dulunya nenek dan kakek moyang  menggunakan motor bandong sebagai alat transportasi jarak jauh menggunakan jalur air menyelusuri sungai kapuas. Selain sebagai alat transportasi juga sebagai angkutan untuk penumpang, membawa perbekalan, membawa bahan-bahan makanan, juga berfungsi sebagai tempat tinggal di atas air.

Alamat Galeri Motor Bandung

Galeri Motor Bandung beralamatkan di Jalan lintas kelam, Desa Kebong, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat 

Baca selengkapnya Galeri Motor Bandong Disini

11. Kolam Renang Balliomoro 

Kolam Renang Balliomoro
Kolam Renang Balliomoro Sintang

Salah satu Kumpulan Wisata di Sintang Kolam Renang Balliomoro adalah Objek Wisata buatan yang terdapat di kota sintang- kalimantan barat. Wisata ini cocok sekali bagi anda dan keluarga untuk bersantai, menikmati berbagai wahana dan fasilitas yang ada disana.

Wisata ini berdekatan dengan Mall Arli Sintang, Habis berbelanja lanjut deh ke kolam renang sambil mandi menikmati sensasi jernih dan dinginnya kolam renang balliomoro sintang.

Alamat Kolam Renang Balliomoro

Kolam Renang Balliomoro beralamatkan di Jl. Kelam Bujag Beji No.10, Manter, Kec. Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat 

Baca selengkapnya Kolam Renang Balliomoro disini

12. Rumah Betang Kobus  

Rumah Betang Kobus Sintang
Rumah Betang Kobus Sintang

Salah satu Kumpulan Wisata di Sintang Rumah Betang Kobus adalah rumah panggung berbentuk seperti rumah tradisional masyarakat Suku Dayak berbentuk menyerupai rumah panjang yang berisi beraneka souvenir, seperti kain tenun ikat khas Dayak  dari selendang sampai kain untuk pakaian, tas, anyaman, mandau, dan lain lain.

Pengunjung yang berwisata ke Kota Sintang, jika ingin membeli oleh oleh khas Kabupaten Sintang bisa mampir ke sini membeli berbagai sauvenir yang tersedia.

Baca Selengkapnya Rumah Betang Kobus Disini

13. Taman Bunga Dan Outbond Jerora 

Taman Bunga Dan Outbond Jerora atau Taman Senentang Agro Wisata
Taman Bunga Dan Outbond Jerora atau Taman Senentang Agro Wisata 

Salah satu Kumpulan Wisata di Sintang Taman Bunga Dan Outbond Jerora atau Taman Senentang Agro Wisata Jaya Desa Jerora 2 adalah wisata buatan yang terdapat di pinggiran Kota Sintang. Berkonsep Ecofillage menawarkan berbagai pemandangan dan taman yang indah, yang membuat siapa saja yang berkunjung akan terus memegang HP untuk mengabadikan momen disekitar Taman.

Alamat  Taman Bunga Dan Outbond Jerora

Taman Bunga Dan Outbond Jerora beralamatkan di Kawasan Desa Jerora, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat 

Baca Selengkapnya Taman Bunga dan Autbond Jerora disini

14. Taman Panorama Kedah Tempunak 

Taman Panorama Kedah Tempunak, Objek Wisata SIntang berkonsep Pedesaan dan Danau
Taman Panorama Kedah Tempunak, Objek Wisata SIntang berkonsep Pedesaan dan Danau

Salah satu Kumpulan Wisata di Sintang Taman Panorama Kedah Tempunak  adalah objek wisata buatan yang berada di pinggiran kota Sintang Kalimantan Barat. Dengan Konsep Pedesaan, Taman Bunga dan Danau, membuat Panorama Kedah Tempunak dibanjiri para wisatawan yang ingin melihat langsung keindahan danau dan tamannya.

Panorama Kedah Tempunak De Avilla Village ini bisa anda nikmati untuk melepas lelah berhari hari kerja dan ingin suasana yang hijau dan indah, disini tempatnya.

Alamat Panorama Kedah Tempunak De Avilla Village

Panorama Kedah Tempunak De Avilla Village beralamatkan di Jl. Tempunak-Penyangkak 28 TM Desa Tempunak Kapuas Kecamatan Tempunak Kabupaten Sintang, Tempunak, Indonesia, West Kalimantan

Baca Selengkapnya Taman Panorama Kedah Tempunak disini

15. Rumah Betang Ensaid Panjang 

Rumah Betang Ensaid Panjang Sintang
 Rumah Betang Ensaid Panjang Sintang

Salah satu Kumpulan Wisata di Sintang  Rumah Betang Ensaid Panjang adalah rumah asli dari Subsuku Dayak Desa di Ensaid Panjang yang berada di Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Pemerintah Kabupaten Sintang telah menetapkan Rumah Betang Ensaid Panjang Asli di Sintang ini sebagai cagar budaya melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  dibawah perlindungan UU Nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya.

Bentuknya yang masih asli dan sederhana membuat para pengunjung justru semakin banyak setiap tahunnya dari masyarakat lokal Indonesia maupun dari Luar Negeri.

Mereka penasaran dengan bangunan asli Subsuku Dayak pada zaman dahulu seperti apa, Cara hidupnya, Cara menenun Ikat, Cara makan zaman dahulu, dan masih banyak lagi.

Di Era Milenial ini, Rumah Betang Ensaid Panjang menjadi sesuatu yang langka dan unik, wajar setiap tahunnya Rumah Betang Ensaid Panjang dibanjiri berbagai kunjungan dari wisatawan dikawasan kaliman dan Borneo seperti Negara Sahabat Malaysia yang masih mempunyai hubungan Darah dengan Subsuku Dayak di Sintang.

Alamat Rumah Betang Ensaid Panjang 

Rumah Betang Ensaid Panjang  beralamatkan di Desa Ensaid Panjang, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat

Baca Selengkapnya Rumah Betang Ensaid Panjang disini

16. Gunung Saran Sintang atau Bukit Saran

Gunung Saran Sintang atau Bukit Saran adalah bukit dengan ketinggian 1741 mdp yang membatasi Kabupaten Sintang dan Kabupaten Melawi. Namun menurut peta wilayah Google, Gunung Saran sebagian besar masuk wilayak Kabupaten Sintang.

Karena berada dibatas antar kabupaten, Gunung Saran bisa dilalui melewati Kabupaten Sintang dan bisa juga melewati Kabupaten Melawi.

Gunung Saran Sintang beralamatkan di Desa Temawang Bulai, Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat

Baca Selengkapnya Gunung Saran Sintang 

Demikianlah Kumpulan Wisata di Sintang Kalimantan Barat, Semoga bermanfaat bagi para pengunjung yang ingin berwisata di Kota Sintang dan Sekitarnya.


YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Wisata di Sintang Kalimantan Barat"